Yon Koeswoyo,hari ini, 70 tahun !

Posted: September 27, 2010 in Uncategorized

Inilah orang musik yang sesungguhnya ! Koesjono Koeswojo atau lebih dikenal dengan Yon Koeswoyo. Hari ini senin 27 September 2010 siapa yang akan  menyangka jika Yon yang menjadi vokalis utama kelompok legendaris Koes Plus/Koes Bersaudara genap berusia 70 tahun. Tak terlihat ketuaan dalam sosoknya yang periang dan meledak-ledak.

Suaranya masih lantang jika mendentam musik di atas panggung,dengan aksen Jawa ,tetap melantunkan lagu lagu Koes Bersaudara dan Koes Plus.

Sekitar 2 tahun lalu tepatnya tTanggal 21 Agustus 2008  saya berkesempatan ngobrol panjang dengan Yon Koeswoyo yang saat itu bersama Koes Plus (ada yang bilang Plus Koes,karena tinggal Yon Koeswoyo yang memperpanjang usia grup yang terbentuk tahun 1968 ini) akan manggung di halaman majalah Rolling Stone Indonesia Jalan Ampera Raya 16.Koes Plus adalah salah satu band yang diundang Glen Fredly untuk tampil dalam acara “Road To Earth Fest 2008″ yang menampilkan band band legendaris Koes Plus dan The Rollies serta band band masa kini seperti Efek Rumah Kaca hingga Zeke & The Popo.

 “Kenapa anda tetap awet muda” tanya saya.”Ah……hidup jangan ngotot.Biarlah mengalir.Persoalan atau problema boleh ada tapi kita tak mesti membiarkannya berlarut-larut.Dan tetap bermain musik” kata Yon berapi-api,didampingi isterinya Bonita.

Dan,Yon Koeswoyo telah  lebih dari 40 tahun terjun dalam industri hiburan di negeri ini.Dari zaman Bung Karno yang menjebloskan dia dan saudara-saudaranya ke dalam sel penjara,menikmati kejayaan pada tahun 70-an saat Koes Plus dianggap raja musik pop Indonesia,masa Koes Plus kehilangan pamor di awal 80-an.Semua dirasakan Yon Koeswoyo bersama Koes Plus yang setia dalam pelukannya.Ketika Yok Koeswoyo adiknya dan Murry memutuskan mundur dari Koes Plus,toh Yon tetap berkibar meneruskan panji Koes Plus.

 “Masih sering manggung ?” pancing saya.”Masih,kemaren baru pulang dari show di Palembang,hari ini main di Rolling Stone,besok main di acara ulang tahun orang di sebuah kafe di Kemang” jawabnya tangkas. Hmmm……saya hanya bisa geleng geleng kepala penuturan Yon Koeswoyo. Saya lalu teringat ,sekitar 3 tahun silam Yon Koeswoyo menerbitkan buku tentang dirinya bertajuk “Panggung Kehidupan Yon Koeswoyo” yang diterbitakn Chandra Awe Selaras setebal 175 halaman Pada awal isi bukunya Yon menulis tentang siapa dirinya : .Lelaki itu adalah Koesjono,penyanyi kekahiran Tuban,Jawa Timur,Jumat Legi,27 September 1940 yang dikenal sebagai Yon Koeswoyo personel Koes Plus. Yon Koeswoyo dengan lancar bertutur tentang jalan hidup yang dititinya.Semuanya berkaitan dengan musik.”Ya karena saya bisanya cuma musik” ujar Yon Koeswoyo. Semua ditulis Yon,mulai dari masa susah ketika merintis karir bersama saudara saudaranya Tonny,Nomo,John dan Yok membentuk Koes Bersaudara.Dinding penjara pun dirasakan.”Itu juga karena musik” kata Yon setengah terbahak. Siapa pula yang menyangka,Koes Plus yang memiliki ratusan hits.Manggung kesana kemari pada era 70-an hingga 80-an.Bergelimang puja serta materi.Ternyata harus (juga) menerima kenyataan pahit.Misalnya ,dalam buku itu ditulis,memasuki dasawarsa 90-an hidup Yon dan keluarganya serba pas pasan. “Untuk membayar rumah sakit bersalin sebesar satu setengah juta rupiah aku harus meminjam uang” tulis Yon dalam buku memoarnya tersebut.Miris dan trenyuh membacanya. Tapi Yon tetap tegar.Bisa saja kita teringat dengan lagu yang sering dinyanyikan Yon di pentas pentas : Hati senang walaupun tak punya uang oh oh…… “Saya tetap merasa tak pernah tua.Usia boleh nambah,fisik boleh berubah.Tapi jiwa tetap muda” ujar Yon Koeswoyo lagi. Yon menambahkan,setiap hari dia banyak bergerak.

“Saya berolahraga.Ya….menyapu dan memotong rumput di halaman rumah” tuturnya lagi. “Yang paling utama kita harus mensyukuri apa yang kita terima.Itu kunci utamanya mas.Dan kita tak boleh diam,harus tetap optimis” nasehatnya.

 Sekali lagi…..Selamat Ulang Tahun mas Yon Koeswoyo………..!!!!!

About these ads
Komentar
  1. susiswo mengatakan:

    waktu saya dalam usia 14 th. hingga sekarang 52 tahun masih setia dengar lagu-lagunya Koes Plus cuma impianku diusia yang senja ini ingin ketemu sama Mas Yon belum kesampaian,siapa yang bisa menjembatani impian saya tolong kirim email ke : susiswo57@yahoo.co.id terima kasih.

  2. abutholib mengatakan:

    tanggal 19 Pebruari 2011 malam minggu, mas Yon diundang dr. H Hendro BH,Sp.OG dari Purwokerto, untuk memeriahkan upacara pernikahan putrinya Ica, di Auditorium Graha Unsoed Purwokerto. Acara cukup meriah luar biasa Mas Yon dengan tetap jiwa mudanya mampu menggoyangkan para tamu dan yang punya gawe. Jika Mas kepengin ketemu Mas Yon, bisa menghubungi komunitas Koes Plus di kota anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s