Bimbo Balada Pendekar

Posted: Maret 9, 2011 in Uncategorized

Balada Pendekar adalah salah satu album terbaik Bimbo di tahun 1975.Bimbo bukan lagi trio.Bimbo tak hanya Sam,Acil dan Jaka saja.Iin Parlina,sang adik telah ikut bergabung.Juga Iwan Abdulrachman,Indra Rivai (keyboards) dan Roedy Suparma (drums).

Bimbo pun tak hanya berbasik

Piringan Hitam Bimbo Balada Pendekar

musik folk dengan aksentuasi Flamenco.Mereka telah bermain pop.Bahkan di album ini Bimbo mulai membuat lirik yang cair dan cenderung jenaka.Misalnya lagu yang menjadi pembuka pada album dengan no.registered RLL-351 ML-12-1363 ini yaitu “Pacar” yang ditulis Sam bersama kang Ibing.┬áSam dan Kang Ibing tampaknya memiliki chemistry menulis lagu lagu jenaka yang cair.Itu terlihat pula pada lagu “Silat Bang Latip”.Di album Bimbo lainnya,Sam dan Ibing tetap mweneruskan kolaborasi lagu-lagu jenaka.Mweskipun awalnya agak janggal,kelompok seserius Bimbo mencoba menggali tema humor dalam lagu-lagunya.

Di album ini,komposer Minggoes Tahitu ikut menyertakan karyanya yaitu “Jumpa Untuk Berpisah Lagi”.Beberapa lagu dengan mengambil atmosfer minor bisa pula disimak pada lagu “Serani Di Noda” yang ditulis oleh Wandi Koeswandi dari kelompok One Dee and The Lady Faces.Lagu ini sempat menuai kontroversi,karena banyak yang menyangka lagu ini bertema Kristiani.Padahal lagu toh hanya bercerita tentang seorang biarawati yang ternoda.

Iwan Abdulrachman menitipkan lagu yang bernuansa religius yaitu “Kemana Kami Setelah Ini”.Iwan yang memiliki kekayaan dalam notasi serta lirik lagu yang memiliki kedalaman makna,juga menyisipkan nilai filosofis dalam “Tajam Tak Bertepi” yang dinyanyikan oleh Acil Hardjakusumah.

Almarhumah Dini Suwarma dari Monticelli Group ikut pula menuliskan lagu dengan nuansa folkie yang tebal bertajuk “Bunga Cinta”.

Album Bimbo ini tampaknya ingin menyapa pendengarnya dalam susana santai,tapi juga dengan aksentuasi serius.

 

Tracklist

1.Pacar

2.Jumpa Untuk Berpisah Lagi

3.Serani Dinoda

4.Salam Sayang

5.Bunga Cinta

6.Silat Bang Latip

7.Engkau

8.Kemana Kami Setelah Ini

9.Tajam Tak Bertepi

10.Sejuta Cinta

Denny Sakrie

About these ads
Komentar
  1. made oka adnyana mengatakan:

    Minta tolong bang Deny berikan saya download album bimbo yang ini dan lainnya, seperti yang ada pohon-pohon tua, badai akhir tahun, serta album tahun macan. Saya adalah seorang penggemar berat bimbo.terima kasih banak.
    y

  2. noor el mohammadi mengatakan:

    Kalau cari kaset/ cd album balada pendekar dimana ya?

  3. beng risyand mengatakan:

    teh iin suaranya khas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s