Arkian……Majalah Sin Po

Posted: Agustus 14, 2010 in Sejarah

Ini mungkin adalah koleksi majalah saya yang paling tua usianya…..84 tahun.Majalah “Sin Po” No. 159 Tahon ka 4 Saptoe 17 April 1926 dengan sampul depan bergambarkan Pelaboehan Marseilles.Majalah ini terbit secara berkala seminggu sekali.Makanya disebut Weeklysche Editie.

Sin Po adalah majalah Tionghoa yang menggunakan bahasa Melajoe .Majalah hitam putih ini telah  terbit  sejak zaman Hindia Belanda. Diterbitkan pertamakali  di Djakarta  pada bulan Oktober 1910.Dua tahun berselang  Sin Po berubah menjadi surat kabar harian

Dalam catatan sejarah harian Sin Po  ini adalah harian pertama yang memuat teks lagu kebangsaan Indonesia “Indonesia Raja” yang ditulis oleh Wage Rudolf Supratman.

Sin Po pun tercatat ikut menggagas penggunaan nama “Indonesia” untuk menggantikan “Hindia-Belanda” sejak diikrarkannya Soempah Pemoeda  pada 28 Oktober 1928.

Sin Po kemudian berhenti terbit pada  saat tentara Jepang berhasil  menduduki Indonesia pada tahun 1942.Selama 3 1/2 tahun Sin Po tertidur pulas. Tapi kemudian  kembali terbit pada tahun  1946 setelah Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan pada 17 Agustus 1945.

Selanjutnya di tahun  1962 harian ini berganti nama menjadi Warta Bhakti sebelum akhirnya dibredel pemerintah pada tahun 1965setelah terjadinya peristiwa G 30 S/PKI.

Majalah Sin Po

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s