Berbatik….Sebuah Nasionalisme ?

Posted: September 27, 2010 in Uncategorized

Saya masih ingat kata almarhum Nenek saya.Kata katanyanya pun masih terngiang ngiang hingga sekarang : “Sesuatu akan punya nilai setelah sesuatu itu hilang dari tangan kita ?”.

Dulu saya,waktu kecil,jelas gak ngerti.Namun setelahnya,barulah saya faham,bahwa sesuatu yang berharga,milik kita,apa saja,di saat masih ada,masih dalam genggaman kita ,baru terasa memilili arti atawa mempunya makna setelah sesuatu itu raib atau hilang.Padahal saat sesuatu itu masih ada di depan mata,atau masih dalam genggaman kita.Kita seolah tak perduli,dicuekin dan seterusnya”.

Nasionalisme kita pun seolah bangkit.Kita lalu beringas,ingin memanggul senjata,menawarkan perang.Ketika tetangga kita,yang katanya serumpun itu,mulai mengklaim satu persatu,harta budaya milik kita,mulai dari lagu,tarian hingga Batik !.

Sebuah pemandangan yang mengharukan,heboh,seru,meriah terlihat kemaren Jumat 2 Oktober 2009 silam  disaat hampir sebagian orang mengenakan busana batik dalam berbagai motif dan corak.Dan tanggal 2 Oktober pun dicanangkan sebagai Hari Batik……!!!!!!

Sebuah nasionalisme memang kerap bangkit setelah munculnya peristiwa.Moga moga ini bukan sebuah nasionalisme yang dangkal.Itu saja.MERDEKAAAAAAA !!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s