25 Tahun Album “Geregetan” Giant Step

Posted: Januari 5, 2011 in Uncategorized
Tiada terasa album Geregetan Giant Step telah berusia 25 tahun sejak dirilis pertama kali pada bulan Juni 1985 oleh JK Records.
Giant Step adalah band rock Bandung yang terbentuk pada paruh era 70-an.Grup ini dimotori oleh Benny Soebardja,gitaris dan vokalis yang sebelumnya pernah tergabung dalam The Peels dan Sharkmove.
Penampilan Giant Step baik di pentas pertunjukan maupun rekaman termasuk mencuri perhatian.Terutama karena band ini gigih mempertahankan idealisme.Berbeda dengan kebanyakan band-band rock saat itu yang berpuas diri membawakan lagu-lagu rock mancanegara semirip mungkin ,namun Giant Step malah lebih mengutamakan membawakan karya-karya orisinal.
Setelah merilis berbagai album pada berbagai label seperti Lucky Record,Nova Record,SMM Recording dan PT Irama Tara,akhirnya Giant Step dengan formasi Benny Soebardja (vokal,gitar),Albert Warnerin (gitar),Triawan Munaf (vokal,keyboard),Erwin Badudu (keyboard) dan Jelly Tobing (drums) terdampar di label bernama JK Record milik Judhy Kristanto.Sudah tentu hal ini menjadi tanda tanya besar bagi sebagian besar penggemar rock di tanah air.Ada apa dengan Giant Step.Terutama karena JK Record selama ini dikenal sebagai label yang menaungi banyak penyanyi penyanyi cewek berparas cantik dan kemayu seperti Dian Piesesha,Meriam Belinna,Heidy Diana,Lidya Natalia,Ria Angelina dan banyak lagi yang kerap menyenandungkan lagu lagu pop mendayu karya Pance Pondaag hingga Obbie Messakh. Apakah idealisme Giant Step bergeser ? Terlebih lagi lagu yang dijagokan sebagai hit singles adalah sebuah lagu yang sangat cair dan catchy bertajuk Geregetan dan bahkan dijadikan judul album pula.
Namun ternyata ini hanyalah bagian dari strategi Giant Step sendiri.Karena setelah lagu Geregetan yang menjadi track pembuka,lagu lagu selanjutnya malah tetap bertahan dengan idealisme bermusik Giant Step yang terlah terpateri selama ini.
Simak saja lagu lagu seperti “Lagu Perdamaian”,”Panggilan Jiwa” atau ‘Sisa Hari Ini’ yang kental atmosfer rock progresifnya.
Giant Step seperti album album terdahulunya masih tetap menampilkan beberapa tema lirik yang cenderung ke tema sosial
Simak misalnya lagu Panggilan Jiwa yang ditulis Triawan Munaf dan Erwin Badudu ;

Yang dulu hilang
tanpa berbekas
Ketukan irama
berganti lambat
Bagaikan cedera
dan kalah perang
Menyuruk jauh
dari sasana

Gamelan cinta
kemudian bergema
Sirnalah perkasa
mereka terlena

Triawan Munaf yang memdominasi penulisan lagu pun menulis lirik bernuansa himbauan seperti pada lagu Manusia Modern ;

Juhkan perbuatan
dan sikap hina
meraih semua tujuan oh…
meningkatkan harkat manusia

Luasnya persepsi
dan wawasan
Mewujudkan kemerdekaan
hindari laras kekerasan .

Di album Geregetan ini sebagian besar lagu ditulis oleh kedua pemain keyboardnya yaitu Triawan Munaf dan Erwin Badudu.Sisanya ditulis oleh Albert Warnerin.Entah kenapa di album ini Benny Soebardja sama sekali tak menulis lagu satu pun.
Lgu Geregetan yang ditulis oleh Triawan Munaf ini 24 tahun kemudian malah dipopulerkan lagi oleh puterinya sendiri Sherina.

Tracklist
1.Geregetan
2.Reuni
3.Lagu Perdamaian
4.Kosmetika
5.Gunjingan
6.Panggilan Jiwa
7.Sisa Hari Ini
8.Putkan Kami
9.Manusia Modern

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s