Setan Blues Datang Lagi !

Posted: Januari 5, 2011 in Uncategorized

Mungkin Ian,demikian panggilan akrab Adrian Adioetomo kesal jika bersua dengan saya.Pertama,saya selalu menyapanya dengan panggilan Blues Iblis atau Setan Blues.Kedua,saya selalu menanyakan kapan album baru dirilis ?.Seperti biasa Adrian hanya mesem mesem dan selalu bilang :”iya nih lagi ngumpulin dulu”.Tapi gak jelas.Ngumpulin apa ? Modal atau lagu.
Saya kenal Adrian sekitar 3 tahun silam.Saat itu dia nekad memainkan dobro sambil meneriakkan blues di siang bolong didepan booth majalah Rolling Stone Indonesia disaat berlangsung konser akabr “Soundrenaline Sound Of Change” (2007).
“Wah ini orang super nekad” gumam saya.Bayangkan,didepan Adrian kurang lebih beberapa puluh meter justeru tengah berlangsung penampilan band band secara kompli dengan bunyi-bunyian yang memekakkan.Tapi toh Ian tetap mengumandangkan blues.
dan akhirnya saya menemukan juga album terbaru Adrian yang ternyata dirilis oleh netlabel YesNoWaveMusic bertajuk “Adrian Adioetomo Plays Standars Sort Of).Walaupun bisa diperoleh dengan cara mengunduh.Toh saya ,entah kenapa,tidak merasa afdol jika tak memiliki bentuk albumnya secara fisik.
Namun untuk sementara,saya bisa menyimak lagi lagu lagu blues yang ditebar Ian lewat album yang isinya memuat sejumlah cover song yang sudah masuk kategori lagu-lagu standar.
Adrian memang penafsir blues muda usia yang menjanjikan.Dia paham seperti apa blues itu disajikan.
Adrian memang menyajikan blues dengan bersandar pada dinamika.Biasanya pemain yang bermain seperti ini sudah melewati gerbang permainan musik yang soulful.Dia begitu menjiwai.
Simaklah saat Adrian memainkan lagu “Hear My Train A Comin'” (tapi ditulis “Hear My Train Comin’) .Lagu yang ditulis mendiang Jimi Hendrix ini acapakali dibawakannya dalam berbagai konsernya yang berlangsung antara kurun waktu 1969 dan 1970.
Lalu yang menarik saat Adrian juga memainkan lagu lagu yang dipopulerkan oleh kelompok three piece rock seperti halnya Jimi Hendrix and The Experience yaitu Cream yang terdiri atas Eric Clapton,Jack Bruce dan Ginger Baker.Ada 2 lagu Cream yang dibawakan Adrian di albumnya ini yaitu “Sunshine of Your Love” dan “Spoonful”.Lagu yang disebut terakhir adalah se
Track List:buah lagu blues dengan one chord yang sesungguhnya ditulis oleh biang blues Willie Dixon dan direkam oleh Howlin’ Wolf pada tahun 1960.Tapi i kabarnya lagu ini pernah direkam oleh Charley Patton pada tahun 1929 dengan tajuk i “A Spoonfull Blues”.
Tampaknya Adrian memnag ingin memperdengarkan blues secara historik.Simaklah “Baby,Please Don’t Go”,sebuah lagu blues standar yang telah direkam banyak artis dalam banyak versi.Lagu ini pertamakali direkam Big Joe Williams pada tahun 1935.
Adrian yang menggilai Robert Johnson pun menutup album non fisiknya ini dengan “Walkin’ Blues” yang direkam Johnson pada tahun 1936.lagu ini memang pernah digandrungi para pemusik rock era generasi bunga,mulai dari Hot Tuna hingga Grateful Dead.
Adrian memang terlihat konsisten dalam bermusik.Dia memilih lebih banyak memainkan Delta Blues yang berkecambah pada era 1930-an.
Simak saja “Hellhound on My Trail” yang direkam Robert Johnson pada tahun 1937,setahun sebelum Johnson meninggal dunia pada tahun 1938.Lagu ini memang kerap terdengar sangat personal.Dengan menggunakan bottleneck slide,Adrian sekali lagi berhasil menumpahkan atmosfer blues yang sesungguhnya.
Jika iingin menyelami blues secara historik,rasanya album yang dipampangkan Adrian Adioetomo di yesnowavemusic,patut anda simak.

01. Unknown Title
02. Hear My Train Comin’
03. Death Letter
04. Got My Mojo Workin’
05. I Just Want To Make Love To You
06. Hellhound On My Trail
07. Hellhound On My Trail II
08. She’s Allright
09. Sunshine Of Your Love
10. Spoonful
11. Baby Please Don’t Go
12. Walkin’ Blues

Adrian Adioetomo dan Dobro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s