Silsilah Para Rocker !

Posted: Januari 5, 2011 in Uncategorized

Ingin mengetahui silsilah pemusik atau kelompok rock yang anda kagumi setengah mati ? Mungkin buku yang dirancang dan ditulis secara detil oleh Pete Frame ini bisa menjadi mediator keingintahuan tersebut.
Buku bertajuk “Rock Family Trees” ini diterbitkan pertamakali pada dasawarsa 90-an .
Isinya berupa diagram yang ditulis menggunakan tulisan tangan.Sebuah upaya yang luar biasa.Data yang padat dan akurat.Ini sebuah pendokumentasian yang sangat diperlukan dalam hikayat musik rock tentunya.
Jika ingin mengetahui silsilah asal muasal the Beatles tersedia dengan komplit.Atau anda ingin mengaetahui band-band apa saja yang terkait dalam gerakan psycehedellia San Fransisco.Juga bisa menelusuri historikal genre progresif rock.Termasuk pula jika ingin mengetahui siapakah yang menggagas gerakan punk rock hingga new wave.Semuanya tersedia dengan komplit.
Buku yang ditulis Pete Frame juga merupakan basis dari sebuah acara Televisi yang ditayangkan BBC Television dengan nama “Rock Family Trees” yang membahas secara detil perjalanan musik rock di Inggeris dan Amerika Serikat.
Lalu siapakah Pete Frame ?.Dia adalah seorang jurnalis musik yang dilahirkan 10 November 1942 di Luton Bedforshire dengan nama komplit Peter Frame.
Frame telah mengkontribusikan tulisan tulisan rocknya diberbagai media cetak.Pete Frame juga sempat membentuk sebuah majalah rock Inggeris bernama “Zig Zag” mulai April 1969 hingga akhir 1970-an.Mulai dari era psychedelic hingga terpuruknya musik rock oleh disko di akhir 70-an.
Pete Frame pun pernah bekerja di sebuah label “bergengsi” Inggeris yaitu Charisma yang antara lain pernah merilis album-album Genesis,sebagai Artist & Repertoire.Dia pun pernah bekerja untuk BBC Inggeris.
Sejak memiliki buku ini,14 tahun silam,saya terobsesi untuk bikin buku semacam ini teruitama untuk mendokumentasikan perjalanan musik (pop) Indonesia.Tapi hingga kini,hanya tinggal obsesi yang tak berujung.Belum lagi yang berkaitan dengan data otentik di negeri ini adalah barang langka yang sangat susah untuk ditelusuri.Entah kenapa kita sering mengabaikan betapa pentingnya nilai sebuah data,nilai sebuah dokumentasi.Kita terlalu cepat melupakan sesuatu yang pernah terjadi.Ada betulnya,jika banyak yang secara berolok mengatakan bahwa kita adalah pengidap amnesia yang super duper parah.
Padahal konon katanya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya sendiri.

Komentar
  1. chandra mengatakan:

    …GENESIS : “I Know What I Like”. by: Armando Gallo, 1979.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s