The Peels,Barudak Bandung 60-an

Posted: Januari 6, 2011 in Uncategorized

The Peels adalah salah satu band kebanggaan Bandung yang berkiprah pada paruh dasawrsa 60-an,saat British Invasion masih menularkan demam panjang diseantero jagad.
Walau era bermusik “The Peels” tak panjang,tetapi band menjadi bagian penting perkembangan musik negeri ini yang memberi gaung ke negeri jiran: Singapore dan Malaysia. “The Peels”didukung oleh Benny Soebardja , Gumilang Kentjana Putra, Budhi Sukma Garna) dan Dedy Budhiman Garna terbentuk tahun 1966 seetelah era G30S PKI yang meresahkan.
The Peels lalu merambah Singapore di tahun 1967 saat keempat The Peels tengah berlibur. Saat bermuhibah itu The Peels diundang tampil dalamkonser bertajuk “Panggung Negara”. Karena respon publik bagus the Peels pun tampil lagi di event lain diantaranya seperti di Wisma House, National Theatre, “Hotel Singapura Intercontinental”,termasuk tampil di TV dan Radio Singapura.
Walhasil, “The Peels” pun ditawari bikin album rekaman.Lalu dirilislah debut album bersama penyanyi Karliana Kartasa G dengan tajuk “l The Peels By Public Demand in Singapore”.
Tak lama berselang The Peels diperkuat anggota baru yaitu yaitu Soman Loebis yang masih berusia remaja. . Dengan format kuintet The Peels dikontrak secara permanen oleh management restoran terapung Sea Dragon.
Saat itu The Peels belum banyak menggali lagu-lagu orisinal melainkan membawakan repertoar dari The Beatles, hingga yang beraroma blues John Mayall and Bluesbreaker, Jimi Hendrix .
Tak hanya di Singapore saja,The Peels mulai mernyusup ke Kualalumpur, Malaysia dengan bermain . Di Hotel Eldorado Night Club .
Tahun 1968 The Peels pulang ke Indonesia dan melakukan sejumlah konser di beberapa kota besar seperti Makasar, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Surabaya serta Bandung.Sayangnya karena terjadi friksi berupa benturan visi diantara personilnya akhirnya The Peels tutup buku di tahun 1969.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s