Merindukan Era Popfoto dan Muziek Express

Posted: Januari 15, 2011 in Uncategorized

Popfoto edisi Januari 1975

Keith Moon jadi cover Muziek Express 1971

Muziek Express 1974

ABBA di Muziek Express

Saya yakin banget kalo anda mengalami masa remaja di era 70-an,pasti mengenal dua majalah musik terbitan Belanda dan Jerman : Popfoto dan Muziek Express.Karena,terus terang,di jaman itu di saat informasi dunia hiburan sangat kurang bahkan nyaris gak ada sama sekali,kehadiran 2 majalah musik Jerman ini
Di era 70-an jelas belum ada yang namanya video.Mau tahu perkembangan musik pop mancanegara terutama secara visual ya terpaksa harus melototin kelebat foto foto yang terpampang di Popfoto maupun Muziek Expres ini.Mau nonton musik pop Barat di TVRI ? wah boro boro…….Emang sih di TVRI waktu itu sesekali pernah di putar acara musik seperti Beat Club atau produksi Transtell dan Deutchswella yaitu Music Mosaic atau Music Box.

Saat itu di salah satu episode Music Mosaic ngeliat videoklip “Angie” nya The Rolling Stones maupun “Song of Joy” nya Miquel Rios rasanya seperti menyaksikan konser hidup saja.Girang alang kepalang.Beda lah dengan remaja sekarang yang tinggal klik youtube.com,semua videoklip musik yang kita inginkan sekejap terpampang di mata kita.Loud and clear !
Nah,kembali ke Popfoto dan Muziek Expres.Yang menarik dari majalah ini sebetulnya adalah penyajian gambar atau foto foto para idola remaja saat itu yang dikemas dalm bentuk poster poster maupun pin up dengan warna warni yang mencolok dan siap ditempel di dinding dinding kamar.
Poster para teenboppers kayak Donny Osmond hingga David Cassidy maupun Bay City Rollers tertempel di hampir setiap kamar para teenager saat itu.Jelas yang menjadi sasaran kita saat membeli kedua majalah terbitan Jerman dan Belanda  ini adalah posternya  atau pin up .Itu saja.Lha bahasanya jelaslah kita gak ngerti sama sekali artinya.
Saya masih ingat untuk mendapatkan atau membeli majalah ini harus puasa jajan berminggu minggu tuh.Kenapa ? Ya nabung dulu.Jadi uang jajan disimpan utuh, karena harganya nyaris 3 kali lipat majalah Aktuil,majalah musik yang terbit berkala di Bandung.

Bayangkan selama sebulan itu,kita udah harus nyiapin dana untuk beli majalah Aktuil serta diselingi pula dana untuk beli Popfoto atau Muziek Express.Demi untuk memuaskan dahaga akan info info musik terbaru mancanegara.
Ah…..kalo inget jaman itu…….Sangat merindukan dan sangat sangat merindukan banget  !!!!!

Iklan
Komentar
  1. rizal berkata:

    hmmmmm ya ….. saat itu caman 3 majalah yang ditunggu setiap bulannya, POPFOTO, MUZIEK EXPRES dan …… AKTUIL. 2 majalah pertama langsung ancur karena digunting2 dan ditempel di dinding kamar (sampe ke langit2). Koleksi Aktuil tersimpan rapih mulai yang edisi besar (yg kecil engga sempet ngumpulin), tapi setelah thn 1975 engga pernah tau lagi kabar ketiga majalah itu. Mungkin koleksi lama itu masih ada di gudang rumah ibu saya. Sangat2 nostalgic masa2 itu …….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s