KLa Project Menapak Kekinian

Posted: Januari 19, 2011 in Uncategorized

Adi Adrian

Lilo Romulo

Katon Bagaskara

Judul Album    : Exellentia

Artis                 : KLa Project

Label                : KLa Corps

Tahun Rilis      : 2011

Ini adalah album ke 10 KLa Project setelah dalam rentang 23 tahun meniti karir dalam industri musik  Indonesia.Dengan didukung Katon Bagaskara,Lilo Romulo dan Adi Adrian KLa  Project tampaknya tetap berupaya hadir menyajikan karya terbaru.Mereka pun siap menyiasati pergeseran dalam iklim bermusik yang pasti selalu memiliki dinamika.KLa Project,jika menyimak ke 10 lagu yang termaktub di album ini,menyiratkan bahwa mereka siap menapak kekinian.

Artinya,KLa Project siap menjelujurkan karya-karyanya kepada penikmat belia tanpa harus mengabaikan penikmat KLa Project yang tetap setia sejak mereka merilis single “Tentang Kita” di tahun 1988 silam.

Ini strategi menarik yang sebetulnya memiliki ranjau spekulatif.Tapi toh KLa Project mampu menyerap kekinian musik tanpa harus memenggal jati diri mereka yang telah terbentuk hampir dalam dua dasawarsa.

Nuansa musik  mutakhir sebetulnya telah tercium ketika menyimak track pembuka album ini yaitu “Revolusi Disko” yang menganmbil ambience lantai dansa.Tanpa harus bergenit penuh gincu lagu ini terasa kontekstual dengan jatidiri musik KLa Project.Bunyi-bunyian yang bernuansa elektronik toh tidak mengganggu deretan lirik yang ditulis Katon Bagaskara.

Adi Adrian adalah arsitek musik KLa yang banyak menyeruakkan detil bunyi dalam po;a arransemen yang dimainkan.Bagi saya Adi Adrian juga merupakan pilar utama karakteristik musik KLa Project yang tetap hirau pada benang merah musik KLa Ptoject,meski mencoba untuk meraup pernak pernik bunyi yang imajinatif bagi tendensi lagu-lagu KLa Project.Dan jangan lupa Lilo pun banyak memberikan kontribusi mencolok dalam tatanan musik KLa Project.Mulai dari kontribusi gitarnya yang kadang tak tertebak hingga susupan vokal Lilo yang memberi aksen tersendiri bagi racikan musik KLa Project.

Di album ini Katon menulis semua lirik lagu-lagu KLa Project dengan pendekatan yang tetap puitik dan bercitarasa romantik namun juga ada susupan yang terasa energik, membangkitkan gairah.

Sebuah perjalanan musik yang indah telah ditetaskan KLa di album yang secara sugestif ingin menawarkan sesuatu yang lebih memikat : sebuah ekselensia !.

KLa memiliki banyak lagu yang menawan di album dengan sampul bernuansa spacey ini.Ada tema romansa yang menggugah rasa seperti “Cinta (Bukan) Hanya Kata”.Katon Bagaskara  tampaknya masih terampil menata kata seperti berikut  ini :

Cinta hanya kata

Sampai kau datang juga

Dan memberinya makna

Makna kehilangan pun dituturkan dengan elegan pada lagu bertajuk “Hilang Separuh Arti” :

Rumput hatiku yang mongering

Tak tersiram hujan

Namun coba bertahan

Senyawa antara melodi yang menawan,lirik yang sugestif,tata musik yang inspiratif serta vokal Katon yang genial,merupakan anasir integral dalam musik KLa Project yang tak pernah pudar sejak dulu.Diimbuh aura musik masa kini,pada akhirnya garapan musik KLa Project menjadi exellentia.

Tracklist

1.Revolusi Disco

2.Cinta (Bukan) Hanya Kata

3.Hilang Separuh Arti

4.Mana Kutahu

5.Impian Tumbang

6.Kau Pulihkan Luka

7.Rahasia Semesta

8.Hidup Adalah Pilihan

9.Tak Ingin Kuberalih

10.Mimpimu Nyata

Denny Sakrie

Album "Exellentia" KLa Project

Iklan
Komentar
  1. Renni berkata:

    Excellent review for Exellentia 🙂

  2. To Denny Sakrie,

    Thanks untuk review album ke 10 KLa project Exellentia.

    Sungguh pengamatan yg kritis dan obyektif sebagai pengamat musik yang berkualitas.

    KLa Project memang group band yang spesial dan tidak biasa. Katon,Lilo dan Adi bisa menggarap karya2 indah, khas, puitis, melankolis, abadi, dengan citra rasa musik yang berkualitas dan banyak digemari penikmat musik Indonesia juga mancanegara serta lagu KLa identik dengan mencetak lagu2 Hits atau kata negeri tetangga kita “Killer Song”.

    KLa Project pun kini hadir kembali dengan karya Exellen dalam album Exellentia, dengan format killer song bagi penikmat musik Dashyat, Inbox, Derings, Mantab dan program musik TV tanah air yang marak belakangan ini.

    Congrats untuk Katon Lilo dan Adi semoga tetap sebagai Band yang berkualitas dan digemari seluruh lapisan masyarakat seperti perjalanan lagu Yogyakarta yang tetap enak didengar dan dinyanyikan sejak dulu, kini dan juga nanti. Salam exellentia.

    Haryo Ridwanto
    Pecinta Musik

  3. Damar Nyanyi berkata:

    Thanks review-nya om.

  4. gogo berkata:

    mantab..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s