Mengenang Konser Santana di Jakarta 1996

Posted: Januari 22, 2011 in Uncategorized

Saya mendampingi Santana yang tengah melayani tanda tangan

Santana di panggung Jakarta Hilton Convention Center 1996

Banyak yang tidak tahu bahwa Santana sudah pernah tampil dia Jakarta tepatnya pada tanggal 9 Mei 1996,Carlos Santana menggelar konser di Plennary Hall Jakarta Convention Center.Konser yang dipromotori oleh Indo Mugi Pratama ini merupakan bagian dari tur dunia Santana dalam rangka promosi album boxset bertajuk “Dance Of the Rainbow Serpent Tour”.

Saat itu penonton yang menyaksikan penampilan Carlos Santana tak terlalu banyak. Perkiraan saya mungkin hanya sekitar 1500 penonton saja yang menyaksikan konser legendaris ini.

Yang datang kebanyakan ekspatriat dan pemusik.Saat itu ,seingat saya pemusik yang sempat saya temui antara lain almarhum  Harry Roesli,Franki Raden,almarhum Delly Rollies,Gatot Sunyoto,Harry Sabar dan beberapa lainnya.

Tapi meski penonton tak banyak, namun Santana tetap memberikan konser terbaiknya/Bahkan Santana memberi encore selama setengah jam.Lumayan……ada Oye Comova,Black Magic Woman,Evil Ways…….Pokoknya hits Santana di dasawrasa 70-an hingga awal era 80-ankeluar semua.Tanpa tersisa.

CarlosSantana sendiri dipanggung tetap santai sambil….ehm……nyimeng dan pelataran panggung dipenuh iasap hio.Gila tuh orang.Yang paling energik dan super sibuk adalah perkusionisnya Karl Perazzo dan Raul Rekow.Tony,drummernya yang berkulit hitam juga tak kalah hebat……powerfull.

Namun,jangan lupa  Carlos Santana selalu didukung oleh permainan organ vintage Hammond B3 yang memikat dari Chester Thompson,pria berkulit hitam yang dulu pernah tergabung dalam kelompok Tower of Power.Almarhum Delly Rollies, sepenglihatan saya  sampai mendekati bibir panggung sambil berjingkat,hanya untuk mengintip dan melihat permainan Chester Thompson dari dekat.Maklum…..The Rollies kan dulu suka bawain lagunya “Tower of Power”……itu lho “You’re Still A Young Man……Baby !!”.

Santana malam itu bermain lebih dari 2 ja.Dia seperti kerasukan.Encore saja hampir dimainkan dalam durasi 45 menit.Bayangkan,betapa puasnya penonton menyimak konser Santana ini.

Dan Maret 2011 ini,menurut rencana,Santana akan tampil dalam event jazz berskala internasional “Java Jazz International Jazz Festival” yang digagas Peter F Gontha.”Sebetulnya kami telah mengincar Santana sejak tahun 2005,saat Java Jazz pertamakali diadakan” ungkap Peter F Gontha.

Kita tunggu saja permainan Santana di Jakarta  nanti

Santana dalam konperensi persvdi Hilton Hotel 1996

,yang dalam portfolionya pernah berkolaborasi dengan berbagai insan jazz,mulai dari John McLaughlin,Herbie Hancock,Stanley Clarke,Weather Report,Joe Zawinul hingga maestro Miles Davis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s