Menemukan Foto Chrisye Tahun 1979

Posted: Februari 20, 2011 in Uncategorized

Minggu lalu,saya membongkar bongkar  tumpukan foto foto kuna alias jadul yang nyaris 32 tahun terkungkung dalam koper kayu yang ada di rumah saya .Satu persatu satu foto foto itu saya keluarkan dengan penuh hati-hati.Maklum ini barang yang sudah rentan dan fragile .Dan alhamdulillah kondisinya masih dalam keadaan baik dan sempurna.Kebetulan minggu-minggu ini saya memang lagi mencari koleksi foto yang pernah saya jepret dan berkaitan dengan pemusik Pegangsaan.Kenapa ? Ya karena sekarang ini saya tengah menggarap buku musik yang menceritakan perjalanan musik anak-anak Pegangsaan dalam industri musik di negeri ini.

Job bikin buku ini datang dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.Kaget juga saya,ketika awal bulan ini,seseorang staff  dari Menpora yaitu Bapak Drs Zulfikar Akbar,Psi menghubungi saya dan meminta saya untuk menulis tentang perjalanan musik anak-anak Pegangsaan.

Kenapa Pegangsaan ? sergah saya.”Ya karena para pemusik yang ada di Pegangsaan bisa dianggap memberikan kontribusi untuk perkembangan musik pop Indonesia” katanya.

“Bah,dapat data dan analisa dari mana si bapak ini” pikir saya keheran-heranan.

Dan lelaki kurus,paruh baya,sedikit brewok dan berkacamata itu kemudian berbicara panjang lebar.Dia berargumen.Saya hanya mendengar saja.”Selama ini Menpora sering dianggap hanya care pada bidang olahraga atau prestasi pendidikan saja.Sebetulnya musik pun seharusnya diberi tempat khusus” tandasnya lagi.Saya pun tanpa sadar sembari mengangguk.

Betul juga,pemusik mana atau selebritas mana sih yang tak pernah mampir di Pegangsaan 12,rumah keluarga Nasution yang berdampingan dengan rumah keluarga Chrisye yang terletak di Pegangsaan 12 B.Guruh Soekarno Putera,Erros Djarot,Christine Hakim,Adrie Subono,Rinny Noor,God Bless,The Rollies,The Mercy’s,Sys NS,Addie MS,Ikang Fawzy,Idris Sardi,Pontjo Soetowo,Roy Marten,Berlian Hutauruk,Henny Purwonegoro,Broery Pesolima,Mus Mualim,Titiek Puspa,Enteng Tanamal dan masih sederet panjang lagi.

Dari pergulatan,pergaulan,kerja bareng dan entah apa lagi istilah yang terjadi di Pegangsaan 12 ini muncullah beberapa masterpiece musik (pop) Indonesia seperti Guruh Gipsy,Badai Pasti Berlalu,Barong’s Band,Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors,album solo Chrisye,Keenan Nasution,Harry Sabar dan banyak lagi.Torehan karya mereka jelas memberikan kontribusi yang tak sedikit untuk warna musik (pop) Indonesia.

Nah,kembali ke penemuan foto Chrisye………Foto yang terpampang diatas ini saya jepret pada tahun 1979 .Saat itu saya masih duduk di bangku SMP.Seharusnya sih sudah harus duduk dibangku SMA,tapi karena kebijaksanaan dari Menteri P & K saat itu Dr.Daoed Joesof yang ingin menyetarakan pendidikan di SMP dan SMA atau apapun alasannya yang menyebabkan kami para murid SMP harus terkatung-katung selama beberapa bulan sebelum melangkah kejenjang SMA itu. Di tahun itu Chrisye bersama Badai Band (Yockie Soerjoprajogo,Keenan Nasution,Roni Harahap,Oding Nasution dan Fariz RM) tengah menggelar konser di Gedung Olahraga Mattoanging Makassar.Mereka konser denganh artis pembuka Andi Meriem Mattalata,yang saat itu juga baru merilis album solo “Bahtera Asmara” dengan musik yang ditata pasangan Yockie dan Chrisye.

Foto diatas memperlihatkan Chrisye   yang tengah melantunkan lagu “Anak Jalanan” karya Guruh Soekarno Putera dari album “Sabda Alam” (Musica Studio 1978).Alamrhum Chrisye mengenakan setelan putih putih sambil membekap bass bermerk Ibanez warna hitam.Bass ini sekarang menghiasi salah satu dinding Hard Cafe Jakarta yang terletak di Ex Plaza Jakarta.Mungkin kalo penasaran bisa anda pelototin disana.

Chrisye tengah menyanyikan "Anak Jalanan" sambil ngebass

Komentar
  1. yunhi berkata:

    kangen suara renyahnya om Chrisye.. 😦

  2. […] This post was mentioned on Twitter by wirsadhafiz and prasajadi, Denny Sakrie. Denny Sakrie said: Tentang penemuan foto Chrisye https://dennysakrie63.wordpress.com/2011/02/20/menemukan-foto-chrisye-tahun-1979/ […]

  3. bautinja berkata:

    makasih udh menambah wawasan

  4. SIKSAKUBUR berkata:

    Support terus buat musik indonesia

Tinggalkan Balasan

