10 menit bersama Carlos Santana 15 tahun silam

Posted: Februari 21, 2011 in Uncategorized

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa Santana sebetulnya sudah pernah menggelar konser di Jakarta tepatnya tanggal 9 Mei 1996 di Jakarta Hilton Convention Center.Saat itu Santana yang datang melalui promotor Indomugi Pratama itu dalam rangka tur promo album boxsetnya “Dance Of The Rainbow Serpent” yang dirilis Polygram.Jelas saat itu Santana belum memiliki hits seperti Smooth yang kondang secara spektakuler itu.Tak heran jika yang datang konser Santana adalah kaum belia era 70-an yang ingin bernostalgia.

Sat itu saya bekerja di M97FM sebuah radio yang khusus melayani kaum belia era 70-an dan 80-an dengan sajian lagu-lagu berselubung terminologi classic rock,sebagai music director dan penyiar.

Kedatangan Santana ini jelas membuat saya antusias .Kenapa ? Karena Santana adalah salah satu penampil dari konser akbar Woodstock yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut di tahun 1969 yang digagas Michael Lang dan kawan-kawan.Woodstock yang akhirnya menyelinap sebagai gerakan budaya generasi muda itu akhirnya bisa dianggap ikon sebuah perhelatan musik rock yang memiliki muatan anti-establishment serta kredo berlumur bebas merdeka.

Dalam waktu tak lebih dari 10 menit saat itu saya berhasil ngobrol dengan Carlos Santana.Juga sempat bikin greeting dan station ID buat radio M97FM.

Berikut  cuplikan obrolan saya dengan Santana

DS : Gimana dengan Jakarta ?

CS : Oh saya suka.Saya suka daerah tropikal seperti Indonesia.

DS: Saya liat,anda tak pernah melepaskan Chester Thompson dari sektor keyboard.Kenapa ?

CS: Saya suka permainan keyboardnya terutama Hammond B3 sejak Chester masih bergabung

dengan Tower of Power.Chester is soulful master !

DS : Apakah anda masih menganut aliran Sri Chinmoy ?

CS : Ya,saya tetap setia

DS : Apakah anda sesorang yang religius ?

CS : Tidak.Agama itu adalah bisnis yang korup.Spritual adalah sesuatu yang lain pula.Saya tak

mau disebut religius.Kenapa ? Karena banyak orang terbunuh atas nama agama. Because

they get a superiority complex.Spiritualitas itu seperti air.Air dengan berbagai warna dan rasa.Tapi

tetap saja itu adalah air.Saya paham perbedaan antara agama dan spiritual. and I don’t want to be

religious.

DS  : Menurut anda apa arti hidup dan kehidupan ?

CS  : Hidup adalah sebuah keseimbangan.Begitu juga musik.Melodi itu adalah wanita dan rhythm ada

Lah lelaki.Jadi melodi dan rhythm bersama-sama bercinta diatas tempat tidur yang bernama

Kehidupan.

DS : Percayakah anda terhadap the power of music ?

CS : Sewaktu masih kecil,saya melihat bagaimana mata orang menjadi berbinar-binar ketika mendengar

bunyi biola yang digesek ayah saya. I knew he had the power to validate people’s existence.

DS:Apakah betul setiap memulai pertunjukan anda selalu melakukan sebuah ritual tertentu ?

CS :Ya saya dan beberapa pemusik biasanya melakukan semacam meditasi sekitar 10 atau 15 menit.

Tapi tak semuanya melakukannya.Dan saya tak memaksa mereka.Tapi saya tahu jika ada yang ikut

melakukan meditasi,saya yakin dia pun merasa yakin bahwa pintu yang tadinya tertutup akan

terbuka lebar.

Wow……jiwa hippie Santana masih tetap lekat.Itu terlihat dari jawaban jawaban yang dipaparkannya.Bermakna filosofis dan tetap menempatkan sosoknya pada zona spiritual.

Carlos Santana saat konperensi pers

Carlos Santana tengah memberikan tandatangan

Komentar
  1. Fotodeka berkata:

    😀 wah semacam nostalgia waktu itu mas? 😀 hehe

  2. […] This post was mentioned on Twitter by AIUEO, Dwi Kurniawan and Hendhy Junindar P, Denny Sakrie. Denny Sakrie said: Tentang Santana https://dennysakrie63.wordpress.com/2011/02/21/10-menit-bersama-carlos-santana-15-tahun-silam/ […]

Tinggalkan Balasan

