Menanti Rilis “The Smile Sessions” The Beach Boys

Posted: Maret 12, 2011 in Uncategorized

Inilah album yang paling ditungu-tunggu.Sebuah lost album yang telah menjadi mitologi rock dari kelompok The  Beach Boys bertajuk “Smile”,dan kini dirilis di tahun 201.Penantian berakhir sudah walau telah menelusuri tahun demi tahun.

Album yang konon sarat estetika dalam dimensi rock ini digagas dan digarap ulang oleh Brian Wilson punggwa The Beach Boys serta didukung dua sosok yang akrba dengan the Beach Boys yaitu engineer Mark Linnet dan pengarsip Alan Boyd dengan nama “The Smile Sessions” rilisan Capitol  .

Proyek “The Smile Sessions” ini akan dirilis dalam 3 version yaitu sebuah album CD berisikan 2 keping cakram,sebuah album digital longplay iTunes dan sebuah boxset limited edition yang berisikan 4 keping CD,dua keping piringan hitam dan sebuah buku setebal 60 halaman yang ditulis Domenic Priore,sejarahwan The Beach Boys.

Terwujudnya rilisan “The Smile Sessions” ini memang tak lepas dari peran mastermind The Beach Boys Brian Wilson.Wilson juga merupakan sosok penting budaya pop era 60-an yang hampir sama pentingnya dengan Lennon-McCartney maupun Jaggert-Richard.

“Saya cukup merinding ketika memutuskan bahwa sesi rekaman “Smile” yang asli akan dirilis untuk pertamakalainya,setelah terkunci rapat bertahun-tahun lamanya” tutur Brian Wilson

I’m looking forward to this collection of the original recordings and having fans hear the beautiful angelic voices of the boys in a proper studio release.” Imbuh Brian Wilson lagi dengan deria.

Pihak Capitol belum menjelaskan secara detil tentang kapan proyek “The Smile Sessions” ini akan dirilis secara resmi,selain mengumumkan bahwa akan dirilis di tahun 2011 ini.Tak pelak,para penggemar berat The Beach Boys merasa skeptis dengan jadwal rilis yang masih mengawang-awang tersebut.

Ketika pihak Warner Bros Record mengontrak The Beach Boys sebagai salah satu artis yang dibawah naungannya pada tahun 1970,pihak label telah menaruh minat untuk merilis album “Smile” tersebut.

Mark Linnet sang sound engineer telah menata ulang album tersebut lebih dari dua dasawarsa silam tepatnya di tahun 1988 .

Dan di tahun 1995,Capitol bahkan telah membuat keterangan pers bahwa mereka tengah mempersiapkan sebuah boxset dengan isi 3 keping CD judul tentatif “The Smile Era”.Sat itu Capitol bahkan telah menentukan bulan rilisnya pada Agustus 1995.Tapi toh hal tersebut ternyata hanya menggantung menjadi sebuah wacana yang tak kunjung terwujud.

Ada sedikit kerumitan tentang kepemilikan master rekaman album “The Smile Sessions” ini.Misalnya pihak Capitol memiliki master rekaman “The Smile Sessions” dengan hak publishing controlled yang dipegang Rondor Music dari Universal Music Group.Lalu Beach Boys memiliki Brother Record dan,bergantung pada track-track yang ternasuk rilis terakhir oleh Brian Wilson sendiri.

Jadi apa sebetulnya yang akan dirilis ke publik dengan materi “Smile” yang tak kunjung komplit itu ?.Linnet pun mengatakan bahawa tujuan utama rilis album Smile adalah menyajikan seluruh bagian dari materi album mulai dari materi yang dimiliki Brian Wilson maupun dari yang lainnya.

Di tahun 2004 Brian Wilson membuat versi lain dari “Smile” yang direkamnya bersama bandnya pada label independen Nonesuch Records.

Meskipun penentuan track listing masih belum rampung juga,tapi Linnet berharap pendekatan yang lebih natural dari album original “Smile” bisa tersimak dalam boxset yang akan dirilis nanti.

Jadi sebetulnya seperti apa kendala teknis dari “Smile” yang seolah merupakan perjalanan misteri yang tiada kunjung berakhir itu ?

Linnet lalu bertutur :”Kami memiliki kendala dimana telah kehilangan beberapa bagian dari vokal.Namun musiknya telah direkam semua”.Semua isian vokal direkam langsung oleh The Beach Boys pada saat yang bersamaan dengan menggunakan mikrofon yang sama pula,termasuk dengan vokal utama,tandas Linnet lagi menjelaskan  .

Musik secara keseluruhan justeru dimainkan oleh The Wrecking Crew,sebuah kelompok musik legendaris yang didukung sederet pemusik session dari Los Angeles yang telah khatam memainkan musik

The Beach Boys

Tapi menurut Linnet,beberapa track “Smile” masih mengedepankan Carl Wilson pada gitar dan Dennis Wilson pada drums.

Sampai detik ini memang masih ada kecemasan apakah “The Smile Sessions” jadi dirilis atau akan abadi selamanya dalam bingkai misteri.

Tapi pihak Capitol tetap bertutur optimis :”The Smile Sessions akan rilis tahun 2011” ini  .Kita hanya bisa menunggu saja.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s