Mengenang 40 Tahun Album Trio Bimbo 1971

Posted: April 3, 2011 in Uncategorized

Tak terasa,album perdana Trio Bimbo yang terdiri atas Samsudin Hardjakusumah,Darmawan Hardjakusumah dan Jaka Purnama Hardjakusumah telah genap berusia 40 tahun.Kelompok yang walanya bercorak latin folk asal Bandung ini memang telah berbuat sesuatu yang baru dalam industri musik pop negeri ini pada zaman awal masa pemerintahan rezim Orde Baru.

Ada yang menarik jika menyimak album perdana Trio Bimbo yang dirilis justeru di Singapore melalui label Polydor/Fontana pada tahun 1971.Karena grup yang di tahun 1969 ditolak mentah mentah oleh Remaco di Indonesia,justeru mendapat pengakuan di negeri jiran,dengan musik yang memang agak kurang lazim yaitu pop dibasuh nuansa Latin Flamenco.
Pada back cover album ini terdapat sebuah liner notes yang antara lain berbunyi :

Menyanyi adalah media seni yang paling cepat menyentuh perasaan seseorang. Tanpa melalui kata-kata, seseorang bisa dibawa hanyut.

Dan pada kenyataannya,kita memang terhanyut menyimak olah vokal yang menjuntai dari Trio Bimbo ini.
Setidaknya kehadiran Trio Bimbo saat itu memang membuat kita seolah deja vu dengan aura ala Trio Los Panchos maupun Brother Fours.Bahkan timbre vokal Acil yang rendah  seolah kembaran dari Andy Williams.Bernuansa male golden voice.

Pada sisi A album ini, Trio Bimbo menyanyikan lagu lagu Indonesia yang tengah ngetop saat itu seperti ” Manis Dan Sajang ” karya almarhum Tonny Koeswoyo  yang merupakan hits Koes Plus tahun 1969 dari album “Dheg Dheg Plas”, serta dua lagu sahabat Djaka, Iwan Abdulrachman ” Melati Dari Jayagiri” dan ” Flamboyan “. Kelak dua lagu ini menjadi semacam trademark Bimbo dalam lagu-lagu bersemburat romansa.
Dua lagu ini bisa dibilang prototipe dari lagu ballada Bimbo .Jika kita amati torehan liriknya,memang arat personifikasi dan tentunya terasa begitu personal.Puitik tentu saja .
Simaklah cuplikan  lariknya dibawah ini :

Melati dari Jayagiri
Kuterawang keindahan kenangan
Hari-hari lalu di mataku
Tatapan yang lembut dan penuh kasih …

Kuingat di malam itu
Kau beri daku senyum kedamaian
Hati yang teduh dalam dekapan
Dan kubiarkan kau kecup bibirku

Mentari kelak kan tenggelam
Gelap kan datang dingin mencekam
Harapanku bintang kan terang
Memberi sinar dalam hatiku .

Dan jangan lupa pula  simak larik  lagu “Flamboyan” yang bagi saya terasa begitu mencekam dan gloomy :

Satu-satu
Daunnya berjatuhan
Berserakandi pangkuan bumi

Bunga flamboyan itu diraihnya
Wajahnya terlihat sayu
Flamboyan berguguran
Berjatuhan, berserakan

Sejak itu sang dara berharapkan
Esok lusa kan bersemi kembali

Iwan Abdurahman memangmemang tipikal seniman yang mudah tersentuh dengan perangai alam,yang kemudian menjadi mata air ilham yang deras mengucur ke permukaan melodi yang banyak terbingkai dari notasi minor.

Lalu mari kita simak sederet lagu yang ditaruh pada  sisi B.Disini  Trio Bimbo menyanyikan sederet hits mancanegara seperti ” El Condor Pasa ” dan ” Cecilia” ( Simon & Garfunkel ), ” Light My Fire ” ( The Doors ), ” Once There Was A Love ” ( Jose Feliciano ) , ” Wichita Lineman ” ( Glenn Campbell ) serta lagu ” I Have Dreamed ” dari karya musik Broadway ” The King And I ” karya Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein II.

Menariknya karena lagu-lagu tersebut dibawakan dengan arransmen yang sama sekali berbeda dengan versi orisinilnya, seperti “ Light My Fire ” yang lebih kental atmosfer Latinnya.Tak terbayangkan jika tiga bersaudara yang berkesan santun ini meremake lagu karya Jim Morrison.

Tata musik yang disentuh pemusik jazz asal Surabaya Maryono memang menambah nilai album ini.
Jika ingin menelusuri sejarah musik Bimbo,maka seharusnya dimulai dengan mendengar album ini,yang tahun ini telah memasuki perayaannya yang ke 40.

TRACKLIST
1.Manis dan Sajang
2.Melati dari Jayagiri
3.Flamboyan
4.El Condor Pasa
5.Cecilia
6.I Have Dream
7.Light My Fire
8.Once There Was A Love
9.Wichita Lineman


Cover Belakang Trio Bimbo 1971

Cover piringan hitam Trio Bimbo 1971

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s