Mengenang Arie “Bill & Brod” Wibowo (1952-2011

Posted: April 15, 2011 in Uncategorized

Album ” Harap Maklum” Bill & Brod

Topan Group Vol3 "Susanna" (Yukawi,1976)

Topan Groups Vol.1 produksi Yukawi 1975

Bibir dan Hati – 1988

Kodokpun Ikut Menyanyi 1987

Singkong dan Keju – 1986

Madu dan Racun 1985

Prambors Vokal Group 1975

Cukup kaget saya mendengar berita berpulangnya Arie  Wibowo,komposer,pemusik dan penyanyi yang sosoknya tak bisa dilepas dengan lagu karyanya Madu dan Racun di tahun 1985.

Arie Wibowo yang pernah tergabung dalam Prambors Vokal Group,Topan Groups dan Bill & Brod ini  dikenal dengan trademark berkacamata hitam dan topi flathat menghembuskan nafas terakhir pada jam 21.00 WIB kamis 14 April 2011 karena serangan jantung.Arie yang banyak menghasilkan hits di era 80-an itu berpulang untuk selamanya di RS Dharmais.Lirik lagu “Madu dan Racun” seolah berkelebat dalam gendang telinga saya.Lagu yang luar biasa populer dan dinyanyikan oleh setiap orang pada tahun 1985.Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.Album “Madu dan Racun” (RCA Records) yang terjual lebih dari 1 juta keping itu ternyata bukan hits sesaat pada zamannya saja.Lagu ini tetap hijau,tetap berkumandang.Tahun 2009 silam kelompok J-Rock meremake lagu ini dengan gaya yang khas dan lebih fresh.”Saya yang meminta J-Rock untuk menyanyikan ulang lagu itu” ungkap Johannes Soerjoko pemilik label Aquarius.Lagu “Madu dan Racun” dinyanyikan ulang oleh J-Rock dalam rangka memperingati ulang tahun ke 40 label Aquarius Musikindo.Lagu “Madu dan Racun” ini ternyata telah direkam oleh Aquarius sejak tahun 1975 ketika masih berlabel Pramaqua yang merupakan kongsi dengan radio Prambors.”Saat itu judulnya bukan “Madu dan Racun” tapi “Bingung” dan dibawakan oleh Prambors Vokal Group” cerita Johannes Soerjoko yang akrab dengan panggilan Ook itu.

Radio Prambors yang mangkal di Jalan Borobudur Menteng Jakarta Pusat memiliki armada musik bernuansa vokal group dengan nama Prambors Vokal Group.Didukung oleh 6 personil diantaranya adalah almarhum Jodi W.Muhammad Noor Arumbinang,Afrieda Hutasoit serta Sidosa yang tak lain adalah Arie Wibowo yang ditahun 80-an melejit dengan kelompok Bill and Brod.
Prambors Vokal Group yang mengisi Muka B album Noor Bersaudara inimembawakan 8 lagu karya sendiri serta seperti “Ifa”,”Tanah Airku”,”Persembahan”,”God”,”Bingung,”Ibu Pertiwi”,””Geordie” dan “Yang Tiada Lagi”
Di album ini terdapat lagu bertajuk “Bingung” yang kelak pada paruh era 80-an judulnya berubah menjadi “Madu dan Racun” yang dibawakan Bill & Broad dengan anggota Arie Wibowo(vokal utama,gitar),Nyong Anggoman (keyboards),Kenny Damayanti (vokal) ,Wawan Konikos (vokal) dan Rully Bachrie (drums).

 Engkau yang cantik
Engkau yang manis
Engkau yang manja
Selalu tersipu, rawan sikapmu
Di balik kemelutmu

Di remang kabutmu
Di tabir mega-megamu
Kumelihat dua tangan
Dibalik punggungmu

Madu di tangan kananmu
Racun di tangan kirimu
Aku tak tahu
Mana yang akan kau berikan padaku
Aku tak tahu
Mana yang akan kau berikan padaku

Menurut Ook.sebelum diubah judulnya menjadi “Madu dan Racun”,lagu yang ditulis oleh Arie Wibowo dan Jonathan Purba ini sering dinyanyikan oleh almarhum Kasino saat melawak di panggung bersama Warung Kopi Prambors.Bahkan penyanyi cantik Nanin Sudiar pun pernah  menyanyikan lagu ini di TVRI dengan judul lain “Dilema”.

Di tahun 1975 juga,Arie Wibowo juga  membentuk band bernama Topan yang kemudian dikontrak oleh Yukawi Record.Nomo Koeswoyo yang menjadi manajer di perushaan rekaman yang berada di Depok itu tertarik dengan musikalitas Topan Band yang penyanjian musiknya sepintas mirip Koes Plus.Setidaknya ada 3 album yang dihasilkan Topan Group saat itu

Ketika demam lagu “Susanna” dari Art Company di tahun 1984 merebak diseantero Nusantara,Arie Wibowo terinspirasi untuk mendaur ulang lagu ciptaannya itu dengan gaya arransemen musik ala Art Company.Diluar dugaan,”Madu dan Racun” berhasil menjadi hits nasional.

Bill & Brod sempat merilis 5 album yaitu : “Madu dan Racun” (1985),”Singkong dan Keju” (1986),”Kodokpun Ikut Menyanyi (1987)“  Bibir dan Hati”(1988) dan “Hampa” (1989)

Selamat Jalan Mas Arie !

Iklan
Komentar
  1. […] foto Ari wibowo tanpa pet dan kacamata hitam besarnya itu dari beberapa blog. Itu foto-foto Ari Wibowo sebelum terkenal bersama Bill & Brod. Penampilan si vokalis riang itu  ternyata benar-benar […]

  2. subagyo santosa berkata:

    terjawab sudah pertanyaan saya selama ini. waktu aku dengar dan baca lagu dari topan group terdapat nama ari wibowo disitu.dengar suaranya langsung ingat ari wibowa Bill & Brod. Ternyata tidak salah pendengaran saya. Bravo kang Sakri

  3. januarpribadi berkata:

    bagus sekali bro !
    mantep !!
    thanks infonya

  4. Niko berkata:

    infonya bagus. terima kasih

  5. gatto berkata:

    aku paling suka lagu cincin dijari manismu di side b……hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s