Paramour Band “Duri Penghalang” (1972)

Posted: April 22, 2011 in Uncategorized
Namun ,namun duri selalu menghalangi
Namun duri selalu menghalangiMasih ingat petikan refrain lagu diatas ?. Lagu ini disekitar tahun 1972 sering berkumandang di radio radio seluruh  Indonesia.Lagu ini entah kenapa bisa menjadi semakin populer di masa itu.Boleh dibilang,masyarakat sampai hafl luar kepala lagu pop satu ini .Pembawa lagu yang bertajuk “Duri Penghalang” itu adalah Paramour,sebuah band pop yang berasal dari Bandung.Lagu ditulis dan dinyanyikan oleh vokalis utama sekaligus leader of the band  almarhum Djadjat.
Almarhum Djadjat pula yang mendominasi sektor penulisan lagu di debut album yang dirilis oleh Mesra/Dimita Moulding Company milik almarhum Dick Tamimi yang sebelumnya telah melejitkan kelompok Koes Bersaudara,Koes Plus hingga Panjaitan Bersaudara atau Panbers.
Kelompok Paramour berdiri di akhir dasawarsa 60-an.Ketika album perdananya dirilis formasi Paramour telah berubah yaitu : Djajat (Vokal)
Dadan (Drum,Vokal),Polly(gitar,vokal),Daniel .(keyboard,saxophone) dan
Tonny Heriadi (bass).Pada formasi awal Bonny Nurdaya sempat mendukung formasi Paramour sebelum akhirnya diajak bergabung dengan the Rollies.
Sebagaimana tipikal lagu lagu pop yang berkecambah di awal era 70-an,Paramour lebih banyak berceloteh tentang romansa asmara.Cenderung mendayu dayu.Bahkan dari judul judul lagu yang mereka bikin terasa sangat tipikal pula.Karena di zaman itu hampir semua lagu lagu asmara memilih tema dan judul lagu yang nyaris sama antara satu dengan yang lainnya.Contohnya judul lagu “Tiada Kusangka” yang sama dengan judul lagu “The Rollies”.
Saat itu band-band yang membuat rekaman selalu juga mewnulis lagu bernuansa keroncong.Paramour pun menciptakan lagu bertema keroncong di album ini bertajuk “Keroncong Akhir Penantian”.
Lagu “Duri Penghalang” sendiri sebetulnya ditaruh pada side B pada piringan hitam yang berisikan sekitar 12 lagu.Tapi ternyata lagu itu yang mendapat respon bagus dari masyarakat luas.Tracklist
1.Diperantauan
2.Jalan Hidupku
3.Disimpang Jalan
4.Jeritan Hati
5.Perpisahan
6.Sebatang Kara
7.Duri Penghalang
8.Hanya Mimpi
9.Kr.Akhir Penantian
10.Tiada Kusangka
11.Tiada Kasih Bersemi
12.Berlari Gembira

Iklan
Komentar
  1. Baguz berkata:

    gimana cara downloadnya gan..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s