Sky Rider AKA : Pop Atawa Rock ?

Posted: April 23, 2011 in Uncategorized

Sky Rider - AKA (1972)

Banyak grup-grup rock yang ganas bahkan nyaris brutal jika menggelar konser di panggung,akan keok jika memasuki bilik rekaman.Dengan sangat terpaksa mereka justeru harus membabat atau mengebiri sendiri idealisme konsep musiknya.Alasannya ? Cukong rekaman tidak yakin rock akan menembus gendang telinga mayoritas masyarakat.
Walhasil,jangan mengharap yang bukan bukan jika menyimak album-album yang dirilis oleh beberapa grup rock seperti AKA misalnya yang terdiri atas Utjok Harahap (vokal,keyboards),Arthur kaunang (bass,vokal),Sunatha Tandjung (gitar,vokal) dan Zainal “Syech” Abidin (drums,vokal),pada era 70-an itu.
Setidaknya hal itu tersimak jika mendengar album bertajuk “Sky Rider” dengan cover yang sesungguhnya telah memiliki spirit rock yang kuat.
Tapi apa daya,di album ini hanya ada 2 lagu saja yang memiliki karakter rock yang kuat.Kedua lagu itu adalah “Sky Rider” karya Arthur Kaunang sekaligus juga dinyanyikan oleh pencabik bas AKA tersebut.Lagu ini jelas begitu terpengaruh dengan “Highway Star” nya Deep Purple.Lagu rock lainnya adalah “Groovy” yang memperlihatkan permainan gitar Sunatha Tandjung yang mumpuni.
Utjok Harahap tampaknya mendominasi urusan penulisan lagu di album ini.Walaupun semuanya jelas jelas bertendensi pop.Misalnya “Badai Bulan Desember” yang terasa pengaruh “How Can You Mend A Broken Heart” nya Bee Gees.
Sebuah instrumental dengan penonjolan permainan gitar yang clean dari Sunatha Tandjung tersimak pada lagu karya Utjok Harahap “Mariske”.Disini Utjok tidak menyanyi melainkan melakukan “spoken words“,seperti yang dilakukan Serge Gainsbourgh dan Jane Birkin dalam lagu “Jetaime Non Moi  Plus”

Tracklist

1.Sky Rider
2.Dunia Buram
3.Hati Sunyi
4.Marthie
5.Karena Dia
6.Groovy
7.Badai Bulan Desember
8.Cintaku Kembali
9.Tak Kuasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s