Root Soul Menguak Akar Soul

Posted: Mei 26, 2011 in Tinjau Album

Root Soul

Dari style font dan disain grafis album ini memang telah menyiratkan bahwa album ini memuat serangkaian lagu-lagu soul yang pernah berkecambah luas di era 70-n.Lihat cover album ini yang menyertakan sketsa pemusik  berkulit hitam yang tengah membetot instrument elektrik bas Fender Jazz yang fenomenal.

Sebuah perpaduan jaman kedigjayaan music era 70-an dengan retrosoul yang kerap disebut nu soul terasa kuat mencengkeram pendengaran kita di album kompilasi yang dirilis sejak tahun 2009 ini dan kini dirilis ulang oleh demajors Indonesia.

Album ini menampilkan kiprah music soul dari sederet pemusik yang bermukim di London Inggeris.Ada Mike Patto yang memiliki reputasi panjang di arena soul elektronik ,begitu juga Leon King ,seorang instrumentalis ganda yang memainkan soul dalam bingkai elektronika.

Kemampuan musikal Leon King bisa kita simak pada komposisi bertajuk “Fuselage” yang energik.

Vanessa yang berasal dari London utara ini memang memiliki ekspresi yang dalam saat member nyawa pada tiap kata yang disenandungkannya.Jika anda penyuka Erykah Badu atau Angie Stone misalnya,maka saya yakin anda pasti akan sudi mencumbu erangan vokalnya yang seksi.Simak saat Vanessa berduet dengan Mike Patto dalam “Spirit of Love” maupun saat bersolo sinden lewat lagu “It’s The Way” yang menggairahkan sukma.

Phil Asher kemudian meramu “Spirit Of Love” dalam versi Soul Boogie mix yang membuat siapa saja yang mendengar seolah ingin turun ke lantai dansa terutama jika menyimak paduan drum,bass line dan perkusinya dalam durasi yang tak tanggung tanggung 12 menit lebih 45 detik.

Feeling Good pun menawarkan suansana party disko era 70-an yang dijejali riuhnya handclapping mengimnbuh cabikan bassline yang repetitif.

Selain itu ada pula Andrea Clarke,sosok yang pasti diakrabi para penyuka music soul yang kerap diramu dengan aroma broken beat.Andrea berasal dari London barat yang eksotik.

Dalam komposisi bertajuk “Override & Fly” terlihat kolaborasi yang apik antara Andrea Clarke dengan Lyric L yang memadukan funk,soul dan hiphop secara paripurna.

Pemusik London ini memadukan ekspresi soul dengan pemusik Jepang seperti cro-magnon dalam Disco Tech Tribe yang berselubung warna-warni eklektikal mulai dari soul,funk hingga jazz sekalipun.

Menyimak ke sembilan track di album Root Soul ini seperti tengah menguak akar soul yang menjalar dalam industri musik dan lantai dansa era 70-an hingga 80-an.Kenapa anda tidak ikut pula dalam petualangan musikal ini ?

Tracklist:

1. Spirit Of Love (Feat. Vanessa Freeman & Mike Patto) (4:35)

2. Sky High (4:55)

3. It’s The Way (Feat. Vanessa Freeman) (6:07)

4. Override & Fly (Feat. Andrea Clarke & Lyric L) (5:39)

5. Moog Rock (7:15)

6. Fuselage (Feat. Leon King) (6:14)

7. Feeling Good (8:43)

8. Disco-Tech Tribe (Feat. cro-magnon) (7:03)

9. On & On (Feat. Shea Soul) (5:48)

10. My Dream Came True (Feat. Leon King)(6:13)

11. Spirit Of Love (Feat. Vanessa Freeman & Mike Patto – Phil Asher’s restless soul Boogie mix) (12:45)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s