Paul McCartney Kini 70 Tahun !

Posted: Juni 18, 2011 in Ulang Tahun Pemusik

You say it’s your birthday
It’s my birthday too, yeah
They say it’s your birthday
We’re gonna have a good time
I’m glad it’s your birthday
Happy birthday to you.

Lagu the Beatles dengan perangai rock and roll dari “The White Album” rasanya adalah lagu yang paling pantas kita putar kembali hari ini.Kenapa ? Karena hari ini 18 Juni 2012 Sir Paul McCartney,salah satu dari fab four The Beatles,genap berusia 70 tahun.

Dilahirkan tanggal 18 Juni 1942 di Liverpool Inggeris dengan nama lengkap James Paul McCartney

Masih segar,masih energik,masih berkarya,masih manggung dan masih dikenal dari berbagai lintas generasi.Di usia 69 tahun Paul McCartney memang nyaris tanpa ada perubahan yang berarti.Macca is a music.Itu pasti.Dan rasanya tak sesuai dengan yang dideskripsikannya pada tahun 1967 saat menulis lirik lagu When I’m 64 dari album “Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band”,sebuah prediksi hari tua Macca di saat menginjak usia 64.Usia yang dipercaya banyak orang sebagai usia yang sudah jauh dari produktivitas maupun kreativitas.

Simak petikan lirik “When I’m 64” berikut ini :

When I get older losing my hair,
Many years from now,
Will you still be sending me a valentine
Birthday greetings bottle of wine?

If I’d been out till quarter to three
Would you lock the door,
Will you still need me, will you still feed me,
When I’m sixty-four?

Rasanya tak perlu lagi kita berpanjang lebar menguak takwil perihal kepiawaian musikal Paul McCartney yang antara lain telah menulis lagu klasik sepanjang zaman “Yesterday”.Kita semua sudah mahfum itu semua.

Pada saat Paul McCartney merayakan ulang tahunnya yang ke 64 di tahun 2006,hampir semua orang menuturkan komentar tentang eksistensi Macca yang bertahan pada usia ke 64,usia yang dipilih Paul McCartney dalam lagu bertajuk “When I’m 64” itu.Lagu itu ditulisnya saat berusia 15 tahun.Paul Valley dalam media “The Independent” menulis sederet komentar tentang Paul McCartney  yang tengah merayakan ulang tahun yang ke 64 :  “  Paul McCartney’s 64th birthday is not merely a personal event. It is a cultural milestone for a generation. Such is the nature of celebrity, McCartney is one of those people who has represented the hopes and aspirations of those born in the baby-boom era, which had its awakening in the Sixties.”

Dan saya setuju bahwa ulang tahun Sir Paul McCartney ini tak lagi sekedar selebrasi dari eksponen kelompok musik yang mengubah wacana musik pop dunia terutama pada dasawarsa 60-an yang sarat gonjang ganjing gerakan politik dan budaya.Melainkan sebuah tonggak budaya dari sebuah generasi.

Disaat dunia gonjang ganjing,muncullah gerakan musik pop sebagai bagian dari sebuah subkultur yang kerap dianggap sebagai terapi sosialistik.Ketika politik membuat seisi lingkungan kusut.maka musik yang meluruskannya.Lalu The Beatles tak lagi tampil sebagai kuartet pop bermodal rambut moptop dengan lagu-lagu semanis permen lollipop seperti awal pemunculannya di awal 60-an yang mengorbitkan histeria massal budaya pop,tapi juga pada akhirnya tertutama sejak tahun 1967 justeru menjadi medium kontemplatif namun juga beranasir gugat.

Dan seorang Paul McCartney,tanpa mengecilkan kontribusi ketiga Beatle yang lain,adalah arsitek arsitektur music The Beatles yang revolusioner itu.Terutama saat Macca dan Lennon bahu membahu membuat sebuah konstruksi dialektika budaya pop.

Seperti yang saya sitir diatas tadi bahwa Macca is a music.Itu tak terbantahkan.Lihat saja sederet data muncul saat anda ragu atas kontribusi Macca dan mencoba untuk mengooglingnya di piranti google.Maka keluarlah data seperti ,Paul McCartney bersama the Beatles telah tampil sebanyak 2523 pertunjukan diseluruh dunia,lalu bersama kelompok yang dibentuknya di era 70an Wings sebanyak 140 pertunjukan dan sebagai artis solo Macca telah merampungkan 325 konser.Dalam catatan yang lain disebutkan bahwa Paul McCartney di tahun 2009 silam saja diperkirakan memiliki asset kekayaan sekitar 750 juta poundsterling atau setara dengan 1,2 bilyun dollar Amerika.Macca juga memiliki saham di Aplle Corps serta membawahi 25.000 copyright pada MPL Communications,sebuah publishing music yang didirikannya.MPL Communications adalah perusahaan yang memayungi bisnis Paul McCartney.

Sebuah illustrasi masa depan seorang pemusik yang berakhir dengan happy ending.Kecerdasan Paul McCartney mensinergikan musik  dan bisnis jelas patut kita teladani dan kita ikuti.

Seperti halnya air muka Paul McCartney yang tetap seperti bayi,maka saya yakin bahwa berdekade-dekade kedepan musik The Beatles masih tetap terasa baru dan segar.
Happy Birthadya,Sir !

Denny Sakrie

 

Komentar
  1. subagyo santosa mengatakan:

    Setuju.Pruduktifitasnya paling tinggi diantara anggota beatles.sekitar 90 % albumnya aku Punya.

  2. arif mengatakan:

    happy birthday too Sir. ga nyangka udah hampur kepala tujuh.😀

  3. gono mengatakan:

    Kelebihan lagu Birthday itu banyak, tetapi yang paling tuob ada Yoko ikutan nyanyi, he he he.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s