Brian Wilson 69 Tahun, Tak Sekedar Anak Pantai

Posted: Juni 20, 2011 in Ulang Tahun Pemusik

Brian Wilson dalam sesi rekaman Pet Sound 1966

Boss The Beach Boys Brian Wilson hari ini genap berusia 69 tahun.Masih segar bugar,beberapa waktu lalu merilis album “Smile”,album fenomenal yang tertunda-tunda rilisnya.Brian Wilson adalah peletak dasar gagasan bermusik The Beach Boys.Selain menjadi leader of the band,lelaki kelahiran 20 Juni 1942 dengan nama lengkap Brian Douglas Wilson,juga menangani penulisan lagu hingga penataan aransemen music sekaligus tata vocal,memetik bass dan memencet bilah keyboards.Brian juga banyak bertanggung jawab untuk harmonisasi vokal, termasuk penggunaan teknik falsetto yang mengagumkan itu.Brian Wilson juga bertindak sebagai produser album-album the Beach Boys.

Harmonisasi ala the Beach Boys yang dikembangkan Brian Wilson itu pada akhirnya menjadi semacam ikonik mu

Brian Wilson

sik pop di Amerika Serikat.Setidaknya itulah riset yang dilakukan Phil Collins,drummer dan vokalis band progresif Inggeris Genesis saat melakukan proyek rekaman Duke di tahun 1980.Selepas era Peter Gabriel,memang mulai memangkas tata music berbau progresif yang menghabiskan durasi panjang dan berlembar-lembar petilan lirik itu.Di saat membuat lagu “Misunderstanding:,Phil Collins dengan sadar menyusupkan gaya harmonisasi vokal ala The Beach Boys.Ternyata perkiraan Phil Collins memang terbukti kebenarannya.Album “Duke” dengan salah satu hitnya “Misunderstanding” mendapat tempat di kuping penikmat musik Amerika Serikat.”Misunderstanding” akhirnya masuk Top 20 Billboard Hot 100 Singles Charts.

Di tahun 1967,jauh sebelum muncul album Duke Genesis,The Beatles telah merilis album fenomenal “Sgt Pepper’s Lonely Heart’s Club Band” yang diakui Paul McCartney juga menyerap inspirasi dari album “Pet Sound” nya The Beach Boys yang dirilis tahun 1966.Tapi Brian Wilson sendiri mengakui bahwa album “Pet Sound” itu justeru terinspirasi dari album The Beatles bertajuk “Rubber Soul”.

“Pet Sounds” adalah puncak kepiawaian Brian Wilson dalam bermusik bersama The Beach Boys.Album ini kerap disebut sebagai salah satu cetak biru gerakan psychedelick rock yang merebak di paruh dasawarsa 60-an.Ekspansi bunyi yang diekslorasi secara gila-gilaan justeru tertumpah habis di album dahsyat ini.

Di album yang direkam di 3 studio di Los Angeles ini,yaitu Gold Star Studios,Sunset Sound dan Western Studios ini menjadi ajang Brian Wilson untuk menerapkan metode produksi rekaman yang dikembangkannya bertahun-tahun.Pet Sound alhasil menjadi semacam zenith pencapaian Wilson dan kawan kawan..Wilson pun menerapkan teknik rekaman yang ditemukan Phil Spector “Wall of Sounds”,sang mentor sekaligus rival Wilson.

Jadi tak heran jika Pet Sound menjadi album paling essensial dalam sejarah musik pop dunia.Begitu kompleksnya tugas dan fungsi Brian Wilson di album ini,menyebabkan banyak yang menyebut “Pet Sound”  sebetulnya adalah proyek album solo Brian Wilson yang digarap bersama The Beach Boys.

Karena keberhasilan album Pet Sound,pihak Capitol Records pun member lampu hijau bagi Brian Wilson untuk menggarap proyek selanjutnya yang kemudian diberi judul “Dumb Angel” tapi kemudian buru-buru diubah menjadi “Smile”  yang dideskirpsikan sebagai “a teenage symphony to God”.Namun proyek “Smile” ini akhirnya berantakan karena mencuatnya konflik dan problematika yang menggurat The Beach Boys dan Capitol Records.

Album “Smile” ini juga yang mengakhiri petualangan kreativitas Brian Wilson yang juga tersentuh problematika kejiwaan yang akut.Dia menjadi budak narkotika dan sejenisnya.Peran Brian Wilson dalam tubuh Beach Boys pun perlahan menciut dan mengecil.

Ditahun 1975,isteri Wilson dan keluarganya meminta bantuan dari seorang terapis controversial Eugene Landy untuk mengembalikan kondisi kejiawaan Brian Wilson yang telah hancur berkeping-keping.Di tahun 1976 Brian Wilson mulai tampil di pentas pertunjukan.

Di tahun 1982 terapis Eugene landy kembali diminta untuk menjaga kondisi kejiwaan Brian Wilson yang rawan rapuh itu.Wilson mulai diasingkan dari The Beach Boys bahkan diisolasikan dari keluarganya tercinta di Hawaii.Disinilah Brian Wilson menata ulang kondisi jiwa dan kehidupannya yang berantakan.Pemulihan kondisi Wilson mulai terlihat jelas ketika dia ikut tampil dalam acara penggalangan dana kemanusiaan untuk rakyat Ethiopia “Live Aid” pada bulan Juli 1985.Di tahun itu pula Brian Wilson mulai merekam album lagi bersama The Beach Boys.

Namun tak lama berselang Brian Wilson diberitakan mengidap schizoaffective disorder bipolar type yang menyebabkan Wilson sering mendengar suara-suara yang tak diinginkan di kepalanya.

Ditahun 1989 Brian Wilson diisukan stroke karena penggunaan obat-obatan yang terlalu banyak.Konon,Eugene Landy sejak tahun 1983 telah banyak memberikan Wilson obat-obatan antipsikotik.

Sejak itu Brian Wilson sudah tidak lagi aktif dengan The Beach Boys.Wilson mulai merilis album solo di tahun 1988 bertajuk “Brian Wilson”,namun album ini gagal total dalam penjualannya.

Setelah menikahi Melinda Ledbetter di tahun 1995,Brian Wilson kembali merilis dua album solo secara serempak yaitu “I Just Wasn’t Made For these Times” dan “Orange Crate Art”.

Brian Wilson ternyata masih bisa bertahan dalam konstelasi music.Terbukti pada tanggal 22 juni 2004,Brian Wilson kembali merilis album solo bertajuk “Getting’ Over My Head” yang didukung sejumlah pemusik mulai dari Paul McCartney,Elton John hingga Eric Clapton.

Di tahun 2009,Brian Wilson merekam beberapa karya klasik komposer George Gershwin diantaranya bmelengkapi dua karya George Gershwin yang tak terselesaikan karena meninggal dunia.Album yang kemudian diberi judul “Brian Wilson Re-Imagine Gershwin” akhirnya dirilis pada 17 Agustus 2010 lalu.Karena interpretasi Wilson terhadap karya Gershwin,menjadikan Brian memperoleh “UCLA George and Ira Gershwin Award” pada tanggal 20 Mei 2011 lalu di UCLA Spring Sing.

Sebuah perjalanan musik dan kehidupan yang sarat dinamika dari seorang Brian Wilson.Seorang pemusik tangguh yang tetap gigih dan kukuh mempertahankan jati dirinya sebagai,pemusik.

Happy Birthday Brian !.

Iklan
Komentar
  1. Dimas berkata:

    Brian’s my favorite om denny, aku penggemar n kolektor beach boys hehe

    salam kenal, Dimas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s