Mitos Usia 27

Posted: Juli 24, 2011 in Kisah
Tag:,

Kurt Cobain
Jimi Hendrix
Brian Jones
Janis Joplin
Jim Morrison

Kemaren saat lagi nonton konser The Cranberries di Java Rockin’ Land tiba-tiba mendapat kabar bahwa penyanyi soul “bermasalah” Amy Winehouse telah berpulang.Saya sempat bergidik,ketika membaca berita kematiannya,Amy Winehouse berpulang di saat dia berusia ke 27.Kenapa ? Karena di era-era sebelumnya begitu banyak rock star yang meninggal dunia di saat berusia 27 tahun.Mereka adalah Janis Joplin,Jimi Hendrix,Brian Jones,Jim Morrison hingga Kurt Cobain.
Lalu kenapa 27 tahun ?
Nah,usia ini dalam industri music merupakan usia memetik sebuah keberhasilan dari sederet perjuanagn dalam bermusik,termasuk didalamnya upaya mencari jatidiri.Tapi dalam music rock,angka ini berubah menjadi sebuah angka yang sarat mistik.Penuh teka teki tak terpecahkan.Tapi menjadi dongeng menarik yang senantiasa ditelaah generasi pada setiap zamannya.
Secara psikologis usia 27 adalah usia kematangan.Sebuah maturitas.Saat dimana seseorang mulai meninggalkan kebrangasan dan kebrandalan masa remaja menuju ambang kedewasaan.Bukan hanya di dunia music,tapi dibidang bidang lain, termasuk tentunya di dunia olahraga.Dalam daftar meninggal di usia 27 pun tersebutlah seorang seniman lukis eksentrik Jean Basquiat.Tepatnya di usia itulah puncak pencapaian seseorang dalam bidang apa pun. Hell, it’s even the age when you can no longer use your young person’s railcard…27, the doorway into adulthood, is a year imbued by history with a tragic resonance.
Penikmat rock dan budaya pop masih terus mengingat disaat para pahlawan budaya pop seperti Brian Jones,Janis Joplin,Jim Morrison dan Jimi Hendrix berpulang sekitar 4 dekade yang silam.
Proses meninggalnya pun banyak berkaitan dengan penggunaan obat-obatan psikotropika yang akut dan kronis.Brian Jones,gitaris The Rolling Stones yang juga seorang pengguna narkoba,malah dikaitkan dengan gosip sengaja dibunuh dan aspek lainnya.Semua serba gelap,penuh misteri dan tak terungkap tuntas secara jelas hingga detik ini.
Di tahun 1994 pemuka Nirvana Kurt Cobain pun wafat diusia 27 tahun setelah menembak dirinya sendiri yang ternyata memang sudah dirasuki heroin hingga valium.
Keterkaitan pemusik dengan penggunaan drugs dan sejenisnya memang telah lama tercatat dalam sejarah musik pop yang entah kenapa ujung kehidupan mereka lalu berlumur misteri dan gosip pembunuhan.Contihnya pemusik kulit hitam biang Delta Blues Robert Johnson yang konon diwartakan meninggal karena sengaja diracuni.
Kurt Cobain pun menyisakan banyak misteri terutama kecurigaan banyak pihak bahwa Courtney Love isteri Kurt Cobain,sebagai dalam pembunuhan atas kematiannya suaminya itu sendiri. Usia 20an tahun itu memang merupakan pencarian jatidiri dalam fase kehidupan manusia entah itu dalam mencari pekerjaan,pengembangan karir dan kehidupan romansa.Itu pasti.Tujuan hidup,ketenaran atau popularitas,materialistik dan kesuksesan adalah sesautu yang berseliweran di depan mata kita untuk kita tangkap.Dan ketika berhasil menangkapnya,tak jarang justeru muncullah yang namanya sebuah kegamangan tiada ujung.Sesuatu yang terasa paradoks.Karena keberhasilan yang berhasil diraih atau dicapai malah bagai sebuah fatamorgana yang berkilauan tapi tak bermakna apapun dalam sebuah kondisi kejiwaan yang rapuh.
Dalam situasi grown up seperti itu justeru yang membumbuung tinggi adalah sebuah fase ketidaksiapan menghadapi kenyataan yang terpampang dalam sebuah etalase kehidupan.
Hal semacam itu pulalah yang mencuat dalam kehidupan seorang bintang baru (saat itu) yang bernama Amy Winehouse.Amy seperti tak bosan-bosannya berkubang dalam ketidakpastian.Dalam kenikmatan semu sesaat yang tiada arti sama sekali.Amy bahkan menafikan prestasi yang telah diukirnya secara bersusah payah.Kehampaan yang dialami Amy rasanya memang senantiasa lekat dalam dunia seoarng bintang dalam industri hiburan yang sarat kerlap kerlip nan memukau.
Apakah masih ada artis musik yang akan menambah deretan panjang mitos kematian di usia 27 tahun ini ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s