Menemukan (kembali) Foto Chrisye

Posted: September 1, 2011 in Kisah

Ini adalah catatan saya di tahun 2008 silam :

Jumat malam kemarin26 September 2008 sehabis  menunaikan sholat Taraweh, di rumah saya membongkar kembali tumpukan foto foto kuna alias jadul yang nyaris 30 tahun terkungkung dalam koper kayu .Satu persatu satu saya keluarkan dengan hati.Tangan saya pun bersemai debu.Jari jemari saya pun berubah kehitaman  .Dan alhamdulillah kondisi fotonya masih dalam keadaan baik dan sempurna.Meskipun ada penyesalan karena negatif filmnya raib entah kemana.Mungkin terselip saat menikah dahulu di tahun 1995 silam.

Kebetulan minggu-minggu ini saya memang lagi mencari koleksi foto yang pernah saya jepret dan berkaitan dengan pemusik Pegangsaan.Kenapa ? Ya karena sekarang ini saya tengah menggarap buku musik yang menceritakan perjalanan musik anak-anak Pegangsaan dalam industri musik di negeri ini.Job bikin buku ini datang dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Adhyaksa Dault .

Kaget juga saya,ketika awal bulan  September 2008 ini, salah seorang staff  dari Menpora yaitu Bapak Drs Zulfikar Akbar,Psi menghubungi saya dan meminta saya untuk menulis tentang perjalanan musik anak-anak Pegangsaan.”Kenapa Pegangsaan pak ? “sergah saya,tak habis pikir

.”Karena para pemusik yang ada di Pegangsaan bisa dianggap memberikan kontribusi untuk perkembangan musik pop Indonesia” katanya.”Bah,dapat data dan analisa dari mana si bapak ini” pikir saya.

Dan lelaki kurus,paruh baya,sedikit brewok dan berkacamata lalu berbicara panjang lebar.Dia berargumen.Saya hanya mendengar saja.”Selama ini Menpora sering dianggap hanya care pada bidang olahraga atau prestasi pendidikan saja.Sebetulnya musik pun seharusnya diberi tempat khusus” tandasnya lagi.Saya pun tanpa sadar mengangguk.

Betul juga,pemusik mana atau selebritas mana sih yang tak pernah mampir di Pegangsaan 12,rumah keluarga Nasution yang berdampingan dengan rumah keluarga Chrisye yang terletak di Pegangsaan 12 B.Guruh Soekarno Putera,Eros Djarot,Christine Hakim,Adrie Subono,Rinny Noor,God Bless,The Rollies,The Mercy’s,Sys NS,Addie MS,Ikang Fawzy,Idris Sardi,Pontjo Soetowo,Roy Marten,Berlian Hutauruk,Henny Purwonegoro,Mus Mualim,Titiek Puspa,Enteng Tanamal dan masih sederet panjang lagi.

Dari pergulatan,pergaulan,kerja bareng dan entah apa lagi istilah yang terjadi di Pegangsaan 12 ini muncullah beberapa masterpiece musik (pop) Indonesia seperti Guruh Gipsy,Badai Pasti Berlalu,Barong’s Band,Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors,album solo Chrisye,Keenan Nasution,Harry Sabar dan banyak lagi.Torehan karya mereka jelas memberikan kontribusi yang tak sedikit untuk warna musik (pop) Indonesia.

Nah,kembali ke penemuan foto Chrisye………Foto yang terpampang diatas ini saya jepret pada tahun 1979 .Saat itu saya baru saja lulus SMP dan tengah siap siap masuk  SMA.Di tahun itu Chrisye(bass,vokal)  bersama Badai Band  yang antara lain didukung Yockie Soerjoprajogo (keyboards) ,Keenan Nasution (drums) ,Roni Harahap (piano,synthesizers),Oding Nasution (gitra elektrik)  dan Fariz RM (drums) t engah menggelar konser di Gedung Olahraga Mattoanging Makassar.Seingat saya yang punya hajat mendatangkan band yang tengah jadi pembicaraan khalayak itu adalah sekelompok mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar.

Foto diatas memperlihatkan Chrisye yang tengah melantunkan lagu “Anak Jalanan” karya Guruh Soekarno Putera dari album “Sabda Alam” (Musica Studio 1978).Chrisye mengenakan setelan putih putih sambil membekap bass bermerk Ibanez warna hitam.Bass ini sekarang  ternyata menghiasi salah satu dinding memorablia Hard Cafe Jakarta yang terletak di Ex Plaza Thamrin Jakarta.

Chrisye menyanyikan “Anak Jalanan” di GOR Mattoanging Makassar 1979

Tinggalkan Balasan

