Duet Drum……Sekedar Ngedrum Bareng ?

Posted: Oktober 12, 2011 in Wawasan

Duet Drum……adalah salah satu daya tarik dari sebuah konser rock. Duet drum paling fenomenal adalah dari kelompok southern rock The Allman Brothers Band.

The Allman Brothers Band

Serta sudah pasti adalah duet drum dari Genesis,yang mempertemukan Phil Collins dan Vill Bruford dalam serangkaian tur kelompok rock progresif Inggeris  Genesis di tahun 1976 dan duet antara Phil Collins dan Chester Thompson,drummer jebolan Frank Zappa dan Weather Report .

Genesis 1976

Dalam King Crimson pun pernah terjadi duet drum antara Bill Bruford dan Pat Mastelotto.Ketika Yes melakukan “reuni” di tahun 1990,Bill Bruford pun melakukan duet drum dengan Alan White.

Di Indonesia sendiri duet drum telah dilakukan God Bless pada tahun 1974 dengan mempertemukan Fuad Hassan dan Keenan Nasution.Ini merupakan salah satu konser terbaik God Bless.Sayangnya setelah duet drum tersebut,Fuad Hassan mengalami kecelakaan lalu lintas di Pancoran.Posisi Fuad yang ayah Alba Fuad itu lalu digantikan oleh Keenan Nasution.

Di tahun 1978 Keenan Nasution menggelar konser tunggal “Negeriku Cintaku” di Teater Terbuka TIM yang juga menampilkan duet drum antara Keenan Nasution dan Fariz RM.Duet drum ini berlanjut pada Badai Band.Badai Band yang dihuni almarhum Chrisye,Yockie Suryo Prayogo,Roni Harahap dan Oding Nasution ini mungkin adalah band yang paling konsisten menampilkan duet drum.Yaya Moektiopun pernah mendukung formasi Badai Band  .

Duet drum Keenan Nasution dan Fariz RM di Taman Ismail Marzuki November 1978

Iklan
Komentar
  1. Rizki berkata:

    Mas Denny,
    Setuju sekali drum duet menambah daya tarik konser. Waktu Phil konser disini, pasangan duetnya adalah drummer Ricky Lawson (Yellowjackets, session player). Sementara Chester Thompson waktu di Zappa juga bermain duet dengan drummer Ralph Humphrey (session player).

    Beberapa duet drum lainnya tang saya tahu:
    1) Terry Bozzio dengan Chad Wackerman, kedua-duanya ex Zappa band. Mereka menerbitkan CD dan DVD khusus duet drums dan beberapa kali konser.
    2) Terry Bozzio dengan Pat Masteloto (Mr. Mister, King Crimson) dalam proyek HoBoLeMa dan BoMo.
    3) Band 38 Specials
    4) Band Doobies Brothers.

    Salam,
    Rizki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s