Phil Collins Pensiun Dari Dunia Musik Di Usia Senja

Posted: Januari 31, 2012 in Uncategorized

Phil Collins

 
Selamat malam .Terimakasih  atas kehadiran anda.Apa kabar ? Saya bangga dan bahagia berjumpa dengan anda ……” itu ucapan Phil Collins dalam bahasa Indonesia sebelum menyanyikan lagu “I Wish Would Rain Down “ ,menyapa penonton Jakarta di  Ancol Jakarta pada malam minggu 25 Maret 1995.Kedatangan Phil Collins saat itu dalam rangka tur Both Side World Tour.
Penonton terkesima karena Phil Collins mengucapkan kalimat bahasa Indonesia itu dengan baik.Kalimat itu dibaca Collins dari 3 lembar kertas yang digenggamnya.Aplaus pun mengudara.Collins memang pintar memikat perhatian penonton.Dia memang ramah dan hangat.Saya pun masih terkesima ketika siangnya bertemu Phil Collins di Horison Hotel Ancol .Dengan antusias Phil Collins mencoretkan namanya diatas kover piringan hitam saya,album Genesis Live yang dirilis tahun 1973.Air mukanya selalu cerah.Kerap tersenyum.Phil Collins memang sosok yang sangat humoris.Kejenakaannya itu kerap ditampilkannya di pentas pertunjukan, baik ketika bersama Genesis maupun konser solonya.Karena rasa humornya itu,mengakibatkan banyak penggemar Genesis tak menyukainya.Bagi mereka Genesis adalah band serius dan rada sakral.
Ketika Phil Collins melucu, hal itu dianggap sebuah kekonyolan. Tapia pa mau dikata,popularitas Genesis memang membumbung tinggi saat Phil Collins mengambil posisi vokalis utama ketika Peter Gabriel mengundurkan diri di tahun 1975, setelah album “The lamb Lies Down On Broadway” dirilis.
Tepat hari ini senin 30 Januari,Phil Collins yang bernama lengkap Phillips David Charles Collins  genap berusia 61 tahun.Collins memang telah memasuki  ambang senja.Sangat disayangkan pula,Collins telah memutuskan diri putus dari dunia musik.Dia tak lagi menabuh drum dan bernyanyi untuk Genesis,band rock progresif yang dimasukinya pada tahun 1970.saat itu Collins membaca iklan di Melody Maker yang mencari seorang drummer yang menyukai sentuhan musik akustik terutama dari bunyi-bunyian gitar 12 snar.Collins yang saat itu tergabung dalam trio Flaming Youth tertarik.Collins lalu diundang mengikuti audisi di rumah orang tua Peter Gabriel.Genesis akhirnya memilih Phil Collins sebagai drummer.Tak hanya itu,Phil Collins pun diminta menjadi vokalis bayangan bagi Peter Gabriel.Ketika  Peter Gabriel mundur dari Genesis ,Phil Collins telah terbiasa menempati posisi sebagai vokalis.
Ketika posisi frontman dipegang Phil Collins,Genesis mulai terlihat sukses secara komersial.Album Genesis “And Then There Were Three” (1978) berhasil menembus chart Billboard di Amerika,disusul album “Duke” (1980),Abacab (1981),Genesis (1983),Invisible Touch (1986)  dan seterusnya.
Di tahun 1996 Phil Collins menyatakan mundur dari Genesis untuk lebih berleluasa dalam solo karir yang telah dikuakkannya pada tahun 1981.Posisi Phil Collins lalu diganti Ray Wilsons.Di tahun 1999,Genesis melakukan reuni dengan mengajak gitaris Steve Hackett dan vokalis Peter Gabriel dalam single “Carpet Crawlers” yang menjadi bagian album kompilasi hits Genesis “Turn It On Again The Hits.Tahun 2007 Phil Collins kembali bergabung dengan Genesis.Genesis kemudian melakukan tur ke Eropa dan Amerika Utara dengan nama “Turn It On Again The Tour”.Reuni Genesis ini sama sekali tak menghasilkan sebuah album baru.
Selain bersama Genesis,Phil Collins tetap menjalani karir solonya dengan merilis “Going Back” di tahun 2010.Album ini merupakan dedikasi Phil Collins terhadap hits besar Motown Record di era 60an hingga 70an.
Tak lama setelah melakukan tur untuk album “Going Back”,pada tanggal 4 Maret 2011 Phil Collins mengumumkan bahwa dia berhenti dari semua kegiatan musik, baik bersama Genesis maupun karir tunggalnya.
Alasan pengunduran diri Phil Collins terutama karena alas an kesehatan yang tak memungkinkan dirinya untuk tampil maksimal menekuni karir musiknya.Phil bertutur bahwa gangguan yang terjadi pada kedua tangannya yang menyebabkan dia tak lagi mampu menabuh drum.Gangguan pada kedua tangannya itu merupakan akibat dari hasil operasi yang dilakukan Phil Collins terhadap gangguan yang terjadi pada lehernya.Bahkan sejak tahun 2000 Phil Collins mengalami gangguan pendengaran pada telinga kanannya.
Tak lama berselang Phil Collins melalui situs pribadinya mengatakan bahwa dia pension dari dunia musik karena ingin lebih mencurahkan perhatian kepada kelaurganya.
Tak sedikit yang kecewa dengan keputusan yang diambil Phil Collins,sosok midas dalam industri musik ini.Sejak era 80an,Phil Collins memang tak ada bedanya dengan Midas dari mitologi Yunani,tentang seorang raja yang memiliki kemampuan unik,setiap tangannya menyentuh sesuatu selalu berubah menjadi emas.
Saat itu Phil Collins adalah pemusik,komposer hingga produser musik  yang bergelimang kesuksesan.Dalam catatan yang dilakukan Sunday Times tentang daftar orang-orang kaya di sepanjang tahun 2011,Phil Collins diestimasikan memiliki pendapatan sekitar 115 juta pound sterling.Nama Phil Collins masuk deretan Top 20 Rich List of 2011 dalam skala industri music Inggeris.
Apakah mungkin karena kekayaan yang berlimpah ini yang membuat Phil Collins memutuskan untuk berhenti   atau pensiun dari dunia musik ? .
Selamat ulang tahun Phil !
Iklan
Komentar
  1. ibnoe berkata:

    Met Pensiun Mr. Collins..
    baik album genesis maupun solo anda.. tetap tersimpan rapih dlm koleksi pribadi saya n slalu didengar setiap ada kesempatan..
    buat penulis di blog ini..
    Makasih bngt reviewnya

  2. oryza sierad berkata:

    Uncle, you’re always, always, always superb! Have a lovely pension.

  3. michael alfonsius berkata:

    pill colins the good komposer..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s