Perlukah Museum Musik Indonesia ?

Posted: Oktober 27, 2012 in Uncategorized

dari kiri wartawan Theodore KS,Benny Panjaitan dan Dimas Wahab

Perlukah Museum Musik Indonesia ?…………

Apakah yang akan kita jawab,jika meluncur pertanyaan yang menyergah semacam itu.Pasti,sebagai rakyat Indonesia,kita akan menyerukan…..PERLU.Namun sampai detik ini,kita memang belum memiliki museum khusus yang menampung khazanah musik Indonesia dari jaman dahulu hingga sekarang.sayangnya,hal semacam ini terkadang memang selalu tak masuk dalam skala prioritas.Seringkali kita gelagapan jika banyak orang dari luar negeri yang menanyakan sdebetulnya industri musik pop Indonesia itu dimulai sejak tahun kapan ? Lalu muncul pertanyaan mengenai artis musik,album-album yang pernah dihasilkan.Berapa banyakkah perusahaan rekaman yang pernah berdiri di Indonesia.Siapakah pencipta lagu ini atau itu ?.Dan segudang pertanyaan lainnya.Kita memang tak bisa menjawab dengan eksak.Bahkan jika kita melakukan investigasi di internet dengan googling,tetap hasilnya tak bisa maksimal.Tak bisa tinggal klik seperti khazanah musik di Amerika Serikat,Inggeris atau negara-negara maju lainnya.Pendek kata,kejadian,peristiwa,karya-karya,apa dan siapa sosok yang berkecimpung di dunia musik Indonesia nyaris tak terdokumentasi secara akurat.Cukup memprihatinkan memang.

Nah dengan dasar dasar itulah,sekelompok insan musik Indonesia,tadi sore jam 15.00 WIB melakukan pertemuan awal untuk mewujudkan yang namanya Museum Musik Indonesia.Secara kronologis gagasan ini mencuat ketika Sys NS dan saya tengah berada di lokasi taping acara Zona 80 di Metro TV pada September 2008 silam.Saat itu,tercetus gagasan Sys NS untuk membuat Museum Musik Indonesia.Dia langsung mengangsur pendapat ke saya.”Sebetulnya ide ini sudah pernah dilakukan banyak pihak beberapa tahun lalu.Namun selalu berbenturan dengan pendanaan.Siapakah yang akan memayungi museum ini.Itulah pangkal persoalannya” ujar saya.

“Oke,mestinya ini ditangani Pemerintah.Sebagai langkah awal saya akn menemui Menteri Jero Wacik,untuk mengemukakan gagasan ini” tukas Sys NS.

Lalu,tadi pagi,sekitar jam 9.45 WIB,Sys NS menelpon saya :”Saya sudah ketemu pak Jero Wacik.Dia tertarik dengan gagasan museum musik itu.Nah,gimana kalo sore nanti kita bikin pertemuan dengan beberapa orang yang punya kompeten atau care di musik Indonesia.Setelah itu baru kita bikiin secara tertulis dan menghadap Jero Wacik” ungkap Sys NS.

Dan,lalu dilist-lah nama nama seperti Bens Leo (pengamat musik),Theodore KS (pengamat musik),Seno M Hardjo (produser rekaman),,Denny MR (wartawan musik),Denny Sakrie (pengamat musik),David Tarigan (label rekaman),Dimas Wahab (pemusik dan pengusaha) ,Benny Pandjaitan (pemusiki),Imran Amir (pengusaha radio) ,James F Sundah (pemusik)  dan Harry Sabar (pemusik)  untuk melakukan pertemuan  .

Ternyata yang bisa hadir tadi sore adalah Dimas Wahab,Theodore KS,Imran Amir,Harry Sabar,Benny Pandjaitan,Denny Sakrie dan Sys NS.

Secara santai kami lalu menyusun renacan untuk membuat semacam usulan mengenai terbentuknya Museum Musik Indonesia yang akan menampung dan mendokumentasikan pelbagai hal yang berkaitan dengan Khazanah Musik Indonesia.Kami saling melempar ide tentang idealnya sebuah Museum Musik.Ini memang baru langkah awal dari sebuah idealisme yang moga-moga bisa menciptakan Sejarah Musik Indonesia yang akurat dan sahih.

Kami butuh dukungan dan bantuan dari kalian semua.

Hidup Musik Indonesia

Harry Sabar (pemusik) dan Imran Amir (radio Prambors)

Komentar
  1. sendy mengatakan:

    halo om denny, salam kenal, nama saya sendy salah satu mahasiswa arsitektur sedang menghadapi tugas akhir, kebetula proyek tugas akhir yang saya ajukan adalah wadah pelestarian film dan musik lawas (70an-90an) tanah air. menurut om denny sendiri fasilitas apa saja yang dibutuhkan didalam wadah tersebut jika terealisasi, masukan dari pendapat dari om denny akan sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir saya. terima kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s