Soundtrack Terbaik Era 70an : Pengantin Remadja

Posted: Oktober 27, 2012 in Uncategorized

Inilah salah satu soundtrack film terbaik di era 1970-an,disamping “Cinta Pertama” (1975)  dan “Badai Pasti Berlalu” (1977).

“Pengantin Remadja” karya almarhum Wim Umbog di tahun 1971 memang seolah hibrida dua film “Love Story” dan “Romeo & Juliet” yang menokohkan  Romi (Sophan Sophiaan),lelaki muda yang tengah  mengalami kesulitan dalam hubungan percintaannya dengan teman sekolahnya, Juli (Widyawati). Kesulitan datang dari orangtua Juli, seorang petani kaya (WD Mochtar), yang tidak bisa percaya pada Romi yang punya latar belakang besar di luar negeri karena ayahnya memang seorang diplomat. Romi sendiri dijodohkan oleh eyangnya (Fifi Young) dengan seorang gadis Solo (Ratih Dardo), tidak bisa berpaling dari Juli. Ketidaksukaan petani kaya tadi semakin menjadi saat memergoki Romi dan Juli telanjang berdua di tengah padang rumput. Bahkan Basuki (Kusno Sudjarwadi), ikut kena labrak, hingga menulis testamen mengutuk Romi bila kawin dengan Juli. Sikap kedua orangtua itu kemudian berubah saat dokter (Aedy Moward) menemukan penyakit kanker darah pada Juli. Hidupnya divonis tinggal sebulan lagi. Perkawinan pun berlangsung meski hanya sebulan. kematian Juli tak terelakkan. Di malam kematian, Romi berangkat duluan dengan janji ketemu dalam waktu tidak lama. Juli meninggal dengan tenang di ranjang dan hanya kartu penduduk Romi yang kembali ke rumah orangtuanya.

Music Score nya digarap oleh maestro Idris Sardi.Idris yang liris pun menuliskan theme song “Pengantin Remadja” yang dinyanyikan Widyawati,pemeran utama pere,puan yang sebelumnya memang pernah tergabung dalam kelompok vokal Trio Visca bersama 2 saudara kandungnya.Ketika album soundtrack ini dirilis pada tahun 1971 oleh Mutiara Record,sempat timbul kehebohan,karena notasi lagu ini agak memiripi theme song “Love Story” yang diciptakan oleh Francis Lai.

Pada soundtrack album “Pengantin Remadja”,musik didukung oleh The Crabs,band yang dibentuk Bambang Trihatmodjo Soeharto.Band yang mangkal di Jalan Cendana ini terdiri atas Bambang Trihatmodjo (bass),Ade Anwar (vokal utama),Daddy (gitar),Aling (drum),Chano (keyboard) dan Harry Santoso (gitar).

Lagu “Pengantin Remadja” sendiri ditulis oleh Idris Sardi bersama Sjumandjaja dan Broery Marantika..Lagu lagu lain yang terdapat di album soundtrack ini ditulis oleh almarhum A.Riyanto,Is Haryanto dan Harry Toos dari Favorite’s Group.

Karakter lagunya memang cenderung melodrama,sesuai dengan alur cerita filmnya.Dalam lagy “Tjinta Sedjati” karya A.Riyanto,terasa pengaruh lagu “J’etaime Plus Non Moi” nya Jane Birkin dan Serge Gainsboroug.Aura romantik berbaur dengan atmosfer erotik.Lagu ini pun ditata dalam gaya instrumental dengan imbuhan voicing antara Sophan Sophiaan dan Widyawati.Dalam salah satu spoken word-nya Sophan berucap :”Apapun yang terjadi kita akan menjadib suami-isteri”.

Namun yang dramatis adalah “Surat Romi” yang memperdengarkan suara Sophan Sophiaan membacakan surat terakhir pada Yuli,dengan iringan derai tangis Yuli (Widyawati) :

  Yuli,Yuli sayang !

Kalau kau terbangun bersama matahari pagi membaca surat ini,jangan sesali burung burung yang berkicau dan alam sekitarmu yang tertutup kabut.Hidup nyatanya begitu singkat untuk kita berdua.Juga jangan sesali ini,karena betapapun kebahagiaan sudah pernah kita reguk bersama berdua…..sampai ke dasar.

 

TRACKLIST

1.Pengantin Remadja

2.Disimpang Djalan

3.Perkenalan Pertama

4.Difitnah

5.Tjinta Sedjati

6.Picnic.

7.Pernikahan

8.Rina

9.Derita Hatiku

10.Surat Romi

11.Pesta Pengantin

 

 

Denny Sakrie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s