Album Terbaik 2012 “Lonerism – Tame Impala (2012)”

Posted: Desember 28, 2012 in Tinjau Album

Banyak orang yang suka menuding bahwa musik menunjukkan usia.Maksudnya mungkin,jika seseorang menyukai sebuah genre atau subgenre musik maka akan tertebaklah musik apa yang disukai.Bisa iya bisa juga tidak. Ini memang hal yang nisbi.Hal ini memang terjadi ketika saya membeli album debut “Innerspeaker” (2010) Tame Impala  ,band anak muda yang berasal dari Australia yang digagas Kevin Parker.

”Pasti mas Denny suka dengan Tame Impala.Agak Beatlesque dan psychedelic” ujar si anak muda yang menjadi pramuniaga sebuah took vinyl di selatan Jakarta.Anak muda itu benar,muatan musik yang disuguhkan Tame Impala memang beratmosfer psychedelick 60s.Ada harmoni The Beatles terutama gesture vokal Kevin Parker yang mau gak mau mengingatkan saya pada mendiang John Lennon.

Kevin Parker adalah Tame Impala,begitu pula sebaliknya.Ketika album Lonerism,album kedua Tame Impala dirilis Oktober 2012 baru baru ini,saya buru buru mengakui inilah band sekarang yang saya sukai.Bukan karena ada kepingan-kepingan nostalgia dari struktur dan esensi musiknya.Tapi karena Tame Impala mampu menempatkan aura band masa lalu sebagai ingredient yang menjadi adonan musiknya.Kevin Parker menurut saya bukanlah pemusik retro yang menghambakan diri pada kegemilangan musik pop masa lalu, tapi bagaimana Parker dengan cerdas menempatkannya sebagai picu kreativitas.

Konsep Tame Impala memang banyak meluncur dari benak Kevin Parker.Di album Lonerism ini Kevin Parker nyaris menulis sekitar 12 lagu,dua diantaranya yaitu  Apocalypse Dreams dan Elephant digarap bersama Jay Watson.

Divisi lirik Tame Impala pun patut distabillo bosskan,seperti pada lagu Elephant :

Well, he feels like an elephant
Shaking his big grey trunk for the hell of it
He knows that you’re dreaming about being over him

Kevin Parker banyak bermain tekstural dalam penggarapan sound yang menautkan bunyi gitar hingga keyboards.Kevin Parker adalah arsitek yang membangun jembatan yang menghubungkan antara perangai musik pop masa lalu dan masa kini   .Simak Be Above it yang memperkuat argument saya tentang kejeniusan Kevin Parker.

Lalu introduksi gitar yang meliuk-liuk dengan latar flanger sound dalam Endors Toi ini membuat kita terperangkap dalam sebuah déjà vu psikedelik.Penikmat The Beatles era Revolver pasti seperti menemukan sebuah reinkarnasi yang nyata di lagu ini.

Teknik falsetto yang diterapkan Kevin Parker pada Apocalypse Dreams ini juga seperti sebuah tamasya tak berujung.Parker memang bukan Lennon ,tapi Parker memiliki sudut pandang dan jejal visi musical yang rasanya sepadan dengan Lennon.

Agak sulit memilih mana track yang paling apik di album Lonerism ini.Harmoni vokal yang diimbuh detak drum,gitar dan bas ini rasanya telah menjadi signature Tame Impala terutama pada lagu Mind Mischief yang  sonikal itu.Pilihan notasi yang elegan pun yang membuat saya pada akhirnya memilih album Lonerism sebagai album mancanegara terbaik 2012 versi saya tentunya .

Tracklist

1.Be Above It

2.Endors Toi

3.Apocalypse Dreams

4.Mind Mischief

5.Music To Walk Home By

6.Why Won’t They Talk To Me ?

7.Feels Like We Only Go Backwards

8.Keep On Lying

9.Elephant

10.Sje Just Won’t Believe Me

11.Nothing That Has Happened  So Far Has Been Anything  We Could Control

12.Sun’s Coming UpImage

Iklan
Komentar
  1. FEELS LIKE WE ONLY GO BACKWARDS DARLING !

  2. dennysakrie63 berkata:

    yeah it’s lovely tunes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s