Pelawak Sunda (Nyaris) Punah ?

Posted: Januari 17, 2013 in Opini

dbodorDekabayanJudul diatas bukan untuk cari sensasi.Tapi memang terbersit dari benak saya manakala secara berturut-turut dalam selang waktu sekitar sebulanan,dua pelawak senior Jawa Barat yaitu Yan Asmi dan Abah Us Us telah berpulang menghadap sang khalik.Keduanya bahkan tergabung dalam satu grup lawak bertajuk D’Bodors.Nyaris tak ada lagi regenerasi dalam deretan pelawak yang bermuasal dari Pasundan.Ini jelas jelas memprihatinkan.Apakah sudah tak ada lagi seniman Bandung yang tergerak untuk berprofesi sebagai pelawak.Di era 70-an dan 80-an setidaknya ada 3 “kubu” pelawak yang mengandalkan logat atau dialek daerah yaitu dialek Jawa,dialek Betawi (bisa dibaca : Lenong) dan dialek Sunda.
Deretan para bodor dari Sunda yang memiliki reputasi nasional dengan dialek Sunda tercatat antara lain adalah Abah Us Us,Rudy Djamil,Kang Ibing,Aom Kusman hingga Sup Yusup.Salah satu yang menarik dari pelawak Sunda ini adalah bahwa mereka menampilkan komedi secara komplit yaitu membaurkan lawak dan musik.Selain mampu mengocok perut dan memancing tawa,biasanya meeka terampil bernyanyi bahkan bermain musik,termasuk diantaranya mencipta lagu.
Mungkin anda masih ingat bahwa ada 2 pelawak Sunda yang diajak kelompok Bimbo dalam beberapa album mereka yang dirilis Remaco pada paruh 70-an yaitu Rudy Djamil dan Kang Ibing.Mereka ikut menulis lagu pula.Bahkan Rudy Djamil bersama Bimbo menyanyikan lagu “Main Kim” yang sempat ngetop itu.Sup Yusup yang diajak bergabung oleh almarhum Ateng dan Iskak itu pun kerap bersenandung di panggung.
Bandung dan sekitarnya memang daerah sejuk yang banyak menghasilkan seniman penghibur yang cenderung bodor dan heureuy.
Pelawak senior Us Us yang mulai tampil pada paruh 60-an itu juga merupakan sosok pelawak yang musikal.Saat itu Us Us kerap dijuluki Jerry Lewis Indonesia.
Us Us mendirikan D’Bodor,sebuah kelompok lawak yang tetap eksis hingga kedua pendukungnya (Us Us dan Yan Asmi) meninggal dunia.D’Bodors telah empat kali ganti formasi.Yang pertama Us Us bersama almarhum Teten Ahmad dan almarhum Dori.Teten lalu diajak bergabung dalam acara Ria Jenaka TVRI bersam Sampan Hismanto,Slamet Harto serta Ateng dan Iskak.Teten di acara itu lalu kerap dikenal sebagai Mono.
Pada formasi kedua D’Bodors,Us Us mengajak Rudy Djamil dan Sup Yusuf.Tetapi Rudy Djamil kemudian tampil sendiri sebagai master of ceremony dengan celutukan Sunda yang tetap nempel sampai sekarang.Sedang Sup Jusuf bergabung bersama Ateng dan Iskak,setelah keduanya memisahkan diri dari Kwartet Jaya-nya Eddy Sud.
Selanjutnya Us Us hanya berdua tampil dengan Sambas.Lalu D’Bodor lebih berkibar dengan masuknya Yan Asmi (Uyan) dan Kusye (Engkus).Bahkan trio lawak Sunda ini pun menghasilkan beberapa album kaset lawak dan lagu.
Kompetitor D’Bodor saat itu adalah De Kebayan yang terdiri atas Kang Ibing,Aom Kusman serta Suryana Patah yang selalu didapuk sebagai Babah Ho Liang.De Kebayan pun senantiasa hadir dengan konsep Lawak dan Lagu.
Di luar itu,mulailah muncul kelompok lawak dan musik alternatif yang berasal dari tembok kampus Universitas Padjadjaran dan Parahyangan.Awalnya para mahasiswa ini terlibat dalam lakon hiburan bernuansa komedi terutama menampilkan karya karya komedi parodi.Para mahasiswa kedua universitas itu mengusung nama Kelompok Padhyangan yang merupakan akronim dari Padjadjaran dan Parahyangan.
Memasuki era 90-an kelompok ini lalu mulai merambah industri musik dan TV dengan nama Padhyangan Project bahkan kemudian berhasil melakukan semacam regenerasi dengan munculnya Project Pop yang hingga saat ini masih tetap eksis.
Tapi diluar Project Pop,hampir tak ada lagi terdengar kiprah kelompok komedi Bandung yang mampu berbicara secara nasional.Bahkan wujudnya pun hampir tak ada sama sekali.
Betul betul sangat disayangkan.Apakah dunia lawak atau komedi sudah tidak menimbulkan “nafsu” lagi bagi seniman Bandung ?.
Siapa yang mau menjawab ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s