Reuni Band Adalah Bisnis ?

Posted: Juni 30, 2013 in Uncategorized

Slank reuni di Soundrenaline 2013 Stadion Maguwoharjo Yogyakarta 29 Juni 2013 (Foto Rolling Stone)

Slank reuni di Soundrenaline 2013 Stadion Maguwoharjo Yogyakarta 29 Juni 2013 (Foto Rolling Stone)

 Rasanya tak ada kehebohan yang paling utama disepanjang era 70an saat sebagian besar masyarakat dunia menginginkan The Beatles melakukan reuni setelah resmi membubarkan diri di tahun 1970.Bubarnya kuartet pop asal Liverpool ini,patut diakui sangat menggetarkan dunia.Siapa pun rasanya tak ikhlas dengan bubarnya The Beatles, band yang telah melakukan revolusi musik pop. Banyak upaya yang dilakukan orang agar The Beatles bersedia rujuk dalam sebuah reuni yang manis.The Beatles yang terdiri atas John Lennon,Paul McCartney,George Harrison dan Ringo Starr bergeming.Bahkan pendekatan-pendekatan yang dilakukan petinju Muhammad Ali untuk membujuk rujuknya The Beatles pun berakhir dengan sia-sia.

Dalam salah satu wawancara yang dilakukan David Sheff dari majalah Playboy  terhadap John Lennon di tahun 1975 jelas-jelas John menampik gagasan untuk melakukan reuni The Beatles.

Ini kutipan wawancara majalah Playboy tersebut :

PLAYBOY: John, you’ve been asked this a thousand times, but why is it so unthinkable that the Beatles might get back together to make some music?

LENNON: Do you want to go back to high school? Why should I go back ten years to provide an illusion for you that I know does not exist? It cannot exist.

Secara logika, saya memang sependapat dengan apa yang dikatakan John Lennon perihal reuni the Beatles.Reuni adalah upaya paling tak kreatif.Reuni adalah upaya sentimental yang ujung-ujung bernuansa nostalgia.Reuni seperti sebuah perjalanan mundur yang nyaris tak berdampak apa pun kecuali nostalgia.Reuni bagaikan seorang sarjana yang kemudian kembali menekuni ulang pelajaran-pelajaran semasa SMA. Saya setuju dengan pendirian John Lennon yang keras dan lugas itu.

Dari kredo konsep dan kreativitas sebuah reuni memang tak memiliki alas an kuat untuk mengemukakan kembali gagasan-gagasan yang baru.

Dalam wawancara yang dilakukan majalah Shortlist pada Juli 2012, bassist Paul McCartney menjawab pertanyaan tentang reuni the Beatles. “Jika John dan George masih hidup kemungkinan besar kita berempat mau melakukan sebuah reuni.Hal itu bias saja terjadi Kita bias melakukan reuni untuk sebuah Big Anniversary,Big Charity atau apa saja.Tapi untungnya itu tak pernah kita lakukan sama sekali.I’m glad we didn’t “  tutur Paul McCartney.

Ketika The Police melakukan reuni di tahun 2007 tampaknya senada dengan apa yang diungkapkan Paul McCartney diatas tadi.The Police yang terdiri atas Sting,Stewart Copeland dan Andy Summers toh hanya melakukan tur reuni dengan memainkan sejumlah repertoar lama The Police.Mereka sama sekali tak lagi guyub untuk mengerjakan album baru dengan materi-materi lagu baru.Bagi The Police tur reuni hanya sebuah peristiwa bisnis belaka.Seusai tur reuni tiga personil The Police kembali ke habitat masing-,masing.

The Police melakukan tur reuni di tahun 2007

The Police melakukan tur reuni di tahun 2007

Mungkin agak berbeda dengan yang dilakukan Black Sabbath.Reuni Black Sabbath yang terdiri atas Ozzy Osbourne,Tony Iommi dan Geezer Butler ini tak hanya dilakukan di pentas-pentas pertunjukan melainkan menggarap karya baru pada album bertajuk “13” yang didampingi produser bertangan dingin Rick Rubin.

Lihatlah ajang konser Soundrenaline 2013  pada sabtu 29 Juni 2013 yang berlangsung di Stadion Maguwohardjo Sleman Yogyakarta ,setidaknya ada 3 band yang melakukan reuni manis dengan mengikutsertakan beberapa anggota original mereka masing-masing. Misalnya Dewa mengajak vokalis Ari Lasso dan drummer Tyo Nugros, lalu Slank menggamit keyboardis Indra Q dan gitaris Pay Burman serta Gigi yang mengajak gitaris Aria Baron,bassist Opeth Alatas serta dua drummer Budhy Haryono dan Ronald.Mereka tampil di panggung dengan aura nostalgia yang kuat.Para penggemar berdebar-debar menikmati musik yang mereka gebyar.

Reuni Gigi dari formasi pertama hingga sekarang

Reuni Gigi dari formasi pertama hingga sekarang

Penampilan reuni semacam ini jelas merupakan sebuah gimmick marketing yang masih memiliki tuah.Masih banyak penonton yang terpukau dengan hal-hal semacam ini.Ada peluang bisnis disitu tentunya.Kelompok Gigi misalnya telah melakukan tur formasi Gigi Reunion ini sejak tahun lalu.Banyak pihak yang tertarik dengan gagasan semacam ini. Apa yang dilakukan Slank,Dewa dan Gigi ini pasti lebih mengarah pada intuisi bisnis.Karena hingga detik ini, saya belum mendengar ketiga band ini melakukan workshop musik bersama-sama dan melakukan rekaman.

Berbeda dengan band jazz fusion Krakatau yang tahun ini juga mencanangkan gagasan untuk reuni.Selain melakukan sederet tur reuni, sekarang ini Krakatau yang terdiri atas Dwi Dharmawan,Pra Budi Dharma,Indra Lesmana,Donny Suhendra,Gilang Ramadhan dan Trie Utami juga melakukan rekaman karya-karya terbaru mereka.Hal yang sama juga dilakukan KLa Project yang juga merilis karya terbaru mereka di tahun 2011 lalu saat mereka melakukan sebuah reuni.

Bagi para penggemar reuni merupakan ajang surprising sekaligus nostalgia.Bagi para pemusik,reuni merupakan ajang silaturahmi yang memiliki dampak bisnis.Lalu menurut anda apa arti reuni sebuah band ?

 

Denny Sakrie

Iklan
Komentar
  1. Fierza Fahmi Fajri berkata:

    Menurut saya, reuni sebuah band adalah ketika kita hanya bisa melihat formasi baru yang telah sukses tanpa melihat perjuangan mereka dengan formasi lama sebelum sukses.
    Jadi yaa setidaknya nih om dengan adanya konser reuni, kita tau siapa aja dibalik kesuksesan sebuah band dengan melihat performance mereka secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s