Betulkah Bimbo Menjiplak ?

Posted: Juli 14, 2013 in Opini

Apakah betul kelompok Bimbo  pernah menjiplak ?
Pasti banyak yang tidak tahu.Atau setidaknya tak akan menyangka hal semacam itu pun pernah dilakukan oleh kelompok sekaliber Bimbo.
Tapi apa daya hal itu pun terlanjur telah terjadi.Di tahun 1975 sebuah lagu Bimbo bertajuk “Telah Berdaun Kemabli Rimba Jati” ternyata merupakan plagiarisme atas sebuah komposisi klasik karya Joaquin Rodrigo,komposer Spanyol yang pernah membuat “Concerto de Aranjuez“,berjudul
Fanfare de la Cabellería de Nápoles (Fanfare for the Cavalry of Naples) yang kemudian dimanikan oleh gitaris Flamenco Andres Segovia.
Ketika kasus ini merebak,Sam Bimbo malah memberi argumen yang sangat aneh.Katanya,dia sengaja melakukan penjiplakan itu untuk menguji pengetahuan para wartawan musik yang sering sok tahu.Ironisnya,apa yang dilakukan Bimbo justeru diungkap oleh wartawan musik pula.
Dan setahun berselang,setelah kasus plagiarisme itu mereda dan menguap eh tiba tiba Bimbo di tahun 1976 merilis album “Bimbo Indonesia Antik Vol.2” yang salah satu lagunya kembali melakukan hal yang sama yaitu pada lagu “Diatas Jembatan Semanggi” pada urutan 2 side A karya Wandi Koeswandi,dedengkot kelompok One Dee and Lady Faces (ODALF) .

Album Bimbo Indonesia Antik Vol.2

Album Bimbo Indonesia Antik Vol.2

erulang lagi.Walaupun halm semacam ini,plagiasi,masih terus berulang.Bahkan mungkin saat sekarang ini orang malah justeru tak mau peduli lagi.
Di lagu ini secara jelas mengambil notasi pada lagu “Bohemian Rhapsody” nya Queen dari album “A Night At The Opera” (1975).Yang diambil adalah notasi pada lirik yang berbunyi :”open your eyes look at to the sky and see.….”,yang dalam lirik Bimbo berbunyi :“Bukan itu,bukan itu maksudku…….”.
Dan ketika Trans TV di tahun 2006 dalam acara “Kupas Tuntas” membahas kelompok Queen,dihadirkan pula Sam Bimbo sebagai salah satu pemusik Indonesuia yang mengagumi Queen.Dalam salah satu testimoninya Sam berucap : “Gak ada salahnya jika meniru sesuatu yang baik”.Absurd sekali pernyataan oom Sam Bimbo ini.Bukankah plagiasi apa pun alasannnya tetap merupakan sesuatu yang tak terpuji.Kecuali jika betulb betul menyebutnya sebagai sebuah inspirasi atau apalah.
Dan jika kita memeriksa sampul albumnya baik dalam bentuk piringan hitam maupun kaset yang diproduksi PT Remaco ,hal hal semacam itu,yaitu menyebut sumber atau inspirasi ,tak ditulis atau disebut sama sekali.
Memang ini adalah peristiwa lama.Nyarois 30 tahun lebih.Bukan berarti ingin mengungkit ungkit luka lama.Sama sekali bukan.Tapi ini diangkat untuk memberikan semacam penelaahan atas kenaifan kenaifan masa lalu yang dijadikan pemusik kita untuk tak terulang lagi.Walaupun hal semacam ini,plagiasi,masih terus berulang.Bahkan mungkin saat sekarang ini orang malah justeru tak mau peduli lagi.

Komentar
  1. Nicolaus Edwin mengatakan:

    mas denny, tulisannya menarik, saya jadi mau nanya beberapa hal nih tentang penjiplakan. sejauh apa lagu bisa dibilang menjiplak atau plagiat?

    kalau yang saya dengar di lagu bimbo ini walaupun cuma sebaris, tapi langsung dibilang penjiplakan… bagaimana dengan lagu2 baru macam “joeniar arief – rapuh” dan “leona lewis – bleeding love”??

    dan juga terutama di era bebop, banyak komposisi yang memang hasil “modifikasi” dari komposisi sebelumnya, dan hasilnya mirip juga… misalkan “charlie parker – confirmation” dan “john coltrane – 26-2” melodi awalnya mirip bgt. apakah hal tersebut bisa dibilang penjiplakan?

    dan apakah etika plagiat di jaman dulu dan jaman sekarang sudah berubah? karena sayapun menulis beberapa komposisi yang memang terinspirasi dari sebuah lagu. dan kalau didengar agak mirip. kalau begitu gimana? perlukah saya sebutkan memang saya terinspirasi dari lagu tsb ataukah komposisi saya sebaiknya tidak di-publish? thanks mas denny

    • abah mengatakan:

      sudah dari sono-nya, wr supratman dedengkot tukang jiplak,
      selain indonesia raya (yang paling nyata: dari sabang sampai merauke) dijiplak dari marseillaise, juga lagu ibu kita kartini dari “o ina ni keke”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s