Betulkah Giant Step Band Prog Rock pertama di Indonesia ?

Posted: Oktober 17, 2013 in Tinjau Album

Bravo Musik baru saja melakukan rilis ulang atau reissue terhadap album debut Giant Step Mark 1 yang dulu dirilis oleh Lucky Record pada tahun 1976. Giant Step Formasi Mark 1 terdiri atas Benny Soebardja (vokal utama,gitar),Albert Warnerin (gitar),Adi “Sibolangit” Harjadi (bass),Janto Soedjono (drums) dan Deddy Dorres (keyboards).

Giant Step saat itu dikenal sebagai band yang memiliki konsep musik yang jelas dan mempunyai sikap serta pendirian yang kuat yaitu pantang menyanyikan lagu-lagu milik orang lain.Mereka lebih bangga membawakan lagu-lagu yang mereka tulis sendiri.Saat itu hampir semua band rock di Indonesia merasa lebih terhormat jika membawakan lagu-lagu milik band mancanegara seperti Led Zeppelin,The Rolling Stones,Genesis,yes,Emerson Lake and Palmer,Deep Purple dan masih banyak lagi.

Di tahun 1976 Lucky Record memiliki keberanian merilis album perdana Giant Step yang tentunya berlumurkan idealisme yang menyemburat dalam karya-karyanya.Album ini memang tak meledak dalam pasaran musik Indonesia saat itu. Kini kerinduan terhadap album yang selama ini masuk list collector’s item ini pupus dengan munculnya reissue Giant Step mark 1 dalam bentuk cakram  padat.

Bahkan pada cover album ini tersemat sticker bulat bertuliskan The First Indonesian Prog Rock Band of 70s  .Sebuah tagline yang tampaknya bakal memancing polemik terutama mungkin dari kalangan penikmat musik progressive rock.Betulkah Giant Step adalah band Prog Rock pertama di Indonesia ? Nah ini harus ditelaah lebih lanjut.Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memberi semacam label dalam sebuah album rekaman tanpa melakukan riset secara historial tentunya.

BWyiPKOCEAA3WP3

Di tahun 1973 misalnya, jauh sebelum Giant Step terbentuk atau bahkan sebelum album Mark 1 itu dirilis di Bandung telah muncul Gang of Harry Roesli yang merilis album Philospohy Gang (1973,Lion Record) dengan musik yang cenderung ke gaya rock progresif.

Bahkan di tahun yang sama sebetulnya sudah ada album bernuansa prog rock bertajuk Gede Chokra’s dari kelompok Shark Move yang dibentuk Benny Soebardja dan Bagu Ramchand pada label SharkMove Record.

Di tahun 1975 Guruh Soekarno Putra membuat kolaborasi musik bersama band Gipsy dengan nama proyek Guruh Gipsy, dan memiliki aura rock progresif yang sangat kental.Ini adalah fakta yang harus dimahfumi terlebih dahulu.Entah siapa yang punya ide atau gagasan menempelkan sticker seperti itu pada cover album Giant Step Mark 1.

Iklan
Komentar
  1. kid corpse berkata:

    Misi bang,mitu CD nya bisa dibeli dimana ya? Makasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s