Mengumpulkan Vinyl 45 RPM Genesis dan Phil Collins

Posted: Oktober 17, 2013 in Piringan Hitam

Sejak tahun 2007 saya mencoba hunting alias mengumpulkan piringan hitam atau vinyl berukura 7 inch dalam format 45 RPM dari band favorit saya Genesis serta single single solo karir penyanyi dan drummer Genesis Phil Collins.

Singles Separate Live duet Phil Collins dan Marylin Matlin dari soundtrack album film White Night (1984)  (Foto Denny Sakrie)

Singles Separate Live duet Phil Collins dan Marylin Matlin dari soundtrack album film White Night (1984)
(Foto Denny Sakrie)

Sebetulnya apa yang menarik dari mengejar serta mengumpulkan rekaman-rekaman single terutama Genesis ? Pertama,menurut saya, yang menarik dari piringan hitam single adalah B Side yang pada galibnya justeru tak ditemukan pada full length albumnya.Kedua, karena formatnya yang unik,kecil dan menggemaskan.Namun yang terakhir ini memang relatif dan menurut hemat saya diabaikan saja, karena toh tak penting penting banget. Hingga sekarang ini saya telah memiliki sekitar 25 single atau vinyl 7 inch dari Genesis, yang didominasi oleh Genesis era Phil Collins pada akhir 70an hingga 80an.

Singles You Can't Hurry Love di tahun 1982 (Foto Denny Sakrie).

Singles You Can’t Hurry Love di tahun 1982 (Foto Denny Sakrie).

Terutama Genesis era 80an mayoiritas durasi lagu-lagunya sudah tak sepanjang Genesis era Peter Gabriel yang menghabiskan durasi diatas dari 5 menit hingga 20 menit.

Single Genesis Throwing It All Away dari album Invisible Touch di tahun 1986 (Foto Denny Sakrie)

Single Genesis Throwing It All Away dari album Invisible Touch di tahun 1986 (Foto Denny Sakrie)

Dalam riset saya,piringan hitam single ini kebanyakan berasal dari stasiun radio swasta yang memang memilih segmentasi Top 40 Radio atau yang berformat CHR (Chart Hits Radio),Disamping itu vinyl berukuran 7 inch ini kebanyakan pernah dimiliki oleh orang orang yang pernah kuliah atau bekerja di luar negeri entah itu di Amerika Serikat maupun Inggris dan negara-negara Eropah lainnya.

Vinyl vinyl Genesis 45 RPM ini kebanyakan saya peroleh di sekitar Jalan Surabaya,Taman Puring dan kini lebih banyak saya temukan di rubanah Blok M Square Jakarta Selatan.

Sampai detik ini saya masih tetap terus hunting vinyl 45 RPM milik Genesis dan Phil Collins. Ada yang jual ke saya ? Let me know

Piringan hitam single Genesis "Abacab" dan "Another Record" (1981) (Foto Denny Sakrie)

Piringan hitam single Genesis “Abacab” dan “Another Record” (1981) (Foto Denny Sakrie)

Tinggalkan Balasan

