Duo Kribo,Dokumentasi Fiktif Perjalanan Musik Rock Indonesia

Posted: November 16, 2013 in Film
Poster Film Duo Kribo tahun 1978 (Foto Kineforum)

Poster Film Duo Kribo tahun 1978 (Foto Kineforum)

Judul Film : Duo Kribo
Tahun Edar : 1978
Produksi : PT Interstudio Film Jakarta
Durasi : 116 menit

Pemain : Achmad Albar,Ucok AKA Harahap
Pemain : Eva Yanti Arnaz,Marlia Hardy,Ita Mustafa,Yolanda Sulaiman,Micky Jaguar,Fadhil Usman,Innisisri,Chitra Dewi,AN Alcaff,Ida Kusumah,Komalasari.
Musik : Achmad Albar & Ucok AKA Harahap
Ide Cerita : Ucok AKA Harahap
Skenario : Remy Sylado
Sutradara :Edward Pesta Sirait

Tak pelak lagi Achmad Albar dan Ucok Aka Harahap adalah dua bintang rock yang banyak menumpah ruahkan sensasi panggung pada paruh dasawarsa 70-an.Apalagi.dengan band masing masing : God Bless dan AKA,keduanya sering diskenariokan dalam panggung sarat sensasi bertajuk duel meet.

Lalu muncullah wartawan Masherry Manshur yang kemudian memempelaikan kedua paduka berambut kribo itu dalam sebuah album bertajuk “Duo Kribo”.

Masih belum cukup ? Lalu dirancanglah sebuah film musikal (lebih tepatnya mungkin disebut film berlatar musik,dalam hal ini pastilah musik rock).

Ceritanya memang ringan dan mengalir bahkan memang dimirip-miripkan dengan latar belakang para tokoh utamanya.Yaitu Achmad Albar yang baru saja pulang ke tanah air setelah menimba ilmu musik di sebuah konservatori musik (ini pun tak dijelaskan,musik apa yang dipelajari Albar) di Eropah.Bahkan hebatnya lulus dengan cum laude pula.Achmad Albar akhirnya memang dicitrakan sebagai penyanyi rock.”Saya belajar klasik,tapi memilih rock” tutur Albar di layar lebar.Gaya tuturan ala Remy Syulado terungkap dalam dialog dialog dalam film.Terutama perbincangan mengenai musik klasik.Serta kegilaan Albar terhadap beat rock n’roll di era 50-an.Tentunya lengkap dengan tribute untuk Elvis Presley segala.

Disisi lain,Ucok Harahap dari Medan bermuhibah ke Jakarta untuk mencari peruntungan sebagai penyanyi rock pula.Mulailah terjadi persaingan yang mudah ditebak.Untuk pemanis dimunculkanlah bintang baru bertubuh sintal dan tatapan mata menggoda,Eva Yanti Arnaz.
Di ujung cerita persaingan itu pun berakhir ketika dua penyanyi kribo itu menyatu dalam Duo Kribo.

Film ini pun menyertakan album soundtrack yang dirilis Musica Studio’s dan melejitkan hits “Panggung Sandiwara” karya Ian Antono dan Taufiq Ismail.
Beberapa setting berlangsung di Musica Studio’s di Jalan Perdatam Jakarta.Beberapa pemusik rock era 70-an ikut pula tampil di film ini semisal Fadhil Usman,gitaris The Minstrels Medan yang menjadi gitaris band Achmad Albar.Juga terlihat rocker kontroversi asal Malang Mickey Michael Merkelbach yang berperan sebagai gitaris band Ucok AKA Harahap.Bahkan drummer Kantata Takwa dan Kelompok Kampungan Innisisri juga tampil sebagai drummer Achmad Albar.
Film ini tepat pula dianggap sebagai dokumentasi fiksi perjalanan musik rock Indonesia di jelang akhir era 70-an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s