Tentang Ikhwal lagu “Indonesia Maharddhika” (Guruh Gipsy, 1977)

Posted: November 29, 2013 in Tinjau Lagu
Roni Harahap memainkan piano akustik dikelilingi anggota Guruh Gipsy

Roni Harahap memainkan piano akustik dikelilingi anggota Guruh Gipsy

Ini peristiwa tahun 1975 dimana Guruh Soekarno Putera dan Roni Harahap hingga larut malam masih berkutat merampungkan sebuah lagu untuk album Guruh Gipsy dikediaman Guruh di Jalan Srwijaya 26 Kebayoran Jakarta Selatan.

”Saya sudah nggak sabar melihat Guruh yang menyenandungkan lagu ciptaannya tentang indahnya Indonesia.Mendayu dayu.Kurang semangat “ ujar Zahrun Hafni Harahap atau lebih dikenal dengan panggilan Roni Harahap pianis Gipsy yang tergila gila dengan Keith Emerson.

“Karena kesal,lalu saya mainkan intro lagu disko yang lagi ngetop saat itu “That’s TheWay I Like It dari KC & The Sunshine Band.Tapi aksentuasinya saya balik” ujar Roni Harahap .

“Wah,itu lagu ciptaanmu Ron ?” Tanya Guruh lirih.

“Iya……yang gini dong Gur biar lebih semangat” pancing Roni.

Alhasil Roni Harahap merampungkan seluruh melodi lagunya.Guruh kemudian beringsut menambahkan barisan lirik.Judulnya pun gagah : Indonesia Maharddhika.Sebuah lagu bercorak Bali rock pun menjelma.

Guruh yang gemar membaca memang terampil menyusun kata untuk lirik lagu.Guruh yang terpengaruh gaya penulisan  Ronggowarsito kemudian menuliskan lirik yang tak lazim..

“Ron,saya membuat lirik lagu dengan mengabadikan nama personil Guruh Gipsy nih” celutuk Guruh.Secara menakjubkan Guruh akhirnya berhasil memasukkan  nama pendukung Guruh Gipsy (Oding,Roni,Kinan,Abadi,Chris dan Guruh)  pada setiap huruf pertama lirik lagu “Indonesia Maharddhika”. :

Om awignam mastu DING aryan ring sasi karo

ROhini kanta padem NIshite redite pratame

KIlat sapte tusteng nante NANte wira megawi plambang

Aku dengar deru jiwa BAgai badai mahaghora DI nusantara raya

Cerah gilang gemilang Harapan masa datang Rukun damai mulia

Indonesia tercinta Selamat sejahtera

GUnung langit samudera RUH semesta memuja

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s