Indonesia Adalah Musikimia

Posted: Desember 3, 2013 in Liputan

Sebagian besar personil Musikimia adalah personil Padi, mulai dari vokalis Fadly,drummer Yoyo dan bassist Rindra ditambah Stephan Santoso,orang belakang layar yang sebelumnya banyak membidani rekaman-rekaman Padi, mengisi posisi gitar.Stephan sebelumnya adalah gitaris dari band All Size yang hanya sempat rilis satu album itu.

Musikimia saat membawakan lagu Kolam Susu karya Yok Koeswoyo dari Koes Plus (Foto Denny Sakrie)

Musikimia saat membawakan lagu Kolam Susu karya Yok Koeswoyo dari Koes Plus (Foto Denny Sakrie)

Senin 2 Desember 2013  kemarin saya diundang Musikimia dan labelnya Sony Music Indonesia untuk peluncuran album kecil bertajuk “Indonesia Adalah…..” yang berisikan 5 lagu masing masing “Ini Dadaku” yang menurut Fadly terisnpirasi dari jargon Ir Soekarno mengobarkan semangat patriotisme dan nasionalisme “ini dadaku mana dadamu”, lalu ada lagu yang terisnpirasi dari puisi karya aktivis Widji Thukul “Merdeka Sampai Mati”,juga “Apakah Harus Seperti Ini” dan dua lagu klasik yaitu Tanah Airku karya Ibu Sud dan Kolam Susu karya Yok Koeswoyo dari album Koes Plus Vol.8 (Remaco 1973).

Yoyo drummer Musikimia (Foto Denny Sakrie)

Yoyo drummer Musikimia (Foto Denny Sakrie)

Musikimia tampaknya ingin merekonstruksi aura musik masa lalu yang dilumuri pembacaan puisi yang penuh gugat dan menimbulkan semangat.Di lagu “Merdeka Sampai Mati” muncul dua puisi Widji Thukul yaitu “Sajak Suara ” dan “Peringatan”.

Fadly dan Rindra (Foto Denny Sakrie)

Fadly dan Rindra (Foto Denny Sakrie)

Lalu di lagu “Tanah Air” kembali muncul sebuah puisi tanpa tajuk karya seorang siswa SMP di Cirebon yang secara tak sengaja ditemukan Fadly di laman Facebook beberapa waktu silam.

Album kecil, demikian istilah yang dipakai Musikimia untuk mini album atau EP, merupakan pemanasan sebelum rilis album besar yang direncanakan dirilis pada tahun 2014.

Dalam peluncuran album “Indonesia Adalah” yang dilengkapi dengan bonus DVD ini Musikimia juga tampil menyanyikan ke 5 lagu dalam album yang covernya menampilkan peta Indonesia dalam sketsa bati.

Inilah personil Musikimia (Foto Denny Sakrie)

Inilah personil Musikimia (Foto Denny Sakrie)

Tampaknya Musikimia ingin menampilkan wajah Indonesia dan semangat kebangsaan yang mulai terlihat memudar belakangan ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s