Staff, Hanya Sempat Bikin Satu Album Saja

Posted: Desember 7, 2013 in Kisah, Tinjau Album
Raidy Noor (vokal,bass,gitar) dan Maully Gagola (gitar) di studio Jackson Records & Tapes Pluit Jakarta (Foto Dokumentasi Denny Sakrie)

Raidy Noor (vokal,bass,gitar) dan Maully Gagola (gitar) di studio Jackson Records & Tapes Pluit Jakarta (Foto Dokumentasi Denny Sakrie)

Staff adalah band bagus era 80an.Musik yang mereka mainkan elegan, lebih ke percampuran antara R&B soul dan funk dan sedikit rock.

Piringan Hitam Staff Band produksi Jackson Records and Tapes (Foto Denny Sakrie)

Piringan Hitam Staff Band produksi Jackson Records and Tapes (Foto Denny Sakrie)

Para pendukungnya memiliki kemampuan musikalitas diatas rata.Kemampuan songwriting dan aransemen mereka perlihatkan dengan genial.Namun sayangnya band yang terdiri dari Raidy Noor (bass,gitar,vokal),Ikang Fawzi (vokal,drums),Addie MS (keyboard),Maully Gagola (gitar),Riza Noor (bass) dan Cendi Luntungan (drum) ini hanya sempat merilis satu album saja lewat label Jackson Records and Tapes.Setelah itu  Staff, nama yang diambil dari terminologi partitur musik , menghilang entah kemana.Sangat disayangkan memang.

Maully Gagola saat take part gitar akustik ditemani Addie MS disebelah pojok kanan (Foto Dok.Denny Sakrie)

Maully Gagola saat take part gitar akustik ditemani Addie MS disebelah pojok kanan (Foto Dok.Denny Sakrie)

Hikayat terbentuknya band Staff ini bermula dari beberapa alumni SMA 3 Setiabudi, Jakarta, pada 1981 sepakat membentuk sebuah band jazz rock dengan nama Staff. Kelompok rada idealis  ini awalnya merupakan penambahan dari trio AIR, singkatan Addie MS, Ikang Fawzy, dan Raidy Noor, yang merupakan alumni SMA 3. “Dulu kami tergabung dalam Kelompok Vokal Group SMA 3 dan berniat melanjutkannya dalam bentuk band,” ungkap Raidy Noor.

. Selanjutnya, para personel Staff memilih jalan karier musiknya sendiri-sendiri. Ikang Fawzi bersolo karier dengan warna pop rock. Addie MS menjadi penata musik dan kini memimpin sebuah orkestra bergengsi di Tanah Air, Twilite Orchestra. Cendy Luntungan aktif menjadi drummer jazz dalam berbagai kelompok musik. Raidy Noor menjadi penata musik di berbagai album artis rekaman.

Arransemen musiknya memang padat.Staff menyertakan brass section dan string sections.Jelas mereka serius.Addie MS bertanggung jawab menuliskan arransemen seksi alat gesek,sedang Raidy Noor menulis .arransemen alat tiup.

Saat itu musik yang diracik trio David Foster,Bill Champlin & Jay Graydon memang banyak mempengaruhi arah musik Staff.Simak saja petikan gitar elektrik yang cenderung bermuara pada gaya jazz rock Jay Graydon.Addie MS jelas ikut menulusuri jejak pola bermain piano David Foster.

Ikang Fawzi berduet bersama Vina Panduwinata membawakan lagu karya Addie MS bertajuk Iblis (Foto Dok.Denny Sakrie)

Ikang Fawzi berduet bersama Vina Panduwinata membawakan lagu karya Addie MS bertajuk Iblis (Foto Dok.Denny Sakrie)

Jika anda menyimak secara keseluruhan album ini maka pasti akan teringat dengan warna khas Earth Wind & Fire terutama pada pola arransemen brass section yang rapat.Bahkan  dibeberapa lagu,Ikang Fawzy mencoba menduplikasi gaya nyanyi Maurice White (vokalis Earth Wind & Fire).

Dan kalo anda lihat sampul album Staff dengan pose berbentuk piramida,mau tak mau mengingatkan kita pada sampul album “Faces” nya Earth Wind & Fire” (1980).Ikang Fawzy dan Raidy Noor bertindak sebagai vokalis utama.Warna vokal keduanya memang kontras.Ikang lebih raw sedang Raidy cenderung soft.Raidy bahkan membentuk harmonisasi vokal ala Noor Bersaudara dengan pecahan pecahan vokal yang sarat harmonisasi.

Vina Panduwinata pun hadir sebagai vokalis tamu pada lagu “Iblis” yang ditulis oleh Addie MS.

Jika saat ini anda tengah kepayang menyimak penampilan The Groove, Maliq N D’essensial,Soulvivbe,Sisterduke atau yang sejenisnya,maka saya sarankan agar menyimak album Staff ini.Kenapa ? karena mereka sesungguhnya telah meletakkan pondasi musik soul R&B plus jazzy pada awal dasawarsa 80-an.

Komentar
  1. Piringan Hitamnya kereen.. masih ada gak ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s