Pemusik Indonesia yang Berpulang Di tahun 2013

Posted: Januari 2, 2014 in Obituari

Tahun 2013 telah berlalu dari benak kita, tapi masih banyak peristiwa yang tak terlupakan termasuk kepergian dari sederet pemusik Indonesia.Kehadiran mereka sudah pasti merupakan bagian tak terlupakan bagi kita manakala kita menyimak karya-karya mereka.Berikut ini merupakan catatan saya, perihal sederet artis musik Indonesia yang meninggalkan kita.

Johnny Killian (Impersonator Elvis Presley)

Johnny Killian

Johnny Killian

Johnny Killian salah satu impersonator Elvis Presley di Indonesia meninggal dunia 19 Januari 2013.Sejak era 70an di Indonesia mulai muncul para impersonator Elvis diantaranya adalah W Errol,Mukti Wibowo,Johhny Killian,Gatot Soenyoto,Is Haryanto,John Phillips dan banyak lagi.Fenomena ini memang menjadi global,karena hampir semua Negara di seantero jagad memiliki para impersonator Elvis Presley.

A.Rafiq (Penyanyi Dangdut & Aktor Film)

A,Rafiq

A,Rafiq

A.Rafiq penyanyi dangdut dan aktor layar lebar yang kerap bergaya seperti Elvis Presley ini wafat pada tanggal 19 Januari 2013.A. Rafiq meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta,karena mengidap penyakit jantung.Karir musik A.Rafiq bermula saat bergabung dengan OM Sinar Kemala pimpinan A.Kadir di awal era 60an.Pada paruh 70an sosok Rafiq kian mengangkasa lewat lagu Pengalaman Pertama dan Pandangan Pertama

Usman (gitaris dan vokalis Usman Bersaudara)

Almarhum Usman dua dari kiri

Almarhum Usman dua dari kiri

Usman adalah yang tertua dari kelompok bersaudara asal Surabaya Usman Bersaudara yang telah merintis karir bermusik sejak akhir era 60an dengan merilis album debut tahun 1968 di label J & B Record milik Soejoso Karsono.Tahun 1973 Usman membentuk Man’s Group bersama kedua adiknya Said dan Sofyan serta Anto dan merilis album di Mesra Record.Tahun 1974 Usman dan kedua adiknya itu diajak oleh Nomo Koeswoyo bergabung di No Koes.Tapi tahun 1976 Usman kembali membentuk Usman Bersaudara dan mengajak adiknya Mamo Agil dari band Pandawa Lima.Mereka lalu dikontrak Irama Tara dan menghasilkan hits seperti Sorry Boy dan Kiamat.Usman berpulang pada

9  Maret 2013.

Helmie Indrakesumah (Vokalis Chaseiro).

Helmie Indrakesumah, salah satu vokalis kelompok vokal Chaseiro meninggal dunia karena serangan jantung pada 10 Februari 2013.

Helmie Indrakesumah

Helmie Indrakesumah

Ricky Johannes (Vokalis Emerald Band)

Ricky Johannes yang kerap disapa Ricky Jo meninggal dunia pada 22 Maret 2013.Ricky mulai dikenal namanya saat menjadi juara Bintang Remaja Radio dan Televisi era 80an.Ricky pernah bergabung dalam sederet band seperti Splash Band,Emerald Band dan Rikardo Batista selain berkarir sebagai penyanyi solo.

Ricky Johannes

Ricky Johannes

Deasy Arisandi

Deasy Arisandi

 Deasy Arisandi (Penyanyi)

Sosok penyanyi Deasy Arisandi yang berdarah Bali mulai dikenal luas pada dasawarsa 70an lewat sederet album-album solo yang dirilis Remaco. Deasy Arisandi menghembuskan nafas terakhir pada 29 Juni 2013.

Pomo saat bersama The Pro's

Pomo saat bersama The Pro’s

Pomo (saxophonis The Pro’s) .

Pomo di era 70an dikenal sebagai peniup saxophone yang enerjik.Namanya mencuat saat mendukung band The Pro’s yang dibentuk Dimas Wahab.Di tahun 1978 Pomo sempat mendukung New Rollies lewat album Volume 3 dengan hits Bimbi.Pomo sendiri pernah merilis album solo di Remaco dengan hits Timang Timang Anakku Sayang.Pomo meninggal dunia pada 4 Juli 2013.

R.Tonny Soewandi (pianis,saxophonis).

R.Tonny Soewandi adalah pemusik serba bisa yang mampu memainkan banyak instrumen musik.Tonny Soewandi pun banyak membuat arransemen lagu dari berbagai genre mulai dari klasik,pop hingga jazz. R.Tonny Soewandi meninggal dunia pada  7 Juli 2013.

Emier Hassany saat ikut mendukung Farid Hardja & Non Block Band

Emier Hassany saat ikut mendukung Farid Hardja & Non Block Band

Emier Hassany (drummer Country Jack & Non Block Band)

Pemusik asal Sukabumi ini pernah tergabung dalam berbagai band seperti Bani Adam,Country Jack hingga Biru Langit sebagai drummer.Emier Hassany juga terampil dalam menulis lagu.Emier menghembuskan nafas terakhir pada 11 Juli 2013.

Kris Biantoro

Kris Biantoro

Kris Biantoro (pemusik,aktor dan MC).

Kris Biantoro adalah sosok multuitalenta yang menguasai permainan musik,menyanyi,menulis lagu,seni peran dan Master of Ceremony legendaris.Salah satu lagu karya Kris Biantoro yang populer adalah Dondong Opo Salak pada era 60an.Di paruh 70an Kris Biantoro mempopulerkan lagu karya drummer M.Sani bertajuk Mungkinkah.Kris Biantoro meninggal dunia 13 Agustus 2013.

Pungky Deaz (vokalis rock).

Pemilik suara yang melengking tegas itu telah pergi untuk selama-lamanya pada jam 17.55 senin 9 September 2013.Dia adalah Pungky Deaz penyanyi rock yang mulai dikenal luas sejak era 80an, setidaknya pada band Andromedha,Power Metal dan Kalingga. Pada paruh era 80an di Surabaya muncul band rock dengan nama Power yang kemudian berganti nama menjadi Power Metal pada tahun 1987.

Diana Nasution

Diana Nasution

Diana Nasution (penyanyi )

Di era 70an bersama kakaknya Rita Nasution, Diana Nasution meniti karir sebagai penyanyi duet dengan nama Nasution Sisters.Di akhir 70an Diana Nasution mulai merintis solo karir dengan merilis rekaman pada label Lolypop Record milik Rinto Harahap. Salah satu lagunya yang meledak dipasaran adalah Benci Tapi Rindu karya Rinto Harahap.Diana Nasution meninggal dunia karena mengidap kanker pada tanggal 4 Oktober 2013.

Gitaris Jazz Sadikin Zuchra

Gitaris Jazz Sadikin Zuchra

Sadikin Zuchra (pemusik,gitaris,arranger)

Pemusik serba bisa Sadikin Zuchra yang terampil bermain gitar jazz dan penggaransir musik ini memiliki banyak pengalaman dengan bergabung dalam sederet band seperti The Black Satin,The Jazzanova,The Fabolous hingga Indonesia Enam.Sadikin meninggal dunia pada tanggal 17 Oktober 2013.

Syech Abidin

Syech Abidin

Syech Abidin (drummer AKA dan SAS Group).

Syech Abidin adalah drummer dari band rock sensasional AKA dan juga SAS Group bersama Arthur Kaunang dan Sunatha Tanjung.Syech Abidin meninggal dunia pada tanggal 9 November 2013.

Komentar
  1. Zane Vegas mengatakan:

    Selamat Jalan Para Musisi & Vokalis Tercinta … terima kasih untuk semua Inspirasimu ..

  2. dedemetal90's mengatakan:

    postinganya keren, bisa saya taruh ga artikel ini di blog saya? nanti saya link balik sumbernya

  3. […] Pemusik indonesia yang berpulang di tahun 2013 […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s