Mengenang Yudhi Grass Rock (1964 – 2014)

Posted: Januari 5, 2014 in Obituari

Dinihari jumat 3 Januari 2014 saya dikejutkan dengan Broadcast Message yang dikirimkan sobat saya Sam Alattas :” turut berduka cita atas wafatnya Yudhi Grass Rock semalam di RS Mitra Cibubur. Rumah duka di Jl. Putri Tunggal Sumur Bandung 3, Harjamukti, Cibubur, Akhirnya saya mendapatkan info bahwa Yudhi Rumput demikian panggilan akrbanya  telah meninggalkan kita semua pada jam 00:45 di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur. Yudhi memang hampir 3 tahun mengidap penyakit sokoris liver  yang kronis.Yudhi tercatat telah beberapa kali berpindah-pindah dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya.

Grass Rock saat latihan di Studio S 70 Makassar sebelum melakukan konser di GOR Mattoanging Makassar pada tanggal 30 Agustus 1988

Grass Rock saat latihan di Studio S 70 Makassar sebelum melakukan konser di GOR Mattoanging Makassar pada tanggal 30 Juli 1988

Hingga tanggal 2 Januari 2010 Yudhi tercatat  telah  3 kali keluar-masuk rumah sakit. Yudhia terbaring tak berdaya dengan fungsi hati tinggal 5 persen saja.

Saya masih ingat pada tanggal 10 Januari 2010 bertempat di Manchester United Cafe Thamrin Jakarta  sederet rekan rekan wartawan dan pemusik bahu membahu mengadakan kegiatan pengumpulan dana untuk biaya perawatan dan pengobatan Yudhi yang saat itu terbaring di Rumah Sakit Pelni Petamburan Jakarta.

Masih segar dalam benak saya, saat itu saya dan rekan rekan lainnya ikut terpanggil mendukung lancarnya acara penggalangan dana untuk Yudhi tersebut.Saya ikut menyumbangkan tenaga sebagai MC bersama banyak rekan-rekan lainnya.Pemusik yang tampil juga banyak ada Iwan Fals,Kotak,Ian Antono,Yockie Surjoprajogo,Slank,Black Out dan sederet pemusik lainnya.

Lelaki bernama lengkap Yudha Tamtama Adji  yang dilahirkan di Jakarta pada tanggal 26 Juni 1964 ini dikenal sebagai bassist band rock era 80an asal Surabaya Grass Rock.Yudhi bersama dua bersaudara Rere (drums) dan Mando (keyboards)  mendirikan Grass Rock pada 4 Mei 1984.Akhirnya mereka pun latihan di rumah Yudhi .Orangtua Yudhi tampaknya merestui putranya ngeband terutama dengan menyediakan seperangkat alat band.

Saat itu,keinginan membentuk band, karena mereka tertantang  untuk ikut dalam ajang Festival Rock Se Indonesia yang diadakan promotor rock asal Surabaya Log Zhelebour yang didukung rokok Djarum Super.

Namun pada saat ikut Djarum Super Festival Rock 1984 yang berlangsung di Stadion Tambaksari Surabaya, Grass Rock yang terdiri atas  Hari (vokal), Mando (kibor), Harto (gitar), Yudhie (bas), dan Rere (drum), gagal meraih gelar satu pun.Saat itu Grass Rock kerap membawakan lagu-lagu Yes seperti Roundabout,Long Distand Round Around (dari album Yes Fragile tahun 1971) Machine Messiah (dari album Yes Drama tahun 1980)  hingga Changes dari album 90125 (1983)  yang memang lagi ngetop-ngetopnya saat itu.

Tahun 1985 Grass Rock kembali mengikuti Djarum Super Rock Festival, dan berhasilmeraih  juara III dan Rere terpilih sebagai ar The Best Drumer.  Grass Rock pun kemudian diberi peluang  untuk ikuti tur konser  yang digelar promotor rock  Log Zhelebour.

Sejak awal terbentuk Grass Rock tercatat paling sering gonta-ganti  vokalis, mulai dari Hari, Karnoto, Arief, Zulkarnain, dan Dayan, adik kandung  Rere yang berduet dengan Zulkarnain.

Ketika Zulkarnain masuk pada tahun 1986 Grass Rock kembali mengikuti Djarum Super Rock Festival, dan berhasil jadi Juara I. bahkan untuk kedua kalinya Rere berhasil dinobatkan sebagai  The Best Drumer untuk keduakalinya. Grass Rock kemudian mendapatkan peluang  dari Log Zhelebour untuk ikut tur 10 kota sebagai band pendamping dan pembuka konser  God Bless.

Tahun 1987 Grass Rock ikut  festival lagi dan berhasil lagi meraih  Juara I disamping Rere sebagai  The Best Drumer serta  Mando yang terpilih sebagai The Best Keyboardist .

Sejak saat itu Grass Rock dengan cepat dikenal sebagai kelompok rock asal Surabaya  yang pantas diperhitungkan.Dan Grass Rock pun mulai menulis lagu-lagu sendiri.

Saya sendiri untuk pertamakali menyaksikan konser Grass Rock pada tanggal 30 Juli 1988 di Gedung Olahraga Mattoanging Makasaar.Saya akui Grass Rock memiliki musikalitas yang diatas rata-rata.Tak hanya sekedar kelompok rock yang hanya mengumbar ingar-bingar tapi mampu memainkan dinamika dan harmonisasi yang terjaga.Tak heran jika pada era 90an hingga 2000an, banyak pemusik yang mengajak para personil Grass Rock sebagai session player.Coba periksa kaset-kaset era 90an, maka pasti kalian akan menemukan nama-nama Rere,Edi Kemput,Yudhi maupun Mando sebagai line up pendukung rekaman.

Grass Rock telah merilis empat album Anak Rembulan (1990), Bulan Sabit (1992), Grass Rock (1994), Menembus Zaman (1999), serta sebuah single dari album Rock Kemanusiaan bertajuk  “Prasangka“. Tahun 1999 Grass Rock kehilangan sang vokalis Dayan yang meninggal dunia. Grass Rock yang akhirnya menyisakan Yudhi (bass),Rere (drum),Edi Kemput (gitar) dan Mando (keyboard) mulai tak terdengar kiprahnya.Keempat pemusik Grass Rock tetap bermusik sebagai session player diberbagai pertnjukan dan rekaman album artis-artis lain mulai dari Nicky Astria,Nike Ardilla,Iwan Fals hingga Chrisye. Yudhi sendiri kerap terlibat sebagai pemusik pendukung album Nicky Astria dan Iwan Fals.

Disela-sela hibernasi Grass Rock yang berkepanjangan,Yudhi malah membagi konsentrasi sebagai penulis dan fotografer Koran-Koranan Slank.Yudhi seperti menemukan jatidirinya yang baru dalam kegiatan jurnalistik.Di koran yang dikelola Slank itu Yudhi menggawangi rubrik Slank Diary.

Namun di tahun 2007  sebetulnya Yudhi sempat tergelitik dan terusik lagi untuk bermain musik,diantaranya adalah masuk ke studio rekaman lagi bersama gitaris Baron Aria,drummer Massto dan vokalis Eki Lamoh dengan menggunakan nama No Future,tapi proyek rekaman ini terbengkalai ketika Yudhi mulai jatuh sakit.

Iklan
Komentar
  1. fransiscuseko berkata:

    RIp Yudhie Grass Rock…

  2. mulat andriyanto berkata:

    RIP, semua misteri yang terjadi, dapat kita lewati..

  3. lukman hakim berkata:

    slamat jalan sobat,smoga enkau tentram di sisi NYA..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s