Saat Jopie Item & Idris Sardi Dipuji Kritikus Musik Inggeris

Posted: Januari 21, 2014 in Tinjau Album

Di paruh dasawarsa 70-an, Jopie Item tampil terdepan sebagai gitaris yang banyak memainkan warna jazz rock baik di panggung maupun rekaman. Pengaruh gitaris Jeff Beck dan Tommy Bolin yang saat itu cenderung menghasilkan album album bermotif jazz rock, sangat terasa pada pola permainan gitar Jopie Reinhard Item ini.

Dengan distorsi gitar yang meraung-raung tapi berada dalam cengkeraman beat dan akord yang bermuara dalam zona jazz, menjadikan sub-genre jazz rock ini lebih banyak membelai kuping pendengar usia belia.

Konsep musik jazz rock itulah yang dimainkan Jopie Item (gitar), Abadi Soesman (keyboard,moog synthesizers), almarhum Wempy Tanasale (bass elektrik) dan Karim Suweileh (drum) berkolaborasi dengan si biola maut Idris Sardi.

Jopie Item dan Idris secara kebetulan pernah tergabung dalam band Eka Sapta yang digagas almarhum Amin Widjaja, pendiri Musica Studio’s.

Kaset jazz rock Jopie Item & Idris sardi (Foto Denny Sakrie)

Kaset jazz rock Jopie Item & Idris sardi (Foto Denny Sakrie)

Menariknya, album ini direkam secara live ketika mereka tampil di Taman Ismail Marzuki Cikini Jakarta pada tahun 1977. Sound engineer Alex Kumara menggotong seperangkat mixer studio untuk mengabadikan pertunjukan ini.
Ini upaya yang patut diberi jempol, mengingat betapa susahnya mencari hasil rekaman yang kualifaid untuk sebuah album live pada zaman itu. Pada akhirnya album live ini pun masih harus dibenahi lagi di studio Tri Angkasa Kebayoran oleh Yongky Mamahit.

Dalam repertoar yang dimainkan Jopie Item dan Idris Sardi memang tak satupun menyertakan komposisi orisinal. Namun toh,mereka seolah memberi baju baru terhadap sederet lagu-lagu pop dan standar yang dimainkan. Mulai dari lagu tradisional Jali Jali dan Es Lilin,”Layu Sebelum Berkembang” karya A.Riyanto yang dipopulerkan Tetty Kadi hingga lagu dangdut “Rindu” nya Achmad Vadaq yang tengah populer saat itu. Selebihnya adalah karya standar seperti “My Funny Valentine” hingga “Black Is Black”.

Idris Sardi memberikan respon yang imbang terhadap solo maupun riffing gitar yang dimainkan Jopie Item. Kesan mellow yang merintih-rintih ala Idris sardi dalam gesekan biolanya tak terdengar disini. Sepintas gesekan biola Idris sardi justeru mengingatkan kita pada Jerry Goodman (violinis the Flock dan Mahavishnu Orchestra) atau Jean Luc Ponty. Dalam beberapa bagian Abadi Soesman tampil segahar Jan Hammer, yang berpindah pindah dari piano elektrik Fender Rhodes Stage 73 ke liukan glissando yang dihasilkan perangkat minimoog synthesizers. Simak solo synthesizers Abadi Soesman pada interlude lagu “Rindu”. Saya pun yakin, jika Karim sang drummer banyak mengadopsi karakter drumming dari Billy Cobham (juga dari Mahavishnu Orchestra).

Ketika album ini dirilis pada tahun 1977 , pihak Pramaqua mengirimkan album live Jopie Item dan dris Sardi ini ke BBC London. Ternyata pihak BBC London tertarik dengan penyajian musik Jopie Item dan Idris Sardi ini. Album ini lalu diputar di BBC London. Bahkan kritikus musik Inggris memuji album ini dalam Sunday Telegraph. Dalam review, Idris Sardi disbanding-bandingkan dengan penggesek biola jazz India L.Subramaniam

Album yang patut jadi referensi bagi penyuka jazz rock dan salah satu tonggak dalam konstelasi musik jazz di Indonesia.

Track List
1.Layu Sebelum Berkembang
2.Es Lilin
3.Jali Jali
4.Rindu
5.Crosswind
6Black Is Black
7.Medley (My Funny Valentine+ Feeling).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s