Mendadak Major Tom

Posted: Januari 24, 2014 in Opini

Gara-gara film The Secret Life of Walter Mitty yang dibintangi dan disutrdarai Ben Stiller, lagu “Space Oddity” karya David Bowie kembali ditoleh orang.Mendadak bayak yang menyenandungkan lagu yang bernaunsa gitar akustik tersebut.

Di twitter,banyak yang mengquote penggalan lirik lagu yang kerap diinterpretasikan dalam dua sudut pandang yang berbeda.Lagu Space Oddity yang menampilkan sosok Major Tom ini memang divisualisasikan dalam film yang menceritakan tokoh Walter Mitty,editor foto  majalah Life yang kerap melamun dalam situasi apapun.salah satunya adalah ketika Cheryl Melhoff (diperankan aktris Kristen Wiig)  wanita yang didambakannya  menyeruak memainkan gitar akustik dan menyenandungkan Space Oddity lalu disambung dengan versi original dari David Bowie.

GEDSC DIGITAL CAMERA

Ground Control to Major Tom
Ground Control to Major Tom
Take your protein pills and put your helmet on
Ground Control to Major Tom (Ten, Nine, Eight, Seven, Six)
Commencing countdown, engines on (Five, Four, Three)
Check ignition and may God’s love be with you (Two, One, Liftoff)

This is Ground Control to Major Tom
You’ve really made the grade
And the papers want to know whose shirts you wear
Now it’s time to leave the capsule if you dare
“This is Major Tom to Ground Control
I’m stepping through the door
And I’m floating in a most peculiar way
And the stars look very different today
For here
Am I sitting in a tin can
Far above the world
Planet Earth is blue
And there’s nothing I can do

Though I’m past one hundred thousand miles
I’m feeling very still
And I think my spaceship knows which way to go
Tell my wife I love her very much she knows
Ground Control to Major Tom
Your circuit’s dead, there’s something wrong
Can you hear me, Major Tom?
Can you hear me, Major Tom?
Can you hear me, Major Tom?
Can you “Here am I floating round my tin can
Far above the Moon
Planet Earth is blue
And there’s nothing I can do.”

Lagu “Space Oddity” ini memang banyak diremake atau ditafsir ulang oleh banyak pemusik termasuk diantaranya Saigon Kick hingga Smashing Pumpkins. Seingat saya dijaman pertunjukan musik rock tengah memwabah Indonesia pada era 70an, Achmad Albar pernah menginterpretasikan Space Oddity secara menawan.Bahkan Deddy Stanzah di akhir era 70an dengan mendekap gitar akustik menyanyikan Space Oddity yang kuat nuansa folk psychedelicknya itu.

Lagu “Space Oddity” terdapat pada album solo David Bowie bertajuk “Space Oddity” yang pertamakali diluncurkan pada November 1969.  Album ini memang banyak tersita lewat lagu bernuansa psychedelic dengan aksentuasi spacey yang kental”Space Oddity”.Lagu ini menumpahkan riffing gitar akustik yang berpadu dengan alat tabuh stylophone (sejenis marimba dan xylophone).

Pada layer belakang Rick Wakeman melatarinya dengan tekstur mellotron yang imajinatif.Banyak yang menyindir,saat itu bagaikan seorang opportunis yang mendompleng ketenaran pendaratan astronot Amerika Neil Armstrong dan Buzz Aldrindi bulan bersama Apollo 11 pada tanggal 20 Juli 1969.Tapi Bowie jelas menampik hal tersebut seraya mengatakan bahwa inspirasi utama penulisan lagu Space Oddity itu berasal dari film fenomenal Stanley Kubrick 2001 :  A Space Oddysey.

BBC sendiri bahkan menggunakan lagu David Bowie ini sebagai lagu yang melatari pemberitaan tentang berita mendaratnya astronaut di bulan.
Tapi lagu “Space Oddity” ini lalu menuai banyak tafsir yang ditakwilkan sejumalh orang dari berbagai angle dan interpretasi.Ada yang menyebut lagu ini hanya lah sebuah rekayasa dari ritual penggunaan psikotropika ala Dr Timothy Leary.Ada yang menyebut perihal obsesi Bowie menembus ruang angkasa dan banyak ragam versi yang bermunculan ke permukaan.Penokohan Major Tom dalam lagu ini pun menjadi bahan perbincangan yang tiada putus-putusnya.Dalam situs tentang makna dan fakta lagu “SongsFact” terlihat begitu banyak posting orang yang memiliki penafsiran berbeda-beda satu sama lain tentang makna lirik dari lagu “Space Oddity” tersebut.
Album beratmosfer kosmik yang digarap produser Tony Visconti ini memang merebak me njadi sebuah fenomena dalam industri musik pop saat itu.
Sesungguhnya di album ini Bowie telah memperlihatkan perangai musiknya yang bagaikan sosok phantom.Berubah ubah.Ada tendensi eklektik yang menggelitik.Simaklah warna vokal yang bisa menjadi apa saja.Dia bagai bunglon yang siap mengecoh musuhnya.Simak lagu “Unwashed and Somewhat Slightly Dazed” yang mengasosiaikan penikmatnya pada sosok Rolling Stones dengan dominasi Mick Jaggernya.Pada “Letter To Hermione” Bowie merunduk ke pola tradisional folkie yang bernuansa akustik.Pada “An Occasional Dream” kuping kita pun seolah tergerus dengan bunyi orkestra yang dimainkan oleh 50 pemusik.Dan perjalanan Bowie bermuara pada sebuah lagu beraroma hippies “Memory of A Free Destival” yang berkesan anthemic.
Bowie jelas banyak melakukan eksplorasi di album ini.Bowie seperti halnya para inovator yang liar berkarya di tahun 1969 seperti Miles Davis atau Bob Dylan dan seterusnya,memang menancapkan sebuah landmark dalam budaya pop yang tak pernah luntur di tiap era :

Iklan
Komentar
  1. Iraj berkata:

    Lagu tentang seorang pengguna yang menggambarkan situasinya yang overdosis dan telah melewati point of no return…dengan simbol space trip…
    Salah satu lagu terbaik sepanjang masa dlm list gw…nggak pernah bosan ngedengerin ini lagu…
    Dari semua versi cover yang ada, versi “pengamen” ini adalah yang terbaik:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s