Rudi Gagola Bassist Yang Terlupakan

Posted: Maret 24, 2014 in Sosok

Mungkin banyak yang tidak mengetahui sepak terjang pemusik yang bernama Rudi Gagola.Rudy Gagola adalah adik kandung Donny Fattah Gagola.Sama-sama jago main bass dan bikin lagu.

Rudi Gagola bersama Vina Panduwinata di studio Golden Handa saat rekaman album debut Vina Panduwinata "Citra Biru" di tahun 1981

Rudi Gagola bersama Vina Panduwinata di studio Golden Handa saat rekaman album debut Vina Panduwinata “Citra Biru” di tahun 1981

The Steel adalah band yang pernah didukung Rudy Gagola di paruh era 70an. Di paruh era 70an Rudi Gagola pun ikut mendukung band rock Brotherhood dengan formasi Fadil Usman (gitar),Yoyong (keyboard),Tommy (drums),Rudi Gagola (bass) serta Farid Hardja (vokalis).Lalu di tahun 1976 bersama Donny,Rudy membentuk proyek D&R pada label Pramaqua yang dirilis tahun 1977 dan menghasilkan hits “Mimpi” yang dibawakan Ida Noor.”Cindy” oleh Keenan Nasution dan “Bawalaj Aku Bersamamu” oleh Achmad Albar.

Setahun kemudian D&R merilis album “Episode” (Jackson Records & Tapes 1978) dan “Sesuatu yang Indah” (Irama Tara,1981). Tahun 1978 Rudy Gagola berperan sebagai Music Supervisor pada label Jackson Records & Tapes milik almarhum Jackson Arief.

D & R adalah proyek yang digagas Donny Fattah Gagola dan Rudi Gagola sejak tahun 1976 (Foto Firman Ichsan)

D & R adalah proyek yang digagas Donny Fattah Gagola dan Rudi Gagola sejak tahun 1976 (Foto Firman Ichsan)

Saat itu Rudi juga terlibat sebagai music director dan session player artis-artis musik yang dikontrak Jackson Records seperti Iis Soegianto,Vina Panduwinata,Farid Hardja,Priyo Sigit dan banyak lagi.Rudi  Gagola juga tercatat sebagai bassist kelompok  bernuansa jazz rock Drakhma bersama Dodo Zakaria,Dani Mamesah,Gideon Tengker  dan Wawan Tagalos yang sempat menghasilkan 3 album yaitu “Hari Esok” (1980,Sky Record),”Citra Bahagia” (1982) dan “Tiada Kusadari” (1984).

Rudi Gagola pun sempat mengisi posisi bass dalam God Bless menggantikan Donny Fattah Gagola kakak kandungnya yang sempat cuti dari God Bless di awal era 80an.

Di tahun 1984 Rudi Gagola merilis debut album solonya yang dikemas dalam musik rock bertajuk “Indonesian Rock ’84” (Jackson Records & Tapes 1984).
Sayangnya setelah tahun 1985 nama Rudi Gagola menghilang begitu saja tanpa kabar yang pasti.Saat itulah mungkin khalayak mulai melupakan Rudi Gagola dalam arti sesungguhnya.

Komentar
  1. kukuh tawanggono mengatakan:

    Mas Deny salam kenal
    Saya penggemar berat Godbless. Apakah permainan bass dua bersaudara ini sejajar,soalnya saya belum pernah mendengar permainan bass si Rudi Gagola ini?

  2. ndoy mengatakan:

    Terakhir setahu saya Mas Rudi Tinggal di Ciputat dan masih suka main di cafe bilangan Blok M . Mungkin Kang Deny punya info lain . tk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s