Neonomora Melepas Bebat Sekat Genre Musik

Posted: April 1, 2014 in Sosok, Tinjau Album

Neonomora3

Neonomora membawakan lagu Fight (Foto BerisikRadio)

Neonomora membawakan lagu Fight (Foto BerisikRadio)

Bersama Neonomora saat peluncuran singlenya Fight di tahun 2013 (Foto BeriskRadio)

Bersama Neonomora saat peluncuran singlenya Fight di tahun 2013 (Foto BeriskRadio)

Sekitar tahun 2012 Ryann sahabat saya yang dikenal sebagai seorang promoter konser asing menghubungi saya.Ryann yang bertubuh gempal dan berambut kribo lalu mengirimkan saya sebuah lagu melalui surat elektronik.”Mas Den saya minta pendapat mas tentang penyanyi ini.Namanya Neonomora”.Kemudian saya menyimak sample lagu bertajuk You Want My Love.Suaranya berat,ekspresif,kadang melengking,menyergah,soulful.Saya mereka-reka siapakah jatidiri penyanyi wanita yang menggunakan nama Neonomora ini.Lagunya ditulis dalam bahasa Inggris.Pengucapan dan aksentuasinya lumayan.Tampaknya penyanyi ini sangat pasasionate dalam dunia music.Dia bukan penyanyi kemarin.Agaknya dia telah lama berkutat di dunia tarik suara.
Kemudian saya kembali berkomunikasi dengan Ryann.”Siapa penyanyi ini Ryann ?” sergah saya.”Saya lagi mencoba untuk menggarap rekamannya mas” timpal Ryann.”Ketemu dimana,penyanyi ini Ryann ? Tanya saya lagi.Ryann tak langsung menjawab,dia seperti ragu-ragu menjawab.Tapi dari mulutnya lalu keluar pernyataan dari Ryann.”Neonomora itu nama aslinya Ratih.Dia pacar saya.Saya berminat untuk memproduseri karya-karyanya” pungkas Ryann.
Suara Neonomora memang unik.Neonomora memilika letupan dinamika,tapi juga memiliki ekspresi yang soulful.Agaknya dia dengan lentur mampu berlenggang dari lagu berkarakter soul hingga rock tanpa kesan memaksa.
“Ryann, Neonomora ini sudah jadi,sudah matang.Langkah selanjutnya tinggal memilih,kemasan seperti apa yang ingin diarahkan ke Neonomra” komentar saya ke Ryann.
Tak lama berselang wanita yang memiliki nama lengkap Ratih Suryahutamy mulai menjadi bahan perbincangan tahun 2013.Sosoknya mulai terlihat tampil di pentas-pentas bergengsi seperti Java Soulnation hingga Java Rockingland termasuk manggung secara terbatas di pusat kebudayaan Amerika Serikat @atamerica di Pacific Place Jakarta.
Bahkan pada November 2013 Neonomora merilis album debutnya dalam format mini album yang kemudian dinyanyikannya secara ekspresif di konser 280 Festival yang berlangsung di Lapangan D Senayan, Jakarta .
Musik Neonomora terdengar eklektik.Ada electronic,ada folk,ada soul bahkan terasa aura rocknya.
Kiprah perdana Neonomora ini pun berbuah hasil.Majalah Rolling Stone Indonesia lalu memilih sosok Neonomora yang sejak Oktober 2013 dipersunting Ryann, sebagai Young Guns 2013.Neonomora terpilih karena dianggap sebagai sosok anak muda yang gigih meletupkan perubahan dan memantik kreativitas.
Penampilan musiknya menyeruakkan sesuatu yang berbeda.Neonomora seperti ingin melepas bebat sekat genre atau subgenre musik.Dia seperti ingin mentasbihkan diri mampu bermain musik apa saja dengan jatidiri yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s