Pianis Belia Joey Alexander Diundang Wynton Marsalis ke New York

Posted: April 21, 2014 in Liputan, profil

Pianis jazz muda Indonesia Joey Alexander  (10 tahun) akhir April ini direncanakan menuju Amerika Serikat untuk melakukan serangkaian konser jazz. Ini tentunya sebuah warta yang membanggakan bagi dunia jazz negeri ini terutama juga kebanggaan untuk Indonesia.

Joey Alexander (Foto Tempo)

Joey Alexander (Foto Tempo)

Kehadiran Joey Alexander di Amerika Serikat atas undangan dari trumpetis jazz sohor Wynton Marsalis dalam sebuah konser dan gala dinner bertajuk “Love,Loss and Laughter: The Story of Jazz” yang mengambil tempat di Frederick P Rose Hall “The House Of Swing” yang berlokasi di Broadway 60 th Street,New York .Acara ini merupakan event tahunan dari Jazz At Lincoln Center yang digagas oleh Wynton Marsalis.Acara ini berbentuk musical revue yang menampilkan highlight karya-karya musik jazz dalam sejarah musik jazz yang berkembang dari New Orleans dan menjalar ke New York hingga pada akhirnya menyeruak dalam budaya global ke seantero jagad. Acara yang dipandu oleh aktor Billy Crystal ini menampilkan banyak tokoh-mulai dari tokoh jazz,blues hingga actor seperti Jon Faddis,Bill Cosby,Jonathan Batiste,Marcus Roberts,Dianne Reeves,Mark O’Connor,Taj Mahal,Dominick Farinacci,Pedrito Martinez,Brian Stokes Mitchel,Cecile McLorin Salvant serta Fairview Baptist Church Brass Band.Dan tentunya Wynton Marsalis with Jazz At Lincoln Center Orchestra.

JOEY
Joey Alexandera sendiri adalah satu-satunya pemusik yang datang dari luar Amerika Serikat.Direncanakan Joey akan memainkan dua komposisi jazz ,sebuah solo piano serta sebuah penampilan yang membanggakan karena Joey akan bermain piano diiringi Jazz At Lincoln Orchestra yang dipimpin Wynton Marsalis.
Lalu bagaimana Joey Alexander bisa diundang bermain di acara jazz bergengsi itu ?
Ikhwalnya bermula ketika Wynton Marsalis melihat permaianan piano solo Joey yang membawakan komposisi karya Thelonius Monk “Round Midnight” lewat video bertajuk “Son Of The Future” yang diunggah dikanal youtube dan kemudian ditampilkan lewat The Good News With The Ellen DeGeneres Show. Kemudian Jason Olaine Director of Programming and Touring dari Jazz At Lincoln Center menghubungi pihak Joey Alexander melalui facebook dan meminta kesediaan Joey Alexander tampil di New York Amerika Serikat.
Wynton Marsalis,pemusik jazz peraih 9 Grammy Award ini tertarik dan kagum melihat ekspresi dan karakter permainan piano jazz Joey Alexander.Lalu Wynton Marsalis bersama Jazz At Lincoln Center tertarik untuk mengajak Joey Alexander tampil sebagai “surprising guest” di acara gala dinner “Love ,Loss and Laughter :The Story Of Jazz” pada 1 Mei 2014 nanti.

Saya sedang berbincang dengan pianis Joey Alexander di Goethehaus Agustus  2013 (Foto Jazzuality)

Saya sedang berbincang dengan pianis Joey Alexander di Goethehaus Agustus 2013 (Foto Jazzuality)

Joey Alexander pun dijadwalkan akan tampil bermain solo piano jazz pada tanggal 7 Mei di Paul Roberson Center For The Arts , 102 Witherspoon Street Princeton,New Jersey, Amerika Serikat.Konser yang ini atas prakarsa dari Leonardo Pavkovich, pemilik label Moonjune Record di New York, yang juga merilis album-album jazz dari simakDialog,Dewa Budjana hingga Tohpati secara internasional.
Joey Alexander memang pianis jazz berbakat.Joey belajar jazz secara otodidak. Bakat musik terutama jazz yang dimiliki Joey memang telah ditelisik oleh kedua orang tuanya Denny Sila dan Farah Sila .Menurut ayahnya Denny, Joey , telah memperlihatkan talenta dan minatnya yang tinggi terhadap permainan piano sejak berusia 6 tahun. Di bawah asuhan ayahnya, Joey Alexander pun mengikuti berbagai festival jazz antara lain Java Jazz International Festival, Jakarta I, World Youth Jazz Festival di Kuala Lumpur. Hingga suatu hari tepatnya tanggal 23 Desember 2011 Joey juga diundang oleh UNESCO untuk bermain di depan tokoh jazz dunia yang juga berperan sebagai Unesco Goodwill Ambassador , Herbie Hancock, di @atamerica
Herbie Hancock terperangah saat Joey memainkan komposisi karyanya Watermelon Man dengan fasih diatas tuts grand piano.

Joey Alexander (Foto Jazzuality)

Joey Alexander (Foto Jazzuality)

Joey Alexander  tercatat berhasil meraih prestasi dalam event dunia dengan meraih Grand Prix 1st International Festival – Contest of Jazz Improvisation Skill yang diselenggarakan pada 5-8 Juni 2013 di Odessa, Ukraina.
Dalam situs resmi International Festival–Contest of Jazz Improvisation Skill disebutkan, para juri akhirnya menyimpulkan penghargaan tidak hanya diberikan untuk musisi jazz profesional dan berbakat, tetapi juga untuk mereka yang menjadi fenomena di dunia jazz. Joey Aleaxander adalah pemusik jenius muda yang dimaksud. Joey merupakan peserta termuda dan mampu mengalahkan 43 peserta final dari 15 negara yang rata-rata musisi jazz mumpuni.
Semoga penampilan pianis belia Joey Alexander Sila membuka mata dunia terhadap konstelasi musik jazz di Indonesia.
Denny Sakrie

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s