Dibalik Lagu Barcelona Fariz RM

Posted: Mei 21, 2014 in Kisah, Tinjau Lagu

Di tahun 1987 Fariz RM melanglang buana ke Eropa.”Saat itu saya tengah mengikuti semacam summer course di bidang broadcast televisi.Saya mengambil pemahamam directing” kisah Fariz RM yang kemudian menginjakkan kaki di Barcelona,ibukota wilayah otonom Catalonia Spanyol.Di kota yang eksotik inilah Fariz menumpahkan inspirasi dalam bentuk lagu bertajuk “Barcelona” yang merajut tema romansa.

Quiere darme su direccion senorita
kuingin kau ajak serta malam ini
Como se pronuncia, oh juwita
ingin kunyatakan cinta sepenuh rasa

“Barcelona” bisa dianggap puncak kedua yang diraih Fariz dalam industri musik pop pada dasawarsa 80-an setelah puncak yang pertama lewat lagu “Sakura” di tahun 1980.Kedua lagu karya Fariz RM itu,entah disengaja atau tidak bertutur tentang kisah asmara lintas bangsa, Sakura dengan wanita Jepang dan Barcelona dengan wanita Spanyol.

Album Fariz RM Living In The Western World dengan hits Barcelona

Album Fariz RM Living In The Western World dengan hits Barcelona

Untuk lebih mengukuhkan atmosfer Spanyol,Fariz RM pun menyusupkan anasir musik flamenco.

”Saya meminta Eet Sjahranie mengisi permainan gitar flamenco pada bagian interludenya.Dan Eet berhasil menampilkan permainan yang maksimal ” jelas Fariz RM.Padahal,gitar akustik yang dimainkan Eet Sjahrani di lagu itu justeru bukan gitar akustik berpresisi tinggi.Melainkan sebuah gitar tua yang kebetulan terpajang di studio rekaman.

“Ketika mau take di studio,Eet datang membawa Stratocaster.lalu saya bilang ke dia saya butuh suara gitar akustik bukan elektrik” tutur Fariz RM.

Menurut,Fariz RM,Eet sempat ngomel karena bagian solo gitarnya bermain di kunci G yang ternyata menyulitkan Eet melakukan fingering ala Flamenco.”Tapi saya yakin dia mampu.Dan tanpa menggunakan capo Eet berhasil memainkan flamenco dengan brilian” puji Fariz RM.

Denny Sakrie

(Dikutip dari “150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa” Rolling Stone Desember 2009

Iklan
Komentar
  1. patricia berkata:

    Satu lagi album yang patut di-cd-kan, ayoo siapa yang mau mewujudkan ide ini?Demi album-nya Fariz RM, saya rela mengeluarkan dana lebih deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s