Ingatkah Baskoro ?

Posted: Mei 21, 2014 in Kisah, Tinjau Album

Tedjo Baskoro awalnya berkiprah sebagai penyanyi latar yang mengiringi penampilan rekaman dari beberapa artis Remaco seperti Arie Koesmiran ,Bob Tutupoly hingga Ade Manuhutu.

Kaset duet Baskoro dan Rita Mustamsikin

Kaset duet Baskoro dan Rita Mustamsikin

Nama vokal grupnya adalah La Gracia.
Di tahun 1977,namanya justeru mencuat sebagai komposer yang terjaring dalam kompetisi Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors Rasisonia.Lagunya “Dalam Kelembutan Pagi” masuk sebagai salah satu dalam Dasa Tembang Tercantik.
Di tahun 1978 lagi lagi lagu karya Baskoro berhasil masuk 10 besar dalam Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors 1978 .Di tahun yang sama pula lagu karya Baskoro “Bahana Perdamaian” berhasil jadi finalis Festival lagu Populer Indonesia 1978.
Sejak itu karya-karya Baskoro mulai dinyanyikan banyak artis seperti The Kid’s Brother,Dhenok Wahyudi,Eddy Silitonga dan banyak lagi.
Lalu Baskoro pun menyanyikan sendiri lagu lagu karyanya .Dia berduet dengan salah satu penyanyi dari Elfa’s Singers yaitu Rita Mustamsikin.
Kekuatan utama lagu Baskoro terletak pada pilihan notasi yang tidak pasaran serta jalinan lirik yang menawan.Baskoro patut diakui terampil memilih kata-kata yang pas untuk liriknya.Dia tak terjebak dalam penggunaan kata kata sulit seperti mengadopsi dari bahasa Sansekerta.Temanya pun beragam mulai dari tema romansa ,relogiutas hingga tema sosial.
Namun album duetnya dengan Rita Mustamsikin kurang digarap dengan sempurna.Musiknya terdengar seperti tak digarap secara serius.
Sayang.Tapi ini sebuah dokumentasi yang perlu dirawat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s