Melati Dari Jayagiri – Trio Bimbo 1971

Posted: Mei 24, 2014 in Tinjau Lagu

Melati Dari Jayagiri bisa disebut sebagai lagu signatural dari Bimbo yang telah meleghenda.Lagu “Melati dari Jayagiri” karya Iwan Abdurrachman berada pada urutan ke 2 muka A piringan hitam “Trio Bimbo 1971” yang dirilis oleh Fontana Singapore pada tahun 1971.Sebuah lagu bernuansa sejuk dan menyeret imajinasi pendengar ke alam lingkungan yang ramah dan bersahabat.

Melati dari Jayagiri

Kuterawang keindahan kenangan

Hari hari lalu dimataku

Tatapan yang lembut penuh kasih

Lagu ini tampaknya menjadi landmark lagu-lagu bercorak folk ballad yang dikumandangkan Sam,Acil dan Jaka.Atmosfer melodi Sunda yang lirih jelas tertangkap dalam notasi lagu ini.Tak heran jika menyimak lagu ini secara utuh akan menyembul lanskap lereng Gunung Tangkuban Perahu serta rimbunnya hutan pinus yang menyelimuti kawasan Jayagiri. Namun ada yang sedikit mengganjal jika menelaah lirik lagu ini.Kenapa ? karena disekitar Jayagiri justeru tak tumbuh bunga melati.

Piringan Hitam Trio Bimbo 1971 yang dirilis Fontana Record Singapore berisikan lagu Melati Dari Jayagiri.

Piringan Hitam Trio Bimbo 1971 yang dirilis Fontana Record Singapore berisikan lagu Melati Dari Jayagiri.

”Melati di lagu ini hanya simbol saja.Melambangkan kebanggaan,keagungan dan keharuman” urai Iwan Abdurrachman,yang sehari-harinya memang dekat dengan suasana alam.

Bagi Iwan Abdurrachman lagu “Melati dari Jayagiri” bukanlah sebuah lagu cinta seperti yang banyak ditafsirkan secara harafiah. Iwan Abdurrachman yang kerap dipanggil Abah Iwan ini menyebut lagu itu justeru memendam filosofi spiritual, melukiskan tentang kehidupan alam dan cercahan harapan menanti esok hari di tengah gelapnya malam. Sebuah makna yang dalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s