Tentang Lilin Lilin Kecil

Posted: Mei 24, 2014 in Kisah, Tinjau Lagu

Jika gitar akustik berada dalam pelukan James F Sundah maka kunci D adalah kunci kesukaannya,terutama jika tengah menala nada dalam mencipta seuntai lagu.Melalui keampuhan kunci D ini jugalah James F Sundah bersenandung menulis lagu ciptaannya yang kelak dikenal khalayak luas sebagai Lilin Lilin Kecil. Saat itu James ditemani adik kandungnya Linda yang membantu James dalam mewujudkan lirik Lilin Lilin Kecil.”Linda memang ahlinya urusan puisi puisian.Dia banyak andil memberi gagasan tema” jelas alumnus Arsitektur Universitas Tarumanegara ini.

“Ketika menulis lagu ini saya berhasil menemukan harmoni yang unik yaitu ketika terjadi perpindahan dari kunci D ke kunci F” papar James mengenang.

Bersama James F Sundah (Foto Denny Sakrie)

Bersama James F Sundah (Foto Denny Sakrie)

Lagu “Lilin Lilin Kecil” yang dipopulerkan Chrisye ini memang dipersiapkan James untuk mengikuti ajang Lomba Cipta Lagu Remaja 1977 yang digagas Radio Prambors Rasisonia Jakarta.Dan ternyata “Lilin Lilin Kecil” berhasil masuk 10 besar atas penilaian Dewan Juri yang diketuai Keenan Nasution dan meraih Juara Harapan II.Tapi diluar dugaan ketika ke 10 lagu hasil LCLR 1977 itu dikasetkan oleh pihak Prambors,ternyata lagu “Lilin Lilin Kecil” lah yang memperoleh respon bagus dari khalayak pendengar.Sekali lagi oleh Prambors,lagu “Lilin Lilin Kecil” didapuk sebagai Tembang Tersayang LCLR 1977.Secara simbiose mutualisme,”Lilin Lilin Kecil” juga merupakan kereta bagi Chrisye menapak jenjang ketenaran saat itu.Chrisye adalah Lilin Lilin Kecil,begitu pula sebaliknya.

Album Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors 1977 dirilis ulang dalam medium CD

Album Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors 1977 dirilis ulang dalam medium CD

Saking ngetopnya lagu yang digurat James F Sundah ini,ditahun 1977-1978 lagu “Lilin Lilin Kecil” telah dibawakan pula oleh Geronimo II, dan Arie Koesmiran, serta secara instrumental oleh Alex Faraknimella hingga Yockie Surjoprajogo.”Hingga tahun 2009 ini lagu Lilin Lilin Kecil telah dibawakan sekitar 50 versi termasuk diantaranya dibawakan oleh Blue Diamonds,grup asal Belanda maupun Victor Wood dari Filipina” ungkap James F Sundah disela-sela kesibukannya menemani anak tercinta belajar main piano.

Lalu apa makna dibalik lirik “Lilin Lilin Kecil” ? “Liriknya sebetulnya bertutur tentang keprihatinan saya melihat temen temen saya yang jatuh dalam ujian .Tapi disisi lain muncul kontradiksi betapa generasi yang lebih tuat malahan memperoleh karir yang menanjak “.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s