Trumpetis Jazz Karim Tess Berpulang

Posted: Juli 14, 2014 in Obituari

Saya mendengar berita berpulangnya trumpetis jazz legendaris Indonesia Karim Tess dari drummer jazz Benny Mustafa van Diest melalui satus Facebooknya yang mewartakan bahwa pemusik yang bermukim di Cibadak,Sukabumi telah pergi untuk selamanya pada hari minggu 13 Juli 2014.

Sekelebat langsung ingatan saya mengawang ke sekitar Desember 2004, ini merupakan terakhir kalinya saya bertemu dengan sosok trumpetis yang humoris dan penuh canda.Saat itu adalah sesi shooting acara kuis musik Berpacu Dalam Melodi karya Ibu Ani Sumadi yang hak siarnya dipegang Metro TV.Karim Tess, termasuk salah satu pemusik yang ikut mendukung acara kuis musik yang dipandu MC dan penyanyi bersuara emas Koes Hendratmo,bersama Ireng Maulana All Stars adalah kelompok musik yang mengawal Berpacu Dalam Melodi sejak era 80an.

Karim Tess dan Tetty Tess jadi cover majalah hiburan era 70an

Karim Tess dan Tetty Tess jadi cover majalah hiburan era 70an

Mungkin,generasi sekarang banyak yang tak mengenal kiprah musik Karim Tess yang telah bermusik sejak dasawarsa 60an.Karim berasal dari keluarga pemusik,beberapa saudara kandungnya juga ikut terlibat sebagai pemusik mulai dari Tetty Tess hingga Arie Tess. Karakter permainan Karim Tess memang mencuat,terutama saat almarhum diajak bergabung dalam band instansi bernama The Tankers. Band yang kerap tampil sebagai band pengiring dalam berbagai acara hiburan musik di TVRI ini pada akhirnya memilih sosok Karim Tess sebagai leader of the band disamping tetap meniup trumpet.

The Tankers yang juga didukung sederet pemusik mumpuni seperti Aldin dan Willy Sumantri ini akhirnya tampil sebagai band papan atas di Jakarta, bahkan di tahun 1973 The Tankers sempat sepanggung dengan band rock God Bless dalam sebuah pertunjukan di Istora Senayan Jakarta.

Di era 70an Karim Tess juga ikut mendukung berbagai kelompok jazz antara lain ikut mendukung Jack Lesmana Combo,Bubi Chen serta Didi Tjia.

Pada tahun 1978,Karim Tess bergabung dengan Ireng Maulana All Stars yang tampil dalam beberapa rekaman jazz maupun penampilan-penampilan di atas panggung maupun TVRI.Formasi Ireng Maulana All Stars saat itu adalah Ireng Maulana (gitar,banjo),Benny Mustafa van diest (drums),Benny Likumahuwa (trombone,saxophone,flute),Maryono (saxophone),Hendra Widjaja (piano) serta Ronni Isani (bass)

Selamat jalan om Karim Tess.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s