Blue Diamond, duo Belanda Depok yang sukses tembus Amerika Serikat

Posted: Juli 21, 2014 in Kisah, Sejarah

18 Juli 2014 lalu TV One mewawancara saya untuk acara Tempo Hari, sebuah acara yang merekam jejak sejarah.Acara ini kabarnya ditayangkan setiap hari rabu pagi jam 9.Mereka ingin mengangkat kiprah orang-orang Belanda Depok dalam kiprah Internasional.Dan salah satu yang sukses berkarir secara internasional pada era 60an adalah sebuah duo yang mengikuti gaya The Everly Brothers yaitu The Blue Diamonds.The Blue Diamonds mencatat reputasi internasional pada saat singles Ramona yang merupakan cover atas lagu yang pernah dibawakan Dolores Del Rio dalam film “Ramona”  di tahun 1927 berhasil menembus peringkat atau chart ke 72 dalam Billboard Hot 100 Singles Chart.

Duo The Blue Diamonds

Duo The Blue Diamonds

Saya sedang diwawancarai TV One tentang The Blue Diamonds untuk acara Tempo Hari (Foto Ekky  Imanjaya)

Saya sedang diwawancarai TV One tentang The Blue Diamonds untuk acara Tempo Hari (Foto Ekky Imanjaya)

The Blue Diamond memang lebih banyak ,dalam karir musiknya, menyanyikan atau menginterpretasikan lagu-lagu orang yang sebelumnya telah menjadi populer diantaranya adalah lagu milik The Everly Brothers bertajuk Till I Kissed You yang dinyanyikan ulang The Blue Diamonds pada tahun 1959.

Dua bersaudara Ruud dan Riem dilahirkan di Jakarta pada era 40an .Ruud DeWolf dilahirkan pada (12 May 1941  dan telah meninggal dunia pada tanggal 18 December 2000.Adiknya yang bernama Riem DeWolf  pada tanggal 15 April 1943.

Lalu pada tahun 1949 keluarga mereka hijrah ke negeri Belanda.Di Belanda lah karir musik duo ini melesat secara pesat. Saat remaja The Blue Diamonds mengikuti audisi penyanyi yang dilakukan oleh label rekaman terbesar di Belanda yaitu Phillips. Tahun aktif dan keemasan The Blue Diamonds berlangsung antara tahun 1959 -1971.

Harmoni vokal Ruud dan Riem memang sangat khas.Walaupun awalnya mereka adalah follower The Everly Brothers, namun seiring berjalannya waktu, The Blue Diamonds justru memiliki karakter yang sangat kuat.Meskipun lebih cenderung menyanyikan lagu-lagu cover version,namun The Blue Diamonds seolah memberi sukma yang berbeda dengan versi aslinya. Bahkan konon,The Everly Brothers saat ke Belanda sempat menemui The Blue Diamonds dan meminta agar Ruud dan Riem tidak lagi mengcover lagu-lagu The Everly Brothers.Kenapa ? Karena The Everly Brothers menyebutkan bahwa versi The Blue Diamonds justeru lebih  disukai orang. Entah benar atau tidak, tapi kenyataan itu memang tersimak jelas saat The Blue Diamonds mengcover lagu-lagu populer milik orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s